Cara Menyembunyikan Aplikasi, Foto, dan File di Android

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 20 Jul 2018 | 03:50

Image via AndroidApps24

Di dalam perangkat smartphone yang Anda miliki, mungkin tersimpan banyak data penting (dokumen) atau file-file yang bersifat pribadi seperti foto, video dan lainnya. Atau mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak diperuntukkan untuk anak-anak sehingga merasa penting untuk disembunyikan.

Data dan aplikasi tersebut mungkin saja bisa dilihat ketika secara tidak Anda meminjamkan perangkat ke orang lain. Atau ketika anak Anda merengek ingin meminjam hp yang Anda gunakan. Tentunya Anda tidak ingin semua hal yang bersifat pribadi dapat dilihat orang lain, termasuk keluarga. Tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan untuk menyembunyikan semua konten di hp Anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan Android

Pada dasarnya, sistem di Android selalu membawa sejumlah aplikasi bawaan. Namun tidak semua aplikasi tersebut digunakan oleh pemakainya. Mungkin sebagian besar dari pengguna memilih opsi untuk menghapusnya dengan harapan bisa memperbesar memori hp dan tidak memenuhi tampilan menu di layar.

Hanya saja, lagi-lagi tidak semua aplikasi bawaan tersebut bisa kita hapus, terutama aplikasi bawaan dari Google. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu masih memiliki opsi untuk menyembunyikan aplikasi bawaan tersebut. Berikut caranya :

  • Masuk ke menu ‘Setting’ lalu pilih Apps & Notifications
  • Pilih ‘See all xx apps (tergantung dari seberapa banyak aplikasi yang terinstal)
  • Lalu tinggal cari aplikasi yang ingin disembunyikan dan pilih ‘Disable’

Cara Menyembunyikan Aplikasi

Sosial media mungkin menjadi salah satu aplikasi yang sangat ingin Anda jaga privasinya. Karena hampir semua pengguna pasti membiarkan aplikasi sosial media (Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya) dalam keadaan login untuk memudahkan mereka masuk kembali aplikasi. Nah jika tidak ingin ada orang lain yang membuka aplikasi sosmed milik Anda, salah satu caranya adalah menyembunyikannya atau setidaknya memberikan kunci pengamanan.

Sayangnya, sistem internal Android belum memiliki fitur menyembunyikan aplikasi. Untuk itu Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya bisa menggunakan applikasi APPLock yang cukup mendapat komentar positif dari pengguna. Aplikasi ini cukup ringan hanya memakan memori sebesar 16MB saja dengan fitur keamanan yang ekstra ketat.

Ada dua opsi untuk fitur keamanannya yaitu Pattern dan password, piliha sesuai yang Anda inginkan. Banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini, namun yang utama adalah akan menjaga aplikasi tetap aman. Semua aplikasi yang terinstal bisa Anda protek, termasuk menu Setting dan System UI.

Caranya juga cukup mudah, pilih aplikasi yang ingin disembunyikan atau diamankan dengan cara mengubah ikon gembok menjadi keadaan terkunci. Secara teknis, AppLock memang tidak menyembunyikan aplikasi yang sudah digembok, karena ikon aplikasi masih terlihat di layar. Namun ketika aplikasi tersebut dibuka harus memasukkan pola atau password yang sudah Anda gunakan.

Selain aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis yang bisa Anda coba. Namun dalam pengalaman kami aplikasi-aplikasi tersebut cukup direkomendasikan. Selain mudah digunakan, tampilan sederhana, ringan, juga tidak berbayar alias gratif. Cara menyembunyikan aplikasi Xiaomi juga bisa dilakukan menggunakan metode di atas. Termasuk cara menyembunyikan aplikasi di hp OPPO, Samsung dan lainnya. Yang paling penting Anda bisa melakukan cara menyembunyikan aplikasi tanpa root.  

Cara Menyembunyikan Foto

Meski File Hide Expert memiliki kemampuan menyembunyikan foto dan video, namun aplikasi ini tidak memiliki perlindungan ekstra. Sebagai alternatif untuk menyembunyikan foto dan video, Anda bisa mencoba aplikasi KeepSafe. Aplikasi mendapat rekomendasi yang cukup baik dari pengguna, sudah diunduh hingga 50 juta kali dan mendapat rating tinggi.

Saat berhasil terinstal, aplikasi meminta akses masuk ke dalam storage perangkat Anda. Setelah itu Anda harus memasukkan kode PIN yang akan digunakan untuk membuka aplikasi KeepSafe. Ingat, jangan sampai Anda lupa PIN tersebut. Lalu Anda harus login dengan mendaftarkan nama dana kun email.

Ada 4 empat lokasi penyimpanan default yang bisa dipilih sesuai file yang ingin disembunyikan yaitu Main Album, ID Card, Video dan file lainnya. Anda juga dimungkinkan untuk menambahkan album sendiri sesuai dengan file yang diinginkan.  Jika selesai Anda bisa mengetuk ikon (+) untuk menambahkan foto, album dan mengambil foto yang ingin disembunyikan. Pilih import photo jika ingin menyembunyikan foto pribadi.

Aplikasi ini jauh lebih aman, apalagi selain PIN Anda juga masih bisa mengubah kunci keamanan aplikasi dengan pattern atau pola. Sehinga orang lain tidak akan bisa mengakses foto Anda yang sudah disembunyikan di dalam aplikasi tanpa mengetahui PIN yang Anda masukkan. Fitur lain yang ada di apalkasi Anda bisa mengubah theme warna yang ada pada aplikasi.

Cara Menyembunyikan File

Pada umumnya, sistem Android tidak memiliki kemampuan untuk menyembunyikan sesuatu, termasuk file data. Untuk mengakalinya bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan file Anda. Jika Anda melakukan pencarian di Play Store dengan mengetik hide file, maka di urutan atas terdapat apilkasi File Hide Expert. Anda bisa mencobanya.

Menggunakan aplikasi Android gratis ini menawarkan kemudahan. Apalagi tampilannya cukup simpel namun memiliki fungsi yang besar. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyembunyikan dan menampilkan file apa pun dengan mudah. Ada dua pilihan utama yang dapat digunakan yaitu hide all (menyembunyikan) dan restore all (menampilkan kembali). Anda bisa memilih file dengan spesifik, termasuk file-file dokumen, foto hingga video.

Artikel Lainnya

Komentar