8 Cara Mengatasi WA Pending atau Tidak Terkirim

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 12 Feb 2019 | 14:50


WhatsApp atau bisa di singkat WA menjelma menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia dengan miliaran pengguna aktif. WA begitu nyaman dan mudah digunakan bisa dibandingkan aplikasi perpesanan lain. Tetapi ada satu hal yang mengganggu pengguna yaitu ketika pesan WA pending atau bahkan tidak terkirim. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi WA pending.

Kenapa WA pending? Salah satu penyebab WA pending atau tidak terkirim kemungkinan ada pada penerimaan sinyal yang kurang bagus. Jadi hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek sinyal operator yang digunakan, bisa saja hilang atau sedang mengalami gangguan.

Namun yang menjadi masalah adalah kenapa whatsapp pending padahal sinyal bagus? Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama bila pesan yang di kirim sifatnya penting. Sebagai solusinya, kamu bisa simak ulasan di bawah ini. 

Mengatasi WA Pending

Nah, bila kamu mau solusi kenapa pesan WA tidak terkirim ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara mengatasi WA pending atau tidak sampai ke penerima :

1. Ubah Setting Jaringan ke 3G atau 4G Only

Bila pesan WhatsApp kamu sering pending atau tidak sampai, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek jaringan internet yang kamu pakai. Sebab bisa saja jaringan internet yang kamu pakai sedang error.

Selain itu, pastikan settingan hp kamu sedang menggunakan jaringan internet terbaik agak pesan WhatsApp bisa dikirim lebih cepat. Kalau perlu, ubah settingan jaringan selular hp dengan menggunakan jaringan 3G atau 4G saja.

Untuk menyettingnya, kamu cukup masuk ke menu setting hp > jaringan lainnya > Jaringan Seluler > Jenis Data yang Dipilih > pilih 3G atau 4G sesuai kebutuhan kamu. Maka jaringan internet kamu sudah dalam mode cepat.

2. Manfaatkan Mode Pesawat

Image via AndroidPit

Cara lain untuk membuat WhatsApp tidak pending adalah kamu bisa menyalakan mode pesawat di dalam menu setting lalu mematikannya lagi setelahnya. Bila kamu mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat, maka itu sama dengan me-restart kembali semua jaringan yang terhubung pada smartphone.

Tapi kadang kita tidak cukup sekali melakukan cara ini, ada kondisi kita mesti melakukannya berkali-kali dulu. Biasanya jaringan internet akan kembali normal dan kamu bisa mengakses internet kembali.

3.Hapus Cache

Seiring dengan cukup seringnya WhatsApp digunakan, maka cache yang dikandung juga makin banyak. Walau sebenarnya cache adalah data yang disimpan sementara oleh hp untuk mempercepat pemrosesan sebuah aplikasi.

Tapi bila cache terus dibiarkan menumpuk, maka bisa saja membuat WhatsApp menjadi error dan sering menyebabkan pesan sulit sampai kepada orang yang dituju.

4. Bersihkan Data

Selain membersihkan cache, kamu juga bisa membersihkan data yang terdapat di aplikasi WhatsApp. Hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang pending saat menerima atau mengirim pesan.

Namun, bila ternyata sebagian besar chat di WhatsApp Kamu penting, maka kamu mesti melakukan proses back up terlebih dulu. Untuk membersihkan data WhatsApp, kamu bisa pergi ke menu Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Storage > Clear data. Gampang banget kan?

Setelah data dibersihkan, maka WhatsApp akan kembali ke keadaan semula saat kamu mulai mendaftar WhatsApp. Di mana chat akan hilang..

5. Matikan Fitur Penghemat Baterai

Image via AmongTech

Smartphone Android memang memiliki banyak fitur menarik, tapi dalam beberapa kondisi, fitur ini malah akan menyulitkan kita. Salah satunya adalah fitur penghemat daya yang secara otomatis akan menyala saat hp Android kehabisan baterai.

Bila fitur ini menyala, maka akan membuat notifikasi pesan Whatsap menjadi tidak masuk alias di-pending. Hal ini dilakukan smartphone agar penggunaan dayanya menjadi lebih hemat dan bisa berjalan lebih lama.

Untuk menonaktifkannya, kamu cukup masuk ke menu setting dan masuk ke pengaturan baterai. Setelah itu matikan fitur penghemat baterai atau battery saver.

6. Jangan Gunakan Pembersih RAM

Banyak pengguna hp Android yang sering salah kaprah menganggap aplikasi pembersih RAM berguna untuk menjaga kondisi hp dan menjaga kecepatan smartphone Android agar tetap ngebut.

Aplikasi pembersih RAM bekerja untuk membersihkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang. Karena WhatsApp berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa saja aplikasi pembersih RAM malah justru menutupnya.

Untuk menyelesaikan ini, lebih baik kamu tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM, kalau perlu uninstall saja. Dengan begitu WhatsApp juga bisa berjalan dengan lebih normal dan tidak banyak terganggu oleh aplikasi lain.

7. Restart Hp

Bisa juga WhatsApp kamu tidak sampai akibat adanya masalah di hp seperti masalah jaringan. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merestart hp. Kadang-kadang setelah itu akan ada banyak pesan dari teman atau kerabat yang akan masuk.

8. Update atau Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara paling pamungkas yang bisa kita lakukan adalah dengan mengecek aplikasi WhatsApp, apakah update atau tidak. Kadang WhatsApp kita sudah tidak update sehingga bisa menimbulkan masalah seperti pesan yang terpending atau tidak sampai.

Jika ternyata masih belum bisa, dengan berat hati kami katakan kamu harus menginstall ulang WhatsApp kamu. Sebelumnya kamu harus menghapus aplikasi ini lalu mendownloadnya lagi di Play Store.

Mudah dan Cepat Dilakukan

Semua tips cara mengatasi WA pending di atas sangat mudah dan cepat dilakukan. Jadi, kita sebagai pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat WhatsApp gagal mengirim pesan atau pending.

Artikel Lainnya

Komentar