Diperbaharui pada Rabu, 7 Februari 2024 | 09:29

11 Cara Screenshot di Komputer dan Laptop Paling Mudah

cara screenshot laptopFoto: Pixabay

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan laptop atau komputer, aktivitas screenshot atau tangkapan layar, mungkin bukan lagi hal baru. Screenshot yang biasa disingkat ss, sering dilakukan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari lampiran dalam laporan, hingga kebutuhan presentasi.

Selain itu, hasil screenshot juga sering disebarkan melalui jejaringan sosial atau aplikasi chat seperti WhatsApp dan Telegram. Pada laptop dan desktop PC, fitur screenshot sudah menjadi bawaan pada sistem operasi yang digunakan. Namun, tersedia juga aplikasi pihak ketiga yang gratis dan berbayar.

Meski melakukan screenshot adalah hal yang umum, namun masih ada orang yang tidak tahu bagaimana cara screenshot di laptop dan komputer. Bagi sebagian orang screenshot di laptop lebih sulit dari melakukannya di layar smartphone.

Pada artikel ini, kami menjabarkan berbagai cara screenshot di komputer dan laptop yang mudah untuk dilakukan, dan hanya membutuhkan waktu tidak sampai 5 menit.

Cara Screenshot di Komputer dan Laptop

Secara umum, setiap perangkat laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, hingga Windows 11, memiliki cara yang sama dalam melakukan screenshot.

Walau begitu, semakin baru sistem operasi Windows tersebut, maka ada beberapa cara berbeda juga yang ditambahkan atau dirubah untuk melakukan screenshot layar. Perbedaan ini lah yang biasanya tidak bisa dilakukan pada sistem operasi yang lebih lama. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini cara screenshot di laptop Windows.

1. Screenshot di Laptop dengan Tombol PrintScreen

Salah satu cara screenshot di laptop dengan 1 tombol yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc). Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot dengan menggunakan satu tombol. Pertama, siapkan tampilan layar yang akan discreenshot.

Cara Screenshot Laptop
Selanjutnya, tekan tombol 'Prt Sc' pada keyboard. Tombol ini biasanya ada di paling atas keyboard laptop, dan pada umumnya, posisi tombol ini ada di deretan pojok kanan atas.

Cara Screenshot Laptop
Setelah itu, buka aplikasi 'Paint' bawaan Windows, lalu tekan menu 'paste' atau tekan 'ctrl + v'. Anda juga bisa melakukan ini dengan klik kanan pada mouse atau mouse pad, lalu pilih paste.

Cara Screenshot Laptop
Hasil screenshot layar laptop atau komputer akan langsung terlihat di aplikasi Paint, selanjutnya, Anda dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda juga dapat memilih format gambar lainnya sesuai kebutuhan, misalnya PNG.

Cara Screenshot Laptop
Selain menggunakan Paint, Anda juga bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.

Yang harus diperhatikan dari cara ss di laptop ini adalah, tidak semua laptop bisa melakukan cara screenshot di atas. Karena ada juga yang harus dilakukan dengan mengombinasikan tombol Prt Sc dengan tombol lainnya.

2. Menggunakan Tombol Windows + Prt Sc

Cara screenshot di laptop ini sudah dapat diterapkan mulai dari Windows XP, dan walau OS tersebut sudah tidak update lagi, namun cara melakukannya masih dapat diterapkan di OS Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11.

Cara screenshot di laptop Windows:

  • Tekan logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau komputer akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.
  • Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Menggunakan Snip & Sketch

cara screenshot laptop

Cara screenshot di komputer dan laptop menggunakan Snip & Sketch cukup mudah. Kita hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S. Setelah selesai, akan muncul jendela baru, tempat layar yang ditangkap muncul.

Untuk melakukan screenshot di komputer, cukup gerakkan kursor bersimbol '+' dan letakkan pada bagian layar laptop atau komputer yang ingin disimpan. Metode ini mirip dengan ketika kita ingin memotong (crop) gambar.

Bagian layar yang terekam, akan berubah warna menjadi terang, dan setelah selesai, hasil screenshot akan muncul pada sudut kanan bawah layar laptop atau komputer.

Pilih untuk melihat hasil screenshot pada clipboard, dan mengedit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screenshot dan memilih folder tempat menyimpannya.

4. Menggunakan Snipping Tool

Pada sistem operasi Windows, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk melakukan screenshot di komputer dan membuat anotasinya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membukanya dengan cara memanggil melalui Cortana (Windows 10 dan Windows 11) atau klik Start dan ketik 'snipping tool'.

Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Setelah itu Anda bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang bila merasa tidak puas.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan menjadi cara ss di laptop dan komputer yang paling mudah untuk dilakukan.

5. Menggunakan Tombol Windows + G

cara screenshot laptop

Cara screenshot di laptop juga bisa dilakukan melalui game bar, dengan cara menekan tombol Windows dan 'G'. Setelah tombol ditekan, akan muncul tampilan game bar, dimana Anda bisa memilih 'Capture' untuk menangkap layar laptop.

Selain dapat melakukan screenshot di laptop dan komputer, game bar juga dapat digunakan untuk merekam layar, dan melakukan live streaming ketika bermain gim.

Cara screenshot layar laptop dan komputer menggunakan metode ini juga cukup mudah. Setelah Anda menekan tombol Windows + G, maka akan muncul jendela baru. Pilih ikon bergambar kamera untuk melakukan screenshot.

Hasil screenshot akan muncul pada jendela 'Gallery' dan Anda bisa membukanya dengan cara klik tombol 'Open File Location' yang tertetak pada pojok kanan bawah.

Hal menarik dari metode ini, selain bisa melakukan screenshot layar laptop dan komputer, Anda juga bisa membagikan hasil screenshot ke Twitter, menyimpannya dalam clipboard, bahkan membuat meme untuk diunggah ke internet.

6. Menggunakan Tombol Alt + Prt Sc

Screenshot ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya, Anda cukup menekan tombol alt + Prt Sc.

Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mem-paste hasil screenshot yang telah diambil. Selain tombol yang berbeda, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan pada hasilnya.

Perbedaan terlihat pada hasil screenshot, dimana hanya jendela aktif saja yang akan dicapture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

7. Menggunakan Tombol Windows + Volume Down

Cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara untuk melakukan screenshot pada perangkat ini sangat mudah, karena cukup hanya dengan menekan tombol Windows yang dibarengi dengan tombol Volume Down saja.

Untuk mencari gambar yang telah discreenshot, kita bisa menemukannya pada folder screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

8. Menggunakan Tools Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk screenshot di laptop ini juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tools atau aplikasi screenshot yang bayak tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Beberapa tools rekomendasi kami diantaranya adalah Screenrec, Lightshot, Greenshot, dan ShareX. Selain dari empat tools tersebut tentunya masih banyak lagi yang bisa Anda temukan. Pastikan saja itu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Screenshot di MacBook Mac OS

Bagi Anda yang menggunakan laptop MacBook atau komputer Apple dengan sistem operasi Mac OS, cara untuk melakukan screenshot yang bisa dilakukan, agak sedikit berbeda dari sistem operasi Windows.

Terdapat tiga cara untuk melakukan screenshot di MacBook Mac OS. Ketiga cara ini menggunakan kombinasi tombol dan sangat mudah untuk dilakukan. Berikut caranya.

1. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4

Cara screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol Shift + Command + 4 sangat mudah, Anda hanya perlu melakukannya secara berurutan. Hal yang perlu Anda perhatikan, cara ini tidak melakukan screenshot layar secara penuh.

Setelah kombinasi tombol Anda tekan, maka Anda perlu menggerakkan kursor untuk memilih area pada layar yang ingin disimpan. Lakukan hal ini dengan menahan bar spasi, lalu tarik kursor untuk memilih area yang diinginkan.

2. Menggunakan Tombol Shift + Command + 3

Bila Anda ingin menangkap dan menyimpan layar MacBook secara penuh, maka kombinasi tombol yang perlu Anda lakukan adalah Shift + Command + 3. Cara ini akan merekam seluruh layar.

Untuk mengedit hasil tangkapan layarnya, Anda hanya perlu klik pada gambar mini yang muncul di sudut layar MacBook. Namun bila Anda tidak ingin ngeeditnya, maka bisa membiarkannya saja dan screenshot akan tersimpan.

3. Menggunakan Tombol Shift + Command + 4 + Bar Spasi

Cara ketiga untuk screenshot latar MacBook ini mirip sekali dengan cara pertama, karena menggunakan kombinasi tombol yang sama, namun dengan tambahan klik tombol Bar Spasi.

Itulah 11 cara screenshot di komputer, laptop, dan MacBook menggunakan berbagai metode. Semua cara screenshot laptop yang kami sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat umum sekali, namun memang masih ada beberapa orang yang belum tahu.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kini tinggal memilih saja untuk melakukan cara mana yang menurut Anda paling mudah. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1483 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.