Tips Bebas Virus di Laptop dan Komputer

Oleh Imam Ali updated Jumat, 22 Nov 2019 | 09:30

Virus komputer dan laptop masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pengguna komputer desktop maupun laptop. Karena, bila perangkat komputer kita terkena virus dapat menimbulkan berbagai efek negatif termasuk hilangnya data-data pada komputer, kinerja komputer yang menjadi lamban dan berat, banyak file yang tiba-tiba tersembunyi atau tidak bisa dibuka dan masih banyak lagi.

Bahkan jika dibiarkan, virus komputer bisa menyebabkan kerusakan software dan hardware pada komputer. Maka komputer bebas virus menjadi idaman setiap pengguna komputer dan laptop. Virus komputer sendiri terus berkembang dan memiliki banyak jenis. Beberapa jenis virus, seperti Worm mampu menggandakan dirinya pada media penyimpanan seperti harddisk dan kartu memori.

Tak heran, beberapa komputer yang terkena virus jenis ini, harddisknya terasa penuh. Ada juga jenis virus Trojan. Virus jenis ini bekerja dengan cara mengambil data-data penting dari komputer yang terinfeksi dan mengirimkannya ke pembuat Trojan. Tak heran, virus yang satu ini cukup ditakuti pemilik komputer.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperhatikan keamanan komputer dan laptop yang kamu pakai, khususnya bila kamu sering terhubung internet atau sering menggunakan perangkat flashdisk yang berbeda-beda. Berikut ini Pricebook sajikan tips mudah agar komputer bebas virus.

Pakai Anti Virus

Tips Bebas Virus di Laptop dan Komputer

Aplikasi atau program ini memang menjadi program yang paling penting untuk melindungi perangkat komputer dari serangan virus komputer. Antivirus akan memindai file-file yang sudah terinfeksi virus sehingga dapat mendeteksi keberadaan virus sekaligus menghapusnya agar tidak menyebar lebih luas.

Untungnya, saat ini banyak sekali pilihan antivirus yang ada. Kamu bisa mencoba anti virus bawaan Windows atau antivirus pihak ketiga. Yang terpenting, setelah menginstal antivirus ialah selalu update antivirus ke versi terbaru agar program ini bisa mendeteksi virus-virus terbaru. Dengan demikian, kinerja komputer tetap optimal.

Kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Protect Realtime sehingga komputer atau laptop bisa bebas virus sepanjang waktu. Nantinya, anti virus akan menghapus secara otomatis bila ada virus yang terdeteksi.

Atur Jadwal Scan Virus

Bila komputer atau laptop kamu sering digunakan setiap hari, baik untuk bekerja, mengerjakan tugas sekolah atau browsing, kamu sebaiknya sering melakukan cek rutin atau scanning secara menyeluruh. Kamu bisa melakukan scan ke seluruh sistem di komputer milikmu dengan membuat schedule.

Kamu juga bisa menscan lebih dahulu pada media penyimpanan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah menyebarnya virus yang dibawa dari perangkat lain seperti flashdisk atau kartu memori. Yang terpenting, jangan sembarangan membuka file, apalagi file-file yang mencurigakan seperti file shortcut.

Aktifkan Firewall

Kamu juga bisa mengaktifkan firewall untuk mengontrol akses keamanan antara jaringan internet yang aman dengan jaringan yang tidak terpercaya. Firewall juga berguna untuk melakukan otentifikasi akses, melindungi sumber daya jaringan dan mencatat semua kejadian pada Administator.

Untuk pengguna komputer Windows, dapat menyalakan fitur ini dengan mudah. Bila dirasa Firewall bawaan kurang mumpuni, kamu bisa memakai Firewall pihak ketiga.

Jangan Buka Email Sembarang atau Spam

Email menjadi salah satu media penyebar virus komputer yang cukup sering ditemui. Maka, jangan membuka email atau spam dari sumber yang tidak jelas. Untungnya beberapa program email akan langsung memindahkan file-file yang dicurigai tersebut (yang mengandung virus, malware atau sejenisnya) akan langsung dipindahkan ke dalam folder spam atau folder sampah. Bila kamu sering menerima email dengan file lampiran atau attachment, sebaiknya lakukan scan terlebih dahulu file lampiran agar komputer bebas virus.

Jangan Asal Install Aplikasi

Bila kamu tipe pengguna komputer yang sering bongkar pasang aplikasi atau program di komputer, sebaiknya kamu rubah kebiasaan kamu tersebut. Sebaiknya, kamu jangan asal memasang program. Ingat jangan coba-coba atau sembarangan install aplikasi bila aplikasi tidak jelas informasinya. Pasalnya, beberapa aplikasi komputer diduga mengandung virus berbahaya.

Selalu Browsing dengan Aman

Tak bisa dipungkiri, penyebaran virus paling besar dihadirkan internet. Bahkan 80% virus disebarkan melalu internet. Jadi selalu jaga kebiasan browsing aman sehingga komputer bebas virus. Selalu unduh file di situs-situs yang resmi.

Selalu Update Windows

Melakukan update Windows menjadi salah satu tips agar laptop aman dari virus dan malware. Windows yang update akan menjaga komputer atau laptop selalu aman dari serangan virus dan malware jahat. Pasalnya, Microsoft menghadirkan update dengan sistem keamanan sehingga celah-celah keamanan masuknya virus bisa tertutup dan tidak bisa ditembus.

Demikian tips mudah agar komputer bebas virus, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Komentar