Diperbaharui pada Selasa, 17 November 2020 | 11:38

Cara Screenshot di Laptop Hanya dengan 1 Tombol

Oleh Nur Abdillah

cara screenshot di laptop
Bagi kamu yang sudah sering menggunakan laptop atau PC, kegiatan screenshot layar mungkin bukan lagi hal baru. Screenshot dilakukan untuk berbagai macam keperluan.

Masalahnya, apakah semua orang tahu cara screenshot di PC atau cara screenshot di laptop?

Screenshot sendiri adalah gambar dari hasil tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk bahan presentasi atau sekedar meng-copy untuk dibagikan ke orang lain.

Fitur screenshot sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang tersedia di pasaran.

Walau sangat mudah dilakukan, nyatanya masih ada sebagian dari kamu yang masih belum tahu bagaimana cara screenshot laptop atau PC Windows.

Untuk melakukannya, kamu cukup mengikuti salah satu tutorial di bawah ini.

Cara Screenshot di Laptop dengan 1 Tombol

Salah satu cara screenshot di laptop yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol ‘prt sc’. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot dengan menggunakan 1 tombol :

1. Siapkan tampilan layar yang akan di screenshot

Cara Screenshot di Laptop
2. Tekan tombol 'Prt Sc' pada keyboard (biasanya ada di deretan paling atas)

Cara Screenshot di Laptop
3. Buka aplikasi 'Paint' bawaan Windows lalu tekan menu 'paste' atau tekan 'ctrl + v' atau dengan 'klik kanan lalu pilih paste'

Cara Screenshot di Laptop
4. Hasil screenshot akan langsung terlihat di paint lalu simpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG

Cara Screenshot di Laptop
Tidak hanya dengan menggunakan paint saja, kita juga masih bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.

Yang harus diperhatikan, tidak semua laptop bisa melakukan cara screenshot di atas. Karena ada juga yang harus mengombinasikan tombol Prt Sc dengan tombol lainnya.

Untuk cara lainnya bisa lihat di tutorial dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop Windows Lainnya

Setiap laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10, memiliki cara dasar yang sama dalam melakukan screenshot.

Walau begitu, setiap sistem operasi juga punya cara lain yang berbeda. Berikut ini cara screenshot di laptop Windows : 

1. Menggunakan Tombol Windows + Prt Sc

Cara sceenshot layar laptop yang pertama ini sudah dilakukan mulai dari Windows XP eksis. Walau sudah tidak diupdate lagi, cara screenshot di laptop pada Windows XP ini masih dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

Untuk melakukannya sangatlah mudah :

  • Tekan Logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau PC akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.
  • Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots. 

2. Menggunakan Tombol Alt + Prt Sc

Cara screenshot ini juga bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya. Di mana kamu cukup menekan tombol alt + Prt Sc.

Setelah itu buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mempaste screenshot yang telah diambil tadi. Selain tombol, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan di hasilnya. Di mana hanya jendela aktif saja yang akan di capture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

3. Menggunakan Tombol Windows + H

Cara screenshot ini adalah metode screenshot baru yang pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows 10. Metode ini sebenarnya lebih ditujukan untuk berbagai hasil tangkapan layar yang kita lakukan melalui akun media sosial yang terhubung dengan laptop kita.

Untuk melakukannya, cukup dengan menekan tombol Windows dan huruf H pada keyboard laptop, lalu laptop akan membuka Windows Share Toolbar secara otomatis dimana kita akan ditanya kemana file hasil screenshot tersebut akan dikirimkan.

4. Menggunakan Snipping Tool

Pada sistem operasi Windows baru, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk melakukan screenshot dan membuat anotasinya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu membukanya dengan cara memanggil melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan ketik 'snipping tool'.

Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Setelah itu kamu bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang bila merasa tidak puas.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista.

5. Menggunakan Tombol Windows + Volume Down

Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, karena cukup hanya dengan menekan tombol Windows yang dibarengi dengan tombol Volume Down saja.

Untuk mencari gambar yang telah discreenshot, kita bisa menemukannya pada folder Screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis. 

Itulah cara screenshot di laptop yang termudah dan cepat dilakukan. Sebenarnya semua cara screenshot di laptop yang kami sebutkan di atas sudah sangat lumrah dilakukan, tinggal kamu mau memilih melakukan cara yang mana. Selamat mencoba!

Like us!

Komentar

Niken Swastika 11 October 2019 - 08:34
Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://jos.co.id/ sukses selalu :)
Melda Research 10 August 2020 - 14:16
It is important for healthcare assignment writing service seekers to find the best Nursing Healthcare Writing Services from a reputable nursing healthcare coursework writing service provider for their custom healthcare writing services. https://www.meldaresearch.com/nursing-healthcare-writing-services/