Diperbaharui pada Kamis, 19 Juli 2018 | 14:59

Cara Update MacBook ke macOS Mojave

Apple telah merilis OS terbaru untuk perangkat MacBook dengan nama macOS Mojave. Namun, pada saat ini OS terbaru MacBook masih dalam tahap beta. Walau masih tahap beta, pengguna macOS sudah bisa update OS mereka yang sebelumnya menggunakan macOS High Sierra.

Sayangnya tidak semua perangkat MacBook dapat update ke macOS Mojave. Berikut adalah laptop dan desktop Apple yang dapat update macOS Mojave:

  • MacBook (Awal 2015 atau yang lebih baru)
  • MacBook Air (Pertengahan 2012 atau yang lebih baru)
  • MacBook Pro (Pertengahan 2012 atau yang lebih baru)
  • Mac mini (Akhir 2012 yang lebih baru)
  • iMac (Akhir 2012 yang lebih baru)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (Akhir 2013, pertengahan 2010 dan pertengahan 2012 dengan GPU yang direkomendasikan)

Sebelum kamu update macOS, pastinya kamu juga ingin tahu dong ada fitur baru apa saja yang dihadirkan di OS Mojave ini.

Fitur-fitur macOS Mojave:

1. Dark Mode

Fitur Dark Mode ini memungkinkan tampilan MacBook kamu berubah menjadi serba gelap. Tampilan pada Dark Mode ini juga mencakup aplikasi, windows yang terbuka dan dock. Cukup unik bukan?

2. Stacks di Desktop

Dengan fitur Stacks ini, kamu tidak perlu lagi khawatir segala macam jenis file berceceran di desktop kamu karena fitur Stacks akan secara otomatis mengumpulkan file-file itu menjadi 1 grup atau folder berdasarkan jenisnya.

3. Screenshot dan Video Capture Baru

Fitur screenshot pada macOS memang sudah terkenal mumpuni dari dulu. Namun, pada update terbaru ini fitur screenshot dan video capture menjadi makin keren. Kamu bisa memilih area mana yang ingin kamu rekam pada MacBook.

4. Grup FaceTime

Tidak hanya di iOS 12, namun grup FaceTime juga hadir pada macOS Mojave. Dengan fitur ini, kamu bisa ber-FaceTime ramai-ramai sampai dengan 32 orang! Kamu juga bisa memilih mau menggunakan iPhone atau MacBook.

5. Mac App Store Diperbaharui

Pada macOS Mojave, Mac App Store juga ikut dapat update lho! Selain tampilannya yang berubah total, kamu sekarang sudah bisa men-download aplikasi ternama seperti Microsoft Office dan Adobe Lightroom CC melalui Mac App Store!

Nah, sudah tahu kan fitur-fitur dan update terbaru macOS Mojave? Makin kepingin cobain macOS terbaru ini? Pastikan kamu backup data-data kamu dulu ya sebelum update ke macOS Mojave.

Cara Update ke macOS Mojave

Untuk update via OTA, kamu memerlukan akun pengembang dengan biaya USD 99 per tahun. Jika kamu sudah memiliki akun pengembang, kamu bisa ke halaman download Apple https://developer.apple.com/download/. Temukan macOS Mojave 10.14 beta dan download filenya.

Setelah selesai mendownload, temukan file yang sudah didownload tadi lalu klik dua kali pada DeveloperBetaAccessUtility.pkg. Mac App Store akan terbuka lalu klik di bawah logo macOS untuk men-download dan memulai proses update.

Setelah selesai dengan proses update, MacBook kamu akan me-restart dan kamu sudah siap menggunakan MacBook dengan macOS terbaru Mojave.

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba!

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts