Diperbaharui pada Sabtu, 7 Januari 2023 | 11:10

Cara Meningkatkan FPS PUBG Mobile di Hp Android

cara meningkatkan performa pubg
PUBG merupakan salah satu game online yang sangat ini masih memiliki popularitas yang tinggi. Sejak dirilis Maret 2018 lalu, dalam waktu kurang dari seminggu versi PUBG Mobile telah di unduh di lebih dari 100 negara. Bahkan kini memiliki jutaan pengguna aktif secara global.

Untuk memainkan PUBG mobile ini, hp kamu harus sudah memenuhi beberapa syarat tertentu. Pertama adalah koneksi internet yang stabil, karena PUBG merupakan game online.

Syarat kedua yaitu hp Android kamu memiliki kapasitas RAM minimal 2 GB, lalu hp harus berjalan dengan minimum sistem operasi Android 5.1.1 dan diatasnya.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah ketersediaan ruang penyimpanan yang besar. Karena untuk menginstal PUBG di hp Android kamu dibutuhkan ruang besar, bahkan hingga 1.4 GB (tergantung dari jenis hp yang digunakan).

Hanya saja, meski semua persyaratan di atas sudah terpenuhi namun tidak menjamin kamu bisa memainkan PUBG dengan lancar.  Karena proses update yang terus berjalan tentunya akan membuat kinerja perangkat menjadi lebih berat lagi.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena performa PUBG di hp kamu bisa lebih baik dengan meningkatkan frame rate (fps) saat bermain. Karena semakin tinggi fps (frame per second) maka gambar yang dihasilkan akan semakin mulus.

Untuk itu, kami ini kami akan mengulas cara meningkatkan fps PUBG di hp Android kamu dengan mudah. Bahkan kamu tidak membutuhkan perangkat lain seperti laptop atau PC. Yang dibutuhkan hanya hp Android dan koneksi internet.

Cara Meningkatkan FPS Game PUBG

Pada dasarnya, untuk meningkatkan FPS di game online terbaik ini membutuhkan beberapa langkah. Berikut langkahnya:

1. Instal GFX Tool for PUBG

Untuk mendapatkan tool ini cukup mudah, kamu bisa menginstalnya melalui Google Play Store. Pastikan GFX Tool for PUBG yang di instal dari developer tsoml.

2. Konfigurasi GFX Tool for PUBG

Setelah proses intalasi selesai, kamu bisa masuk GFX Tool untuk melakukan beberapa konfigurasi. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan langkah di bawah ini:

a. Version

Pastikan kamu memilih versi yang disesuaikan dengan versi game PUBG yag terinstal. Untuk melihat versi PUBG, kamu bisa melihat pada detail game di dalam menu aplikasi.

b. Resolution

Resolusi yang tinggi memang memberikan tampilan yang lebih tajam dan detail ketika bermain game. Meski hp kamu memiliki tampilan resolusi Full HD 1080p atau Full HD+, lebih disarankan memilih opsi resolusi 960 × 540. Karena dengan mengurangi jumlah piksel perangkat akan memberikan fps yang lebih baik.  

c. Graphics

Opsi grafis ‘Smooth’ menjadi pilihan yang direkomendasikan, karena akan meningkatkan performa game secara keseluruhan.

d. FPS

Ini merupakan setingan yang memang menjadi tujuan utama. Kamu bisa meningkatkan FPS di PUBG hingga level maksimal. Disini GFX Tool akan ‘membuka’ level FPS hingga 60 Ghz atau yang tertinggi.

Meski demikian, kamu juga bisa memilih opsi FPS yang lebih rendah untuk menghemat daya. Karena makin besar FPS yang dijalankan tentunya membutuh sumber daya yang lebih besar pula.

e. Anti-aliasing

Meski Anti-aliasing bisa menghaluskan tekstur, namun mengaktifkan fitur ini bisa menurunkan performa. Jadi untuk mendapatkan FPS maksimal, sebaiknya pilihan Anti-aliasing ini kamu disable.

f. Style

Menu Style merujuk pada level saturasi dan pewarnaan pada game, namun fitur ini tidak terlalu memberi banyak pengaruh secara keseluruhan.

g. Shadows

Meski bisa meningkatkan performa, namun menghilangkan fitur Shadow pada game online populer macam PUBG merupakan pilihan yang kurang tepat. Jadi biarkan game menentukan secara otomatis, kamu bisa memilih opsi select or skip.

h. Graphics API

Menawarkan beberapa pilihan yang bisa meningkatkan performa game, salah satunya adalah Vulkan. Tapi tidak semua perangkat sudah mendukung teknologi ini.

Namun ketika kamu mengaktifkannya dan mengalami force closed saat ingin bermain PUBG, sebaiknya fitur ini dinonaktifkan saja.

Setelah semua setingan di atas selesai dilakukan, yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol ‘Accept’. Setelah itu muncul “Run Game’ lalu di klik dan secara otomatis hp kamu akan menjalankan game PUBG tanpa harus kembali ke home screen.

Cara Melihat Hasil Pengaturan

Untuk melihat setingan yang dilakukan sudah berhasil, kamu bisa melihatnya di  setingan game. Disitu akan terlihat penambahan opsi Frame Rate yaitu ‘Ultra’ dan ‘Extreme’. Jika di GFX Tool kamu memilih 60fps, maka setingan pada game berada di opsi Extreme.

Itulah cara meningkatkan fps PUBG di Android dengan mudah dan cepat, dan kamu bisa langsung merasakan bedanya memainkan PUBG di 60fps.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.