Diperbaharui pada Selasa, 26 September 2023 | 10:44

Cara Mengatasi Video Instagram yang Tidak Bisa Diputar

cara mengatasi video ig tidak bisa diputarFoto: Unlock Unit

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial populer yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena penggunannya diberikan kebebasan untuk berbagi momen berkesan dalam foto dan video kepada teman dan para followers.

Terkait video di Instagram, terdapat beberapa macam, yaitu video yang bisa diunggah ke feed, IG story, dan IG Reels. Kehadiran fitur video ini membuat aplikasi Instagram semakin digemari. Tapi ada kalanya Instagram tidak bisa memutar video karena beberapa alasan.

Sebagai sebuah aplikasi, tentu Instagram tidak lepas dari yang namanya gangguan, baik internal maupun eksternal. Salah satunya adalah ketika video Instagram tidak bisa diputar, atau tidak bisa dibuka sepenuhnya.

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Kenapa Instagram tidak bisa memutar video? Penyebab video Instagram error tersebut cukup beragam, khususnya ketika video yang ingin kita tonton tidak bisa dibuka.

Penyebab yang paling sering terjadi adalah jaringan internet. Sinyal yang tidak stabil dapat menyebabkan video Instagram tidak bisa diputar, bahkan tidak terbuka sama sekali. Namun ini bukan satu-satunya penyebab.

Nah, untuk mengatasi berbagai gangguan yang menyebabkan Instagram tidak bisa memutar video. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan, apa saja? Berikut ini cara mudah mengatasi video Instagram yang tidak bisa diputar:

1. Hapus Cache

hapus cache instagram

Cache pada dasarnya adalah data dari penggunaan aplikasi yang disimpan sementara. Sebenarnya cache malah berfungsi untuk meningkatkan perpindahan data yang sudah pernah diakses dalam perangkat kita.

Sehingga apabila kita mengakses aplikasi itu kembali maka prosesnya akan menjadi lebih cepat daripada saat pertama kali membuka karena data kita sudah tersimpan di dalam cache. Tapi, dalam jangka waktu tertentu cache bisa menimbulkan efek negatif bagi smartphone.

Kenapa? Karena cache dapat membuat memori smartphone menjadi penuh dan kecepatan aplikasi, khususnya Instagram dalam mengakses video menjadi lambat. Bisa jadi, hal ini yang menyebabkan kita tidak dapat memutar video di Instagram.

Solusi dari masalah ini adalah dengan menghapus cache yang tersimpan di dalam hp. Bisa dilakukan secara langsung di menu setting atau memanfaatkan aplikasi penghapus cache yang tersedia di toko aplikasi.

Bila ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai cache, bisa melihatnya di sini.

2. Update Aplikasi Instagram

Kemungkinan lainnya yang menyebabkan video Instagram tidak dapat diputar di Android dan iOS adalah karena aplikasi Instagram di hp kita tidak update. Dalam hal ini, selalu pastikan aplikasi Instagram yang kita pakai sudah menggunakan versi terbaru.

Karena, setiap pihak aplikasi melakukan update, mereka selalu memberikan pembaruan atau perbaikan terhadap setiap bug yang ada di aplikasi mereka. Jika tidak diupdate, bisa jadi bug itu yang menyebabkan Instagram tidak bisa memutar video.

Untuk melakukan update, kamu bisa melakukannya di Google Play Store atau Apple App Store, sesuai hp yang kamu gunakan. Lalu cari aplikasi Instagram, buka, dan pilih update.

3. Periksa Koneksi Internet

Tidak berjalannya video di Instagram juga sering disebabkan karena jaringan internet yang kita gunakan tidak bagus, sedang ada gangguan, atau bahkan kuota internet kamu sudah habis.

Khusus untuk alasan yang pertama dan kedua, kita tidak bisa melakukan apapun karena asal masalahnya bukan dari smartphone kita.

Namun, untuk alasan yang ketiga, sebaiknya kamu mengeceknya dulu dengan menekan nomor sesuai operator yang kamu gunakan.

Bila kuota internet kamu habis, jelas saja hp kamu tidak bisa mengakses video Instagram yang membutuhkan sambungan internet untuk bisa menjalankannya.

4. Restart Hp atau Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika memang sudah melakukan semua hal di atas tapi Instagram kamu masih belum bisa menjalankan video di Instagram. Maka saran kami selanjutnya adalah restart hp kamu.

Bisa jadi, mesin smartphone kamu tidak pernah diistirahatkan sehingga menimbulkan gangguan. Jika ini masih belum berhasil juga, kamu bisa melakukan install ulang aplikasi Instagram di hp.

Sebelum menginstall ulang, kamu harus melakukan pencopotan aplikasi di dalam menu setting. Lalu download kembali aplikasi Instagram dan lakukan login ulang untuk bisa mengaksesnya.

Itulah cara mudah mengatasi video Instagram tidak bisa diputar di Android dan iOS. Sebenarnya, solusi untuk mengatasi aplikasi Instagram yang berhenti ketika dijalankan juga bisa diterapkan di berbagai aplikasi yang tiba-tiba berhenti ketika sedang digunakan.

Semua cara di atas sangat mudah dan cepat dilakukan. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.