Cara Backup Foto, Video dan Stories Instagram

Oleh Evan Yazid Praditya updated Kamis, 2 Agu 2018 | 05:08

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat digandrungi berbagai kalangan. Dari pelajar, pedagang bahkan orang tua zaman sekarang hobi memposting foto dan video ke Instagram. Selain fitur-fitur Instagram yang sangat menarik, ternyata Instagram juga menyediakan fitur untuk mem-backup semua foto, video bahkan stories kamu. Hal ini tentunya sangat berguna jika foto-foto dari hp yang telah kamu upload ke Instagram sudah terhapus.

Tidak hanya melalui Instagram, membackup foto, video dan stories Instagram kamu juga bisa menggunakan website dan aplikasi pihak ke-3.

Lalu bagaimana cara backup foto dan video Instagram paling gampang? Simak caranya di bawah ini:

Cara Backup Foto, Video dan Stories melalui Instagram

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah buka browser kamu melalui PC atau laptop dan kunjungi website instagram.com lalu login lah dengan menggunakan akun dan password kamu.

Berikutnya, klik profile yang terletak di kanan atas lalu pilih edit profile kemudian pilih Privacy and Security. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Data Download lalu klik Request Download lalu isi email dan password. Setelah itu klik Request Download.

Kamu akan mendapatkan email yang berisikan data backup dari Instagram kamu maksminal 48 jam. Cek email kamu secara berkala. Jika sudah mendapatkan email dari Instagram, kamu bisa segera mendownload foto, video dan stories kamu.

Cara Backup Foto, Video dan Stories Instagram Melalui Instaport

Selain cara di atas, ada satu lagi cara untuk mendownload semua foto, video dan stories yang ada di Instagram kamu. Cara ini menggunakan website pihak ke-3 bernama Instaport. Website ini dapat kamu akses di https://vibbi.com/instaport/.

Di website ini kamu cukup hanya memasukkan username Instagram kamu dan kamu bisa mendownload media-media yang ada di Instagram kamu.

Cara Backup Foto, Video dan Stories Instagram Melalui 4K Stogram

Cara yang terakhir kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 bernama 4K Stogram. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendownload sekaligus membackup data-data Instagram kamu.

Pertama-tama, kamu harus mendownload aplikasinya melalui link ini https://dl.4kdownload.com/app/4kstogram_2.6.15_x64.msi lalu install aplikasinya.

Jika sudah selesai install, buka aplikasi 4K Stogram, masukkan username Instagram kamu lalu klik subscribe. Nanti aplikasi 4K Stogram akan menampilkan semua foto yang ada di akun kamu.

Secara otomatis, 4K Stogram akan mendownload dan menyimpan foto dan video kamu ke folder tertentu. Untuk langsung menuju folder tempat penyimpanan foto dan video kamu, kamu bisa mengklik gambar folder kecil yang ada pada thumbnail di salah satu foto yang sedang ditampilkan 4K Stogram.

Nah, sangat mudah bukan mendownload dan membackup foto, video dan stories Instagram kamu? Selamat mencoba ya!

Artikel Lainnya

Komentar