Cara Mengatasi Hp Panas Saat Main Game, Mudah dan Cepat

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 7 Apr 2020 | 15:00

Mengatasi Hp Cepat Panas
Salah satu hal yang paling disenangi ketika kita memiliki sebuah hp adalah kesempatan untuk bermain berbagai macam game, termasuk PUBG dan lainnya. Namun terkadang ada satu hal yang sering kita sepelekan, yaitu hp menjadi cepat panas, hal ini tentu membuat kenyamanan bermain game menjadi terganggu.

Panasnya hp ketika bermain game adalah suatu hal yang wajar, walau tetap ada alasan kenapa ini bisa terjadi. Salah satu penyebab hp panas saat bermain game adalah karena hardware harus bekerja keras menjalankan game yang kamu mainkan.

Ya, ketika bermain game, hp akan bekerja cukup keras untuk memproses tampilan gambar game tersebut. Akibatnya, konsumsi baterai menjadi lebih cepat dan suhu di dalam hp menjadi cepat meningkat. Meski demikian, penyebab hp panas juga berasal dari beberapa faktor lain.

Terlepas dari hal tersebut, untuk mengatasi hp cepat panas ketika bermain game, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengatasi Hp Panas Saat Bermain Game

Berikut beberapa cara untuk mengatasi hp panas agar bermain game lebih nyaman : 

1. Tidak Usah Pakai Casing

Tidak Usah Pakai Casing
Casing memang aksesoris hp yang berguna untuk melindungi bodi hp agar tidak cepat baret atau rusak. Tapi, dalam hal panas, casing justru bisa memperburuk kondisi hp karena panas yang ditimbulkan oleh hp menjadi terserap dan tidak terlepas.

Bagi kamu yang belum tahun, setiap bodi smartphone dilengkapi dengan butiran besi halus yang berfungsi sebagai konduktor untuk melepas panas di dalamnya. Jika panas itu tidak dibuang, maka akan membuatnya mengendap dan bisa membuat hp over heat. Jadi, ketika bermain game, lebih baik lepas dulu casing kamu.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan

Kurangi Tingkat Kecerahan
Pemakaian hp dengan settingan kecerahan layar tinggi bisa menjadi salah satu alasan yang membuat smartphone kamu menjadi cepat panas. Karena itu, jika kamu ingin main game, ubah settingan tingkat kecerahan menjadi berada di level rendah.

Selain membuat hp bekerja lebih ringan. Menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan mata kamu agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang ditimbulkan oleh kecerahan smartphone. serta membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

3. Kecilkan Volume

Kecilkan Volume
Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa hp menjadi cepat panas ketika dipakai main game. Alasannya sama, karena dengan suara yang besar maka kinerja hp akan menjadi lebih berat.

Solusinya, cukup gunakan volume kecil ketika bermain game, atau kalau perlu tidak usah nyalakan volume. Memang, menurunkan atau mematikan suara saat main game membuat suasanya menjadi kurang ramai, tapi kamu harus melakukannya jika ingin hp terhindar dari panas berlebihan.

Kamu dapat mengubah settingan volume ini di pengaturan game ataupun bisa mengubahnya langsung dari tombol volume smartphone kamu.

4. Tutup Aplikasi Lain di Background

Matikan Aplikasi Lainnya
Jika kamu ingin main yang cukup berat, kami sarankan bagi kamu untuk menutup dulu semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sebelum membuka aplikasi game. Alasan dari melakukan ini karena smartphone butuh ruang memori RAM yang cukup lega ketika menjalankan game berat.

Jadi, hp kamu bisa lebih lancar memproses grafis game tanpa diberatkan lagi dengan aplikasi lainnya.

5. Main Game Secukupnya Saja

Main Game Secukupnya Saja
Yang terakhir ini mungkin cukup klise, tapi memang sangat penting. Sebaiknya kamu bermain game di smartphone dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena hal ini akan membuat smartphone menjadi menjadi lebih cepat panas.

Selain itu, main game dalam waktu yang tidak terlalu lama juga membantu menjaga kondisi dapur pacu agar selalu stabil.

Itulah tips mengatasi hp yang panas ketika bermain game yang bisa dilakukan. Meski tidak bisa mengurangi panas secara menyeluruh , namun setidaknya bisa membuat bermain game lebih nyaman. Apalgi cara mengatasi hp panas di atas cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Artikel Terkait

Komentar