Cara Download Video Youtube di iPhone dan Android, Gratis!

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 21 Mei 2019 | 11:53

Sama seperti di laptop atau hp Android, cara download video Youtube di iPhone juga dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa melakukannya hanya dengan beberapa langkah saja. Hanya saja, untuk proses download ini membutuhkan koneksi internet yang stabil. 

Seperti yang diketahui, banyaknya konten video yang bisa dinikmati dengan ragam variasi membuat YouTube berada di urutan paling atas dengan jutaan klik per harinya. Sayangnya, untuk menikmati konten video konsumen harus memiliki koneksi internet yang stabil.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki koneksi internet, tidak ada koneksi seluler tanpa koneksi wifi? Bagi pengguna smartphone, baik Android maupun iPhone, YouTube memang menyediakan fitur download video yang bisa dilihat secara offline. Namun untuk menikmatinya kamu harus tetap terkoneksi ke internet.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah mengunduh video di YouTube melalui iPhone dan hp Android. Tapi harus diingat, saat proses mendownload video tentunya kamu harus terlebih dahulu terkoneksi ke internet (koneksi data atau wifi). Setelah itu video yang sudah terunduh bisa ditonton kapan saja dan dimana saja meski hp dalam kondisi offline.  

Download Video YouTube di iPhone

Untuk mendownload video Youtube di iPhone, pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena tidak ada fitur menyimpan video YouTube untuk iPhone atau iPad yang bisa dinikmati secara offline.

Tapi tidak khawatir, karena kamu bisa menggunakan aplikasi gratis di Apps Store untuk mendownload video di YouTube. Berikut caranya :

  • Download aplikasi Documents 5 di App Store
  • Buka aplikasi YouTube di iPhone, lalu cari video yang ingin di unduh dan klik ‘share’ lalu ‘copy link’
  • Buka aplikasi Document 5, lalu pilih icon kompas di kanan bawah
  • Setelah muncul web browser, ketik ‘savefromnet’ lalu pilih id.savefrom.net (paling atas)
  • Masukkan link URL dari YouTube yang sudah di copy pada langkah kedua
  • Pilih resolusi video yang diiinginkan, lalu tekan ‘unduh’
  • Biarkan proses download selesai

Hasil unduhan video tadi secara default akan tersimpan di dalam aplikasi Document 5 dan tidak akan terlihat di folder Photo. Tapi kamu bisa memindahkannya dengan cara :

  • Buka aplikasi Document 5, masuk ke download > Edit > Move (pilih folder yang diinginkan)
  • Berikan akses aplikasi ke Photo, masuk Settings > Documents > Photos and allow Read & Write access. 

Download Video YouTube di Android

Cara Mudah Download Video YouTube di Android dan iPhone

Untuk mendownload video YouTube di Android juga bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga. Cukup banyak aplikasi untuk download YouTube yang tersedia, salah satunya adalah Videoder. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengunduh video dari berbagai layanan, termasuk YouTube. Oiya, aplikasi ini tidak tersedia Play Store jadi kamu harus mengunduh langsung dari situsnya disini.

Karena bukan dari Play Store, jadi kamu harus mengubah pengaturan dengan mencetang ‘unknown source’ agar aplikasi dari sumber non Play Store bisa terinstal. Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa melakukan cara-cara berikut :

  • Buka aplikasi Videoder, lalu pilih YouTube
  • Cari video yang ingin di download dari YouTube
  • Scroll ke bawah dan pilih resolusi video
  • Lalu pilih ‘start download’, tunggu hingga proses download selesai
  • Buka gallery atau photo untuk melihat video yang sudah diunduh

Yang menarik, aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengunduh dalam format MP3.

Dengan menggunakan cara download video YouTube di atas, pengguna Android dan iPhone dimungkinkan untuk menikmati video Yotube tanpa koneksi internet. Jadi kamu bisa menikmatinya kapan saja dan dimana sama.

Artikel Terkait

Komentar