Tips Memotret Foto Low Light di Samsung Galaxy A6 dan A6+

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 9 Mei 2018 | 03:30

Samsung Galaxy A6
Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6+ adalah kemampuan Low Light yang setara dengan kamera hp premium Samsung dan lebih baik dibanding hp lain di kelasnya. Bahkan pada Samsung Galaxy A6+ sudah dilengkapi fitur dual kamera belakang dengan konfigurasi resolusi 16MP + 5 MP. Untuk sensor 16MP di dukung aperture f/1.7 dan sensor 5MP memiliki aperture f/1.9.   

Dual kamera belakang ini termasuk salah satu perbedaan antara Samsung A6 dan A6+. Dimana turut ditopang fitur Live Focus menghasilkan foto bokeh dalam satu langkah, bahkan dapat diedit saat mengambil gambar atau sesudahnya. Kemampuan ini diungkapkan Bill Satya, seorang fotografer yang menekuni passion-nya di bidang street photography.

“Yang paling menarik dari fitur dual kamera Galaxy A6+ adalah kita bisa mengambil objek foto dan mengatur tingkat bokeh sesuai dengan yang kita inginkan. Selain itu kamera pada Galaxy A6+ juga memungkinkan kita untuk bisa memilih mode otomatis atau manual sehingga bisa berkreasi sesuai dengan tone foto yang kita inginkan,” jelas Bill. 

Samsung Galaxy A6Ia juga menambahkan, untuk street photography, kamera Galaxy A6 atau A6+ memiliki teknologi dan fitur sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu bagaimana dengan hasil foto Low Light yang dimiliki Samsung A6 dan A6+?

Menurut Bill Satya, kamera Galaxy A6 dan A6+ memberi kepraktisan saat memotret Low Light. Cukup arahkan fokus pada objek yang akan difoto, lalu sentuh dan aktifkan shutter dengan beberapa cara sesuai kebutuhan, seperti :

  • sentuh tombol shutter pada layaryang umum dilakukan
  • menggunakan floating camera button, untuk menempatkan tombol shutter pada layar sesuai posisi yang kita ingingkan
  • menekan tombol volume untuk mengaktifkan shutter 

Fitur Low Light sendiri tidak hanya bisa difungsikan untuk memotret di malam hari saja. Namun fitur Low Light juga bisa digunakan untuk kondisi minim cahaya di siang hari, bahkan sangat mungkin digunakan untuk mengambil foto pemandangan, atau close-up objek sekalipun. 

Tips Memotret Foto Low Light

Bill SatyaBill Satya memberi tips memotret Low Light di Samsung A6 dan A6+

Untuk mendapatkan konten foto yang maksimal sesuai dengan hasil yang diinginkan, bisa dilakukan dengan mengatur Low Light secara manual. Pilih sendiri Aperture, ISO, dan White Balance sesuai dengan tone foto yang diinginkan.

Low Light photography adalah pemotretan yang dilakukan dalam kondisi minim cahaya. Dengan demikian, kecepatan rana (shutter speed) yang diperlukan biasanya lebih lambat daripada kecepatan yang biasanya diafragma yang diperlukan pun kadang sangat besar (misalnya 2,0-1.8) untuk mendapatkan kecepatan rana memadai. Demikian pula ISO yang dipakai umumnya minimal ISO 400. 

Pemotretan Low Light yang sangat praktis, dengan hasil yang dapat membuat konten kita dilihat banyak orang. Selain menggunakan fungsi auto, berikut tips memotret foto Low Light dengan menggunakan mode ‘Pro’ ala Bill Satya di Samsung Galaxy A6 dan A6+ :

  • Gunakan fitur manual (mode ‘Pro’) pada Galaxy A6|A6+
  • Apabila gemar memotret landscape gunakan tripod tambahan agar waktu pengambilan gambar lebih stabil
  • Gunakan ukuran aperture sebesar mungkin
  • Gunakan ISO semaksimal mungkin
  • Setting white balance sesuai dengan kondisi spot foto

Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Komentar