Diperbaharui pada Selasa, 29 Oktober 2019 | 16:01

Cara Mengatasi Laptop Lemot Jadi Ngebut Secara Instan

Kamu masih menyimpan laptop lama kamu? Atau, kamu masih menggunakan laptop lama kamu tapi saking lemotnya sampai membuat kamu gusar? Jangan dijual dulu karena sebenarnya laptop jadul kamu itu bisa dibuat jadi ngebut. Memang proses ini memerlukan biaya, tapi setidaknya kamu tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membeli laptop baru.

Kenapa laptop lemot? Apa solusi laptop lemot? dan bagaimana mengatasi laptop lemot? Nah, sebelum kamu mencoba tips cara mengatasi laptop lemot secara instan, pastikan untuk membackup semua data-data kamu. Ayo kita simak caranya!

Upgrade RAM Laptop

Image via Windows Central

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengupgrade RAM pada laptop, ini bisa jadi solusi mengatasi laptop lemot yang paling vital. Tapi sebelumnya, kamu harus pastikan dulu tipe RAM yang ada pada laptop itu DDR tipe berapa. Karena jika salah maka akan runyam masalahnya. Jangan sampai yang kamu beli nanti RAM desktop.

Perhatikan juga ada berapa slot RAM yang bisa digunakan. Jika RAM pada laptop lawas kamu 2GB, kamu bisa mengupgradenya ke 4GB atau bahkan 8GB. Makin besar laptop, maka makin ngebut juga performa laptop lawasmu.

Lupakan Harddisk! Ganti ke SSD

Image via Digital Trends

Hadirnya SSD di jagad laptop semakin membuat harddisk konvesional ketinggalan jaman. Bayangkan saja, kecepatan SSD bisa berpuluh-puluh kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan harddisk konvesional.

Dengan mengganti harddisk menjadi SSD, maka laptop lawas kamu akan lebih cepat saat booting, menjalankan program dan membuka file-file yang ada di laptop. Umur SSD juga lebih Panjang ketimbang harddisk konvesional.

Cara atasi laptop lemot dengan pindah ke SSD ini cukup menjadi trending saat ini, mengingat laptop terbaru dan laptop gaming terbaik sudah banyak yang menggunakan SSD ketimbang harddisk konvensional (meskipun masih dibutuhkan).

Maka dari itu, ganti harddisk lama kamu dengan SSD jadi solusi mengatasi laptop lemot paling tepat agar laptop tidak lemot. Banyak pilihan SSD yang sekarang sudah cukup terjangkau harganya.

Namun, jangan buang harddisk lama kamu, karena harddisk ini bisa kamu sulap menjadi harddisk eksternal yang berfungsi untuk menyimpan file-file penting kamu.

Nama Harga di Pasaran
Team L7 Evo 120GB SSD belum ada harga
Samsung 850 EVO MZ-75E120BW 120GB Rp 530.000
Samsung 850 EVO MZ-75E250BW 250GB Rp 900.000
V-Gen SSD 120GB Rp 188.000
SanDisk SSD Plus 240GB Rp 360.000
SanDisk SSD Plus 120GB Rp 270.000

Install Ulang OS

Image via Windows Latest

Laptop yang lambat juga bisa dikarenakan faktor OS yang sudah uzur. Jika kamu masih menggunakan OS lawas seperti Windows XP, Windows 7 atau Windows 8, maka beralih lah ke Windows 10.

OS terbaru Windows ini menawarkan performa yang lebih cepat dibandingkan dengan OS sebelumnya. Namun, baiknya kamu melakukan clean install karena dengan melakukan clean install, juga sekaligus memformat harddisk yang artinya file-file sampah dan virus akan hilang.

Jika kamu rasa OS Windows 10 masih berjalan lambat, kamu bisa install OS Linux. Selain OS Linux ini gratis, Linux juga stabil dan lebih cepat dibanding OS lainnya.

Install Software Seperlunya

Jika sudah selesai install ulang Windows pastikan kamu juga install driver tiap perangkat yang ada di laptop kamu. Biasanya tiap pabrikan laptop sudah menyediakan CD / DVD driver untuk laptop kamu.

Jangan menginstall sembarang software dari internet karena bisa saja software itu terjangkit virus. Pastikan juga kamu langsung mengupdate Windows kamu agar laptop kamu tidak mudah terjangkit malware.

Salah satu rekomendasi software yang bisa kamu install di laptop kamu adalah CCleaner. CCleaner adalah software pembersih yang mampu menghapus file-file temporary sehingga mempercepat laptop kamu. Tidak hanya itu, CCleaner juga banyak fitur lainnya yang berfungsi untuk membuat laptop kamu lebih ngebut.

Nah sekian langkah-langkah cara untuk membuat laptop lama menjadi ngebut kembali. Selamat mencoba!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.