Cara Mengetahui Fitur NFC Pada Hp dan Penggunannya

Oleh Arini Putrie updated Selasa, 2 Apr 2019 | 13:57

Kebanyakan smartphone keluaran terbaru sudah disertai fitur NFC atau Near-Field Communication. Berkat adanya fitur ini, proses transfer data antar smartphone bisa dilakukan lebih sederhana, bahkan NFC juga turut digunakan di berbagai tempat seperti toko, bioskop dan loket kereta api.

Nah, apakah hp kamu sudah mendukung fitur NFC? Untuk kamu yang belum tahu, berikut ini terdapat cara menemukan fitur NFC pada smartphone dan cara menggunakan fitur tersebut di keseharian.

Namun apa kamu sudah mengetahui apa itu fitur nfc? Untuk itu yuk sama sama kita cari tahu apa itu fitur NFC pada smartphone dan juga fungsi dari fitur tersebut.

Penjelasan Singkat Mengenai Fitur NFC Pada Hp

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu fitur NFC kita akan membahas fitur NFC. NFC atau Near-Field Communication merupakan teknologi komunikasi yang bisa digunakan antar perangkat pintar yang bekerja memanfaatkan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk saling bertukar data pada jarak yang dekat yakni sekitar 4 inci. Dalam penerapannya, NFC bisa melakukan transfer data antar perangkat seperti smartphone melalui sentuhan dekat dan prosesnya hanya memakan waktu kurang dari sepersepuluh detik. 

Jadi fitur ini memungkinkan kamu bertukar data dari jarak dekat. Mungkin fitur ini akan mengingatkan kamu dengan sensor infrared. Namun fungsi dari fitur NFC ini akan sangat membantu kamu dalam kegiatan sehari-hari dari melakukan pembayaran hingga sebagai pengganti karcis transportasi dan banyak fungsi lainnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui fungsi lain dari fitur NFC baca di sini

Cara Mengetahui Fitur NFC Pada Hp

Pada umumnya, hp kelas menengah dan hp flagship telah disertai fitur NFC. Untuk mengetahui keberadaan fitur ini di hp, kamu bisa mengecek bagian body belakang hp yang biasanya diberikan informasi berupa tulisan NFC.

Jika hp kamu memiliki bodi belakang yang bisa dilepas, kamu pun bisa melihat tag NFC yang biasanya ditempelkan pada bagian tersebut. Khusus untuk hp Sony Xperia series, kamu bisa lebih mudah mengetahui keberadaan fitur ini.

Jika di hp Sony Xperia yang kamu gunakan terdapat huruf “N” di bagian bodi belakangnya, maka hp tersebut dinyatakan sudah memiliki dukungan fitur NFC.  Sementara itu, kamu juga bisa mengecek spesifikasi lengkap terkait merek dan model hp yang kamu gunakan.

Jika terpampang informasi keberadaan NFC di smartphone, maka secara otomatis fitur tersebut sudah bisa kamu gunakan.

Cara Menggunakan Fitur NFC Pada Hp

Setelah mengetahui apakah hp kamu memiliki fitur NFC atau tidak, sekarang kamu tinggal menggunakan fitur ini:

1. Mengaktifkan NFC Melalui Menu Setting Hp

Nah, jika hp kamu sudah dinyatakan memiliki NFC, maka kamu tinggal mengaktifkan fitur tersebut supaya bisa langsung digunakan. Cara pertama, kamu bisa mengaktifkan fitur NFC di pengaturan, dengan cara:

a. Masuk ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’,

b. Selanjutnya, silahkan klik ‘More Settings’ atau ‘Pengaturan Lainnya’,

c. Silahkan masuk ke menu ‘Share & Connect’ atau ‘Berbagi & Hubungkan’,

d. Pada menu tersebut, kamu akan menemukan pilihan NFC dan silahkan geser posisi ke “On”.

Kini, kamu bisa menggunakan NFC untuk berbagai keperluan, seperti saat membayar belanjaan, membeli tiket di bioskop atau melakukan transfer data antar hp. Jika kamu tak bisa menemukan fitur NFC di menu ‘Pengaturan Lainnya’, kamu bisa mencoba mencari fitur tersebut di menu ‘Pengaturan Jaringan’.

2. Mengaktifkan NFC Melalui Shortcut

Image via AndroidPit

Cara kedua sekaligus cara termudah, kamu bisa mengaktifkan fitur NFC melalui shortcut yang terdapat pada bagian atas menu smartphone. Silahkan swipe layar ke bawah untuk menemukan menu NFC yang biasanya sejajar dengan pilihan Wi-Fi, Bluetooth atau Mobile Data. Cukup tap menu tersebut, maka NFC bisa langsung kamu gunakan. Sangat mudah kan? Kamu bisa langsung bertukar data melalui fitur NFC dari smartphone kamu. 

Dari cara diatas kamu bisa mengetahui fitur NFC pada hp, termasuk cara mengaktifkan dan menggunakan fitur tersebut. Jadi kamu bisa berkegiatan dengan mudah dibantu dengan adanya fitur NFC pada smartphone kamu. Selamat mencoba!

 

 

Artikel Lainnya

Komentar