Cara Back Up Data Android Sebelum Reset Hp dengan Aplikasi Google

Oleh Imam Ali updated Kamis, 21 Nov 2019 | 12:37

Sebagian besar pengguna hp Android mungkin pernah melakukan reset hp ke setingan pabrik. Hal ini dilakukan ketika hp mengalami masalah hang, error atau juga ingin menjualnya kembali.

Dengan melakukan reset, hp akan kembali ke setingan pabrik seperti saat pertama kali Anda membeli. Artinya, semua data dan file yang tersimpan di dalam memori hp akan ikut terhapus.  

Nah, sebelum melakukan reset hp ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah melakukan back up data yang ada di hp Android. Jangan sampai file-file seperti foto, musik, video hingga dokumen penting yang tersimpan hilang atau terhapus.

Untuk mem-back up data tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Setidaknya Anda masih bisa menyimpan sementara sebelum dipindahkan ke perangkat baru. Menariknya, untuk mem-back up atau menyimpan data ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi dari Google yang memang sudah terintegrasi di perangkat.

Berikut cara melakukan back up file di Android sebelum melakukan reset hp menggunakan aplikasi Google :

Back Up Foto

Ada beberapa cara untuk melakukan back up foto yang ada pada hp Anda. Cara pertama bisa memindahkan file foto ke laptop atau PC menggunakan kabel data. Anda bisa memilih foto yang akan dipindahkan atau foto yang ingin di hapus.  

Lalu cara kedua adalah memanfaatkan layanan berbasis awan atau cloud storage. Dari sekian banyak opsi, menggunakan layanan Google Photos menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Karena layanan ini sudah terintegrasi di sistem Android.

Hampir semua hp Android tentu sudah dilengkapi dengan layanan Google Photos. Sehingga memudahkan Anda saat ingin menyimpan foto tanpa harus menginstal terlebih dahulu. Tidak hanya  foto, Anda juga bisa menyimpan file video di Google Photos.

Kelebihan dari Google Photos memiliki sistem yang secara otomatis menyimpan dan memback-up foto ke layanan cloud. Kelebihan lain yang mungkin tidak ditawarkan layanan sejenis lain adalah ruang penyimpanan yang tidak terbatas (unlimited) untuk setingan ‘high quality’.   

Dimana Google Photos akan melakukan kompresi pada file foto untuk menghemat ruang penyimpanan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Google akan tetap menjaga detail foto meski ukuran file diperkecil.

Sepengetahuan kami, untuk foto yang tersimpan di Google Photos memiliki maksimal ukuran resolusi 16MP. Begitu juga dengan video, dimana video dalam format 4K akan di-resize menjadi resolusi FullHD 1080p.

Ada juga setingan ‘original quality’ yang memungkinkan Anda menyimpan file foto dalam ukuran besar sekalipun. Disini Anda bisa menyimpan foto dengan menggunakan resolusi kamera di atas 16MP atau video 4K tanpa adanya kompresi. Namun di pengaturan ini ruang penyimpanan dibatasi dengan kuota kurang dari 30GB.

Untuk menambahnya Anda bisa melakukan pembelian kuota dengan harga Rp26.900 per bulan untuk penambahan kuota 100GB dan Rp135.000 untuk kuota 1TB.

Back Up Musik

Anda tidak perlu melakukan back up lagu jika menggunakan aplikasi streaming music seperti Spotify. Cukup cari lagu favorit dari katalog Spotify yang memiliki jutaan koleksi. Anda bisa mendengarkan lagu tanpa menguras penyimpanan internal smartphone, atau bisa juga mengunduhnya untuk dimainkan offline. Hanya saja, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus berlangganan dengan biaya termurah Rp49.990.

Untuk opsi menyimpan file music tanpa berbayar, Anda bisa menggunakan layanan milik Google bernama Play Music. Aplikasi ini juga berbasis cloud yang memungkinkan Anda menyimpan hingga 50 ribu lagu dan bisa didengarkan secara streaming darimana pun.

Tapi untuk mengunggahnya ke cloud harus menggunakan PC atau laptop yang terinstal software Google Music Manager. Dengan demikian, Anda bisa mendengarkan lagu secara streaming tanpa harus mengurangi penyimpanan internal perangkat.

Back Up Dokumen

Untuk file dokumen yang tersimpan di hp, Anda bisa memanfaatkan layanan Google Drive. Sama seperti dua layanan Google di atas, Drive juga berbasis awan dan sudah terinstal di dalam sistem Android.

Anda bisa menyimpan atau berbagi (sharing) ke orang lain untuk melihat dokumen. Layanan ini menyediakan ruang penyimpanan gratis dengan kapasitas 15GB. Jika ingin memperbesar kapasitas, ada opsi berlangganan sebesar 100GB seharga Rp26.900 per bulan dan Rp135.000 per bulan untuk 1TB.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar