Diperbaharui pada Jumat, 22 Januari 2021 | 13:01

Cara Setting FPS Maksimal di PC Buat Main PUBG

PUBG (PlayerUnknown’s Battleground) merupakan salah satu game FPS terbaik untuk PC saat ini. Game ini diakses jutaan pengguna tiap hari nya berdasarkan statisitk yang didapat dari STEAM.

Game yang mengusung konsep Battle royale ini mampu menarik para gamer di dunia di tengah sepinya gebrakan game FPS pada tahun 2017 lalu.

Walaupun saat itu PUBG masih berstatus Early Access, tapi jutaan gamer sudah terdaftar dan bersaing melalui platform STEAM. Namun yang menjadi kendala sampai saat ini adalah banyak gamer yang belum mendapatkan settingan yang pas untuk bermain PUBG.

Nah untuk itu Pricebook mau membagikan settingan PUBG paling pas untuk menaikkan FPS dan pengalaman bermain PUBG akan semakin smooth.

Setting Desktop

Jika kamu menggunakan GPU nVidia maka kamu wajib mengubah settingan GPU dengan mengikuti caranya di bawah ini.

  • Buka NVIDIA Control Panel dan pilih Manage 3D Settings
  • Buka Program Settings dan temukan TlsGame di menu pilihan. Jika tidak ada, kamu dapat add secara manual file TlsGame tersebut di folder kamu menginstall PUBG
  • Set Maximum pre-rendered frames ke angka 1
  • Set Monitor Technology ke G-SYNC
  • Set Power Management Mode ke Prefer maximum performance
  • Set Multi-Display / Mixed-GPU Acceleration ke Single display performance mode
  • Matikan Vertical Sync
  • Aktifkan Threaded Optimization
  • Set Preferred Refresh Rate ke Highest available
  • Jika kamu menggunakan laptop, pastikan laptop kamu sudah di status best performance.

Setting in-game PUBG

Setelah kamu menerapkan setting untuk GPU NVIDIA, lanjut ke settings lalu ke graphics pada PUBG. Set semuanya ke Very Low dan View Distance ke Low.

Kamu juga bisa set Texture ke level medium atau bisa juga ke low agar performa PUBG kamu semakin smooth. Jangan lupa untuk set Screen Scale ke angka 100, disable Motion Blur dan V-SYNC. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar di bawah.

Setelah selesai mengatur setting pada graphics, beralih lah ke Gameplay Key Input Settings. Set Peek ke Toggle atay DoubleTap.

Karena menekan Q atau E saat menembak sambil bergerak itu sulit, ada baiknya kamu mengubahnya ke Toggle atau DoubleTap karena dapat membuat kamu lebih fokus pada saat bergerak dan membidik musuhmu.

Yang terakhir adalah merubah Gameplay UI Settings. Set Inventory screen character render ke Off. Ini dapat meningkatkan performa in-game PUBG.

Optimalkan Software dan Hapus Temporary file

Jika kamu punya RAM dan storage yang pas-pasan, ada baiknya kamu lakukan langkah-langkah berikut agar bermain PUBG semakin smooth.

Setting Discord untuk PUBG

Pasti banyak di antara kamu yang cari squad di Discord. Nah, ada settingan di Discord yang harus kamu optimalkan agar bermain PUBG semakin mulus.

  • Buka Discord, lalu buka User Settings
  • Buka Appearance tab dan uncheck Hardware Acceleration

Setting Google Chrome untuk PUBG

Sama seperti Discord, Google Chrome juga memakai “resource” yang sebenarnya bisa dialokasikan ke PUBG. Nah, gunakan setting di bawah ini agar bermain PUBG semakin lancar.

  • Buka Google Chrome dan buka Settings
  • Scroll ke bawah dan pilih tab Advanced
  • Scroll lagi ke bawah sampai kamu temukan Use hardware acceleration when available. Pastikan opsi itu mati / disabled
  • Exit dari program Google Chrome

Hapus Temporary Files

Nah ini untuk kamu yang punya banyak aplikasi dan rajin download. Banyak aplikasi yang meninggalkan file sampah yang tidak bisa terhapus secara otomatis. Untuk menanggulanginya, kamu bisa menghapusnya sendiri.

Caranya, tekan tombol Windows+R lalu ketik %localappdata% lalu tekan enter. Kamu akan melihat banyak folder dan file sampah yang ada di PC atau desktop kamu.

Tekan Ctrl+A lalu Shift+Del untuk menghapus semua file sampah tersebut. Pada laptop penulis, file sampah yang mengendap adalah lebih dari 10GB. Banyak sekali bukan?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.