Cara Mengatasi Instagram Lemot, Video Tidak Bisa Diputar

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 22 Apr 2019 | 13:50

Image via Unlock Unit

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang banyak dipakai oleh para pengguna hp. Di sana, kita diberikan kebebasan untuk share foto atau video momen terbaik kita kepada para followers. Tapi ada kalanya Instagram tidak bisa memutar video kita, kenapa bisa begitu?

Sebagai sebuah aplikasi, tentu Instagram tidak pernah lepas dari yang namanya gangguan. Salah satunya adalah ketika video Instagram tidak bisa diputar akibat tidak berjalan atau tidak bisa dibuka karena Instagram lemot.

Kenapa video di Instagram tidak bisa diputar? Penyebab Instagram eror cukup beragam, khususnya ketika video yang ingin kita tonton tidak bisa dibuka. Bisa karena gangguan dari hp ataupun gangguan sinyal yang sedang tidak stabil di daerah kita berada.

Nah, untuk mengatasi berbagai gangguan yang menyebabkan Instagram tidak bisa memutar video. Ada beberapa hal yang mesti kita lakukan, apa saja? Berikut ini cara mudah mengatasi video instagram yang tidak bisa diputar:

1. Hapus Cache

hapus cache instagram

Chace pada dasarnya adalah data dari penggunaan aplikasi yang disimpan sementara. Sebenarnya cache malah berfungsi untuk meningkatkan perpindahan data yang sudah pernah diakses dalam perangkat kita.

Sehingga apabila kita mengakses aplikasi itu kembali maka prosesnya akan menjadi lebih cepat daripada saat pertama kali membuka karena data kita sudah tersimpan di dalam cache. Tapi, dalam jangka waktu tertentu cache bisa menimbulkan efek negatif bagi smartphone.

Kenapa? Karena cache dapat membuat memori smartphone menjadi penuh dan kecepatan aplikasi, khususnya Instagram dalam mengakses video menjadi lambat. Bisa jadi, hal ini yang menyebabkan kita tidak dapat memutar video di Instagram.

Solusi dari masalah ini adalah dengan menghapus cache yang tersimpan di dalam hp. Bisa dilakukan secara langsung di menu setting atau memanfaatkan aplikasi penghapus cache yang tersedia di toko aplikasi.

Bila ingin tahu penjelasan lebih lengkap mengenai cache, bisa melihatnya di sini.

2. Update Aplikasi Instagram

Kemungkinan lainnya yang menyebabkan Instagram tidak dapat menjalankan video adalah karena aplikasi Instagram di hp kita tidak update. Dalam hal ini, selalu pastikan aplikasi Instagram yang kita pakai sudah menggunakan versi terbaru.

Karena, setiap pihak aplikasi melakukan update, mereka selalu memberikan pembaruan atau perbaikan terhadap setiap bug yang ada di aplikasi mereka. Jika tidak diupdate, bisa jadi bug itu yang menyebabkan Instagram tidak bisa memutar video.

Untuk melakukan update, kamu bisa melakukannya di Google Play Store atau Apple AppStore, sesuai hp yang kamu gunakan. Lalu cari aplikasi Instagram, buka, dan pilih update.

3. Periksa Koneksi Internet yang Kamu Gunakan

Tidak berjalannya video di Instagram juga sering disebabkan karena jaringan internet yang kita gunakan tidak bagus, sedang ada gangguan, atau bahkan kuota internet kamu sudah habis.

Khusus untuk alasan yang pertama dan kedua, kita tidak bisa melakukan apapun karena asal masalahnya bukan dari smartphone kita. Namun, untuk alasan yang ketiga, sebaiknya kamu mengeceknya dulu dengan menekan nomor sesuai operator yang kamu gunakan.

Bila kuota internet kamu habis, jelas saja hp kamu tidak bisa mengakses video Instagram yang membutuhkan sambungan internet untuk bisa menjalankannya.

4. Restart Hp atau Install Ulang Aplikasi Instagram

Jika memang sudah melakukan semua hal di atas tapi Instagram kamu masih belum bisa menjalankan video di Instagram. Maka saran kami selanjutnya adalah restart hp kamu. Bisa jadi, mesin smartphone kamu tidak pernah diistirahatkan sehingga menimbulkan gangguan.

Jika ini masih belum berhasil juga, kamu bisa melakukan install ulang aplikasi Instagram di hp. Sebelum menginstall ulang, kamu harus melakukan pencopotan aplikasi di dalam menu setting. Lalu download kembali aplikasi Instagram dan lakukan login ulang untuk bisa mengaksesnya.

Mudah dan Cepat Dilakukan

Itulah cara mudah mengatasi video Instagram tidak bisa diputar, tinggal lakukan dan buat video di aplikasi tersebut bisa berjalan lagi. Sebenarnya, solusi untuk mengatasi aplikasi Instagram yang berhenti ketika dijalankan juga bisa dijalankan di berbagai aplikasi yang tiba-tiba berhenti ketika sedang digunakan. Semua cara di atas sangat mudah dan cepat dilakukan.

Cara ini juga bisa dipakai jika aplikasi instagram kita tidak bisa berjalan secara keseluruhan. Informasinya bisa kamu baca secara lengkap di sini. Jadi, selamat mencoba.

Artikel Terkait

Komentar