Diperbaharui pada Selasa, 16 April 2024 | 13:43

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Hp Murah

tips membeli hp android murah berkualitasFoto: Shutterstock

Hp murah sering menjadi incaran konsumen. Hadirnya marketplace online dan official store membuat pembelian smartphone sekarang ini menjadi serba mudah, ditambah lagi dengan persaingan di pasaran yang membuat harga smartphone menjadi lebih terjangkau, sehingga stok melimpah karena laris.

Tidak dapat dipungkiri, meski smartphone flagship diminati di pasaran, namun hp murah di kelas entry dan mid-range tidak kalah populer. Berbeda dengan hp flagship yang kemungkinan mendapatkan "zonk"-nya kecil, mencari hp murah butuh ketelitian dan pengetahuan lebih. 

Tips Membeli Hp Murah Berkualitas

Pada umumnya, salah satu kesalahan terbesar konsumen saat akan membeli hp murah adalah terlalu percaya pada iklan, padahal produk itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

Nah, agar tidak mengalami hal yang merugikan tersebut ketika membeli hp baru, Anda perlu tahu tentang spesifikasi hp murah yang akan dibeli tersebut, terlebih lagi saat pempelian hp dilakukan secara online, di mana Anda tidak bisa melihat langsung produknya.

1. Pilih Hp dari Kelas Mid-range/Menengah

Dewasa ini, hp di kelas entry memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni, namun untuk lebih pasti terhadap pemakaian jangka panjangnya, ada baiknya untuk memilih smartphone di kelas mid-range, bila budgetnya cukup.

Mid-range berarti, smartphone tersebut berada di kelas menengah, dengan kisaran harga Rp 2 - 3 jutaan. Harga yang masih relatif terjangkau. Spesifikasi yang ditawarkan tentunya di atas hp kelas entry harga Rp 1 jutaan.

Beragam smartphone mid-range tersedia di pasaran dari berbagai brand ternama, sehingga Anda memiliki lebih banyak opsi ketika akan membeli. Selain itu, banyaknya produk juga memudahkan untuk mencari mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Namun bila budget yang disiapkan tidak memungkinkan untuk membeli smartphone di kelas mid-range, maka pilihan terakhir adalah hp entry. Untuk situasi seperti ini, pastikan untuk mengetahui sebanyak mungkin informasi hp tersebut sebelum membeli.

2. Lihat Chipset yang Dipakai

Ketidaktahuan akan spesifikasi hp murah sering menjebak banyak orang untuk membeli smartphone dengan harga mahal (mark up) yang jauh dari harga pasaran yang seharusnya. Salah satu hal yang perlu diketahui oleh konsumen sebelum membeli adalah chipset atau prosesor yang digunakan.

Dewasa ini, mayoritas pilihan prosesor hp biasanya adalah Snapdragon dari Qualcomm atau MediaTek, walaupun sebenarnya masih terdapat beberapa jenis prosesor lainnya seperti Exynos, Unisoc, Kirin, dan sebagainya.

Kita ambil contoh untuk hp dengan prosesor Snapdragon, kami menyarankan untuk membeli hp dengan Snapdragon seri 7, misalnya Snapdragon 720 atau Snapdragon 712. Bila budget tidak memungkinkan, Anda bisa memilih di seri 6 seperti Snapdragon 685 atau Snapdragon 695. atau Snapdragon 680.

Bila pilihan Anda jatuh ada prosesor MediaTek, kami merekomendasikan hp yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T, MediaTek Helio G95 , atau MediaTek Helio G99.

3. Pilih RAM yang Memadai

Bila bicara RAM, pemilihan hp murah berkualitas harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. Hp di kelas menengah biasanya memiliki RAM 3 GB atau 4 GB, namun kini tersedia hp mid-range dengan RAM 6 GB, bahkan 8 GB.

Hp dengan RAM 3 GB dijual dengan harga mulai dari 1 jutaan, namun bila Anda memiliki budget lebih, maka kami sarankan untuk membeli hp RAM 4 GB, atau hp RAM 6 GB.

Secara umum, semakin tinggi RAM yang digunakan pada smartphone, maka makin mahal juga harga smartphone tersebut. Namun kini banyak produsen smartphone yang menjual hp murah dengan spek tinggi.

4. Sesuaikan Ukuran Layar dengan Kebutuhan

Kalau masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya hp dengan layar besar atau biasanya hp dengan layar 6 inci ke atas. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar, karena mereka menganggap hp dengan layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa.

Masih banyak pengguna smartphone yang lebih menyukai hp dengan layar 5 inci, walau kini sudah jarang ditemui produk hp baru yang menawarkan layar dengan bentang ukuran tersebut.

Soal ukuran ini, bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk penggemar streaming film/series dan gaming, tentu lebih memilih layar besar.

Satu hal lain terkait layar yang mesti diperhatikan adalah resolusinya. Agar mata lebih nyaman, maka resolusi layar minimum setidaknya sudah 1080p atau hp layar full HD, karena dianggap sebagai resolusi layar paling ideal saat ini.

5. Cek Kualitas Kamera

Jika kita memiliki budget Rp 2 - 3 jutaan, kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional, dan punya fitur yang cukup lengkap. Apalagi kini sudah ada hp murah dengan kamera 108 MP.

Bagi yang suka merekam video, kami menyarankan untuk memilih hp yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS, dan mampu merekam video berkualitas 4K. Hp murah dengan spesifikasi kamera seperti ini juga sudah banyak di pasaran.

6. Desain dan Kualitas Material

Bicara soal desain, sebenarnya ini kembali ke masalah selera setiap orang yang tentunya berbeda. Namun, kalau bicara tren yang ada saat ini, hp kekinian pada umumnya menggunakan desain layar hp tanpa bezel atau bezelless, dan ada juga hp dengan desain notch atau waterdrop.

Tren lain yang sedang ramai di kalangan para produsen smartphone saat ini adalah desain kamera utama dengan modul kamera dan ukuran lensa yang besar.

Namun perlu diperhatikan, ini kembali lagi kepada kebutuhannya. Jangan membeli smartphone hanya karena desainnya yang paling baru, namun speknya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, smartphone kelas menengah pada umumnya menggunakan jenis material plastik pada bodinya. Jadi pastikan juga jenis material yang digunakan pada hp tersebut cukup kuat.

Hp Murah Berkualitas, Awet Dipakai

Tips memilih hp murah berkualitas di atas sekedar panduan agar Anda setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan tentang smartphone yang akan dibeli. Panduan tersebut tentunya tidak mutlak karena preferensi setiap orang berbeda.

Namun kami berharap, setidaknya panduan dan tips membeli hp murah berkualitas yang kami sajikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.