Diperbaharui pada Selasa, 14 September 2021 | 18:37

5 Cara Backup Data di Smartphone Android

Sebagian besar pengguna hp Android mungkin pernah melakukan reset hp ke pengaturan pabrik bila smartphone mengalami masalah seperti hang, error, atau ketika akan menjualnya kembali.

Dengan melakukan reset, seluruh data yang tersimpan di dalam smartphone tersebut juga otomatis akan terhapus. Artinya, kondisi smartphone telah kembali ke pengaturan awal selayaknya hp baru.

Nah, sebelum melakukan reset hp, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah melakukan backup data yang ada di hp Android. Jangan sampai file-file seperti foto, musik, video hingga dokumen penting yang tersimpan hilang atau terhapus.

Cara backup data pada smartphone Andorid dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa media penyimpanan yang tersedia secara online seperti Google Drive, Google Photos, Google Contact, dan sebagainya.

Berikut cara backup data smartphone Android termudah yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Backup Foto di Google Photos

Selain memindahkan file foto ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data, Anda juga bisa melakukannya dengan memanfaatkan platfrom penyimpanan foto seperti Google Photos.

Google Photos adalah layanan berbasis cloud storage yang paling kamei rekomendasikan, karena layanan penyimpanan ini sudah terintegrasi di sistem Android.

Hampir semua hp Android sudah dilengkapi dengan layanan Google Photos untuk memudahkan Anda saat ingin menyimpan foto tanpa harus menginstal aplikasi. Selain foto, Anda juga bisa menyimpan file video di Google Photos.

Beberapa kelebihan dari Google Photos diantaranya memiliki sistem yang secara otomatis akan menyimpan dan membackup foto dan video yang tersimpan di galeri hp, langsung ke layanan cloud.

Kelebihan lain yang mungkin tidak ditawarkan layanan sejenis lain adalah ruang penyimpanan yang tidak terbatas (unlimited) untuk pengaturan ‘high quality’.   

Pada pengaturan tersebut, Google Photos akan melakukan kompresi pada file foto untuk menghemat ruang penyimpanan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Google akan tetap menjaga detail foto meski ukuran file diperkecil.

Foto yang tersimpan di Google Photos memiliki maksimal ukuran resolusi 16 MP. Sementara untuk ukuran file video dalam format 4K, akan di-resize menjadi resolusi FullHD 1080p.

Ada juga pengaturan ‘original quality’ yang memungkinkan Anda menyimpan file foto dalam ukuran besar (ukuran asli). Foto dan video berukuran di atas 16 MP dan 4K, dapat diunggah tanpa kompresi.

Namun di pengaturan ini ruang penyimpanan dibatasi dengan kuota kurang dari 30 GB. Namun Anda bisa menambahkan kapasitas penyimpanan mulai dari 100 GB hingga 1 TB dengan melakukan pembelian.

2. Backup Musik di Spotify dan Youtube Music

Spotify adalah media streaming musik dengan berbagai macam lagu yang tersedia di katalognya. Layanan ini dapat diakses secara gratis dengan iklan, atau berbagai untuk mendapatkan fitur-fitur premiumnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Spotify adalah, Anda bisa menyimpan dan mendengarkan lagu tanpa menguras ruang penyimpanan internal pada smartphone. Lagu-lagunya juga bisa diunduh untuk dimainkan secara offline.

Selain Spotify, Anda juga bisa menggunakan layanan Youtube Music yang kurang lebih memiliki fungsi dan fitur yang serupa dengan Spotify.

Melalui layanan Youtube Music, Anda bisa menyimpan dan mendengarkan berbagai musik tanpa harus menggunakan memori internal pada smartphone, karena seluruh perpustakaan musiknya berbasis streaming.

3. Backup Dokumen di Google Drive

Jika file yang tersimpan di dalam smartphone sangat banyak, dengan berbagai format dan jenis file, maka Anda dapat menggunakan layanan Google Drive untuk melakukan backup pada file-file tersebut.

Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang sudah menjadi layanan standar pada smartphone dengan sistem operasi Android, dan pada umumnya sudah terinstal secara otomatis.

Anda bisa menyimpan atau berbagi (sharing) file dan dokumen ke orang lain dengan mudah, hanya melalui tautan yang bisa diatur aksesnya untuk menjaga privasi dan keamanan.

4. Backup SMS di Messages

cara backup data di hp android

Bagi Anda yang masih berkomunikasi menggunakan SMS, aplikasi Messages buatan Google dapat digunakan untuk backup berbagai pesan singkat SMS di smartphone.

Aplikasi ini bekerja dengan cara menduplikasi aplikasi SMS bawaan pada smartphone, dengan penambahan fitur-fitur yang tidak tersedia seperti blokir nomor,  mengenali SMS spam, dan sebagainya.

5. Backup Kontak di Google Contacts

cara backup file di hp android

Aplikasi Google Contacts dibuat sebagai platform untuk menyimpan daftar kontak yang ada di smartphone. Cara kerja Google Contacts sangat mudah, cukup dengan mengimpor kontak pada hp.

Cara backup kontak di Google Contacts cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengakses menu pengaturan (Settings), lalu memilih 'Import'. Setelah itu, pilih sumber kontak yang ingin dibackup.

Pastikan akun Google Anda sudah terhubung, karena ini diperlukan untuk menyimpan daftar kontak yang telah Anda salin tersebut. Anda juga bisa memilih opsi 'Export', dan klik 'Export to .vcf file, lalu file dapat Anda tambahkan pada akun Google secara manual.

Itu lah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk backup data di smartphone Android. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

786 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.