Cara Bikin Internet Ngebut, Anti Lelet

Oleh Imam Ali updated Jumat, 10 Jul 2020 | 12:45

Work from Home atau disingkat WFH kini sudah berubah menjadi New Normal, beberapa perusahaan menerapkan sistem berbeda. Mulai dari shift 1 dan 2, atau sebagian bekerja di rumah dan sebagian lainnya bekerja di kantor.

Namun meski demikan, kedua model cara kerja tersebut sama-sama membutuhkan sambungan internet yang lancar. Sebab, hampir semua kegiatan dan pekerjaan, harus terhubung ke jaringan internet.

Terlebih bila kantor mewajibkan untuk tersambung dengan webcam. Tapi, masalah muncul ketika koneksi lemot, dan kita butuh cara mempercepat koneksi internet agar semua aktivitas kerja nyaman.

Karena bagi yang masih work from home serta masih berada dimasa pandemi Covid 19 saat ini, bergantung sekali dengan internet, pekerjaan di kantor yang harus dikerjakan di rumah, akan terhambat bila jaringan internet kita tidak bagus.

Di sini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara mempercepat koneksi internet, terutama untuk perangkat komputer dan laptop secara mudah.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer

Ada banyak cara untuk mempercepat koneksi internet di komputer kamu. Namun, kami hanya memberikan informasi cara mempercepat koneksi internet tanpa menambahkan aplikasi apapun.

Jadi lebih aman dan mudah dilakukan:

1. Cek Dulu Kecepatan Internet Kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kecepatan koneksi internet internet di tempat kamu berada. Untuk melakukan ini, kamu bisa menggunakan situs speedtest.net, di sana kamu bisa mengecek berapa sebenarnya kecepatan koneksi internet yang kamu dapatkan.

Cek apakah kecepatan yang kamu dapat sesuai dengan penawaran yang diberikan atau tidak. Misalnya, kamu menggunakan layanan provider internet X dengan paket 10MB/s.

Maka kamu seharusnya berhak mendapatkan kecepatan sesuai dengan nilai yang ditawarkan tersebut, yakni 10MB/s. Jika ternyata setelah diperiksa kecepatannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kamu bisa melakukan komplain atau menanyakan kepada call center provider internet mengenai penyebab lambatnya koneksi internet di tempat kamu.

2. Ganti Provider Internet

Image via IniMedia.co.id

Ganti provider internet tidak selalu harus disebabkan oleh layanan yang buruk, terkadang ada kondisi tertentu yang menyebabkan kita harus melakukannya. Misalnya begini, saat ini kamu menggunakan provider X untuk internetan di rumah.

Tapi, entah kenapa kecepatan internet dari provider X di rumah kamu sangat lambat, padahal teman kamu yang menggunakan provider sama di daerah lain malah mendapatkan kecepatan internet yang jauh lebih baik dari kamu.

Kenapa bisa begitu? Hal ini bisa terjadi karena lokasi kamu dan teman yang menggunakan provider X berbeda. Bisa jadi lokasi rumah teman kamu lebih dekat dengan pemancar sinyal provider X daripada lokasi rumah kamu.

Karena itu, kamu disarankan untuk mengganti provider X ke provider lain yang mungkin cocok dengan lokasi rumah. Untuk masalah kecepatan koneksi, itu sepenuhnya terserah kamu.

Namun pastikan dulu koneksi provider internet yang kamu pilih itu bagus di tempat kamu berada.

3. Cek Aplikasi dan Program yang Memakan Koneksi Internet

Salah satu penyebab koneksi internet menjadi lambat adalah karena banyaknya aplikasi atau program yang berjalan tanpa kamu ketahui.

Hal ini membuat kamu sendiri tidak mengetahui bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memakan cukup banyak data internet. Untuk mengeceknya, ada beberapa cara yang mesti kamu lakukan:

  • Pencet tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard kamu secara bersamaan. Itu adalah shortcut untuk membuka layanan task manager. Jika tetap ingin melakukan pencarian task manager sendiri maka kamu bisa melakukannya melalui menu start.
  • Setelah task manager berhasil dibuka, maka pilih menu Performance. Kemudian klik Open Resource Monitor yang ada di bawah task manager.
  • Kemudian pilih Network supaya kamu bisa melihat aplikasi-aplikasi yang ikut mengkonsumi data internet. Semakin banyak aplikasi yang mengkonsumsi data internet kamu, maka semakin lambat pula akses internet yang dimiliki. Jika kamu berlangganan paket internet premium atau terbaik, mungkin masalah aplikasi penyedot data internet ini tidak menjadi masalah, tapi jika koneksi yang kamu miliki kecil, maka hal ini bisa menyulitkan kamu.

4. Berhenti Download

Cara mempercepat koneksi internet di komputer berikutnya adalah berhenti melakukan download. Jika kamu sedang mendownload file sambil melakukan browsing secara bersamaan, lalu efeknya koneksi internet menjadi lambat.

Sebenarnya itu wajar terjadi. Kenapa? Karena ketika kamu sedang mendownload file, terutama dalam ukuran besar, maka koneksi internet kamu akan dibagi dan lebih banyak dimakan oleh aktivitas download yang dilakukan.

Untuk itu, ketahui dulu prioritas kamu pada saat menggunakan internet. Jika ingin mengerjakan suatu pekerjaan, maka aktivitas download lebih baik ditunda dulu sampai pekerjaan kamu selesai.

5. Scan Computer Agar Bersih dari Virus dan Malware

Keberadaan malware dan virus dalam komputer kamu tidak hanya akan memperlambat kinerjanya saja, lebih dari itu, koneksi internet kamu juga akan ikut diperlambat. Terlebih lagi jika komputer kamu terinfeksi adware.

Bila komputer atau laptop kamu terkena adware pada saat sedang browsing atau menjalankan aplikasi, biasanya tiba-tiba muncul iklan yang biasanya berupa video atau iframe.

Jenis-jenis iklan tersebut akan menguras banyak koneksi internet. Maka dari itu, pastikan melakukan scanning pada komputer secara berkala. Kalau perlu, pasang antivus untuk menangkal masalah ini.

6. FUP Kamu Sudah Habis

Ini yang sering tidak diperhatikan oleh orang-orang yang menggunakan provider internet. Kami beri gambaran begini, kamu adalah pelanggan provider internet X dengan kecepatan koneksi 10MB/s, tapi kamu mendapatkan FUP sebesar 50GB.

Jika di akhir atau tengan bulan kecepatan internet tiba-tiba menjadi lambat, bisa jadi ini terjadi akibat kamu sudah menggunakan interent melebihi batas FUP yang telah ditetapkan oleh pihak provider X.

FUP sendiri bisa dibilang sama seperti kuota internet, jika FUP anda sudah mencapai 50GB, maka kecepatan internet kamu yang awalnya 10MB/s akan diturunkan kecepatannya sesuai dengan ketentuan si provider.

Karena itu, sebelum berlangganan jaringan internet, kamu harus pastikan dulu FUP dari provider internet kamu. Jangan sampai kamu malah keenakan memakai internet tapi tidak memperhatikan hal ini.

7. Jika FUP Utuh Tapi Koneksi Lambat, Hubungi Provider

Jika FUP kamu ternyata masih utuh namun koneksi internet masih sangat lambat, berarti masalahnya bukan pada koneksi internet. Bisa jadi masalah terjadi karena kerusakan pada modem, kabel jaringan, atau masalah yang datangnya langsung dari pusat.

Tidak perlu sungkan untuk melapor adanya gangguan ini, karena ini adalah hak kamu sebagai konsumen. Setelah melaporkan masalah yang kamu alami, pihak provider akan mengirimkan teknisinya dalam waktu maksimal 3 atau 4 hari kerja untuk melakukan perbaikan.

8. Naikkan Kecepatan Koneksi Internet Kamu

Lambatnya koneksi internet tidak selalu terjadi akibat buruknya layanan dari provider yang buru. Bisa jadi karena kecepatan yang kita dapatkan tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang ada.

Contohnya, kamu menggunakan internet dari provider X dengan kecepatan 10MB/s. Tapi ternyata pengguna internet di rumah kamu sangat banyak sampai internet selalu lemot.

Lalu kamu bisa meminta upgrade speed internet kepada provider menjadi 20MB/s. Dengan begitu koneksi internet akan menjadi kembali cepat karena bisa mengakomodir jumlah pengguna yang ada.

9. Pakai Browser Versi Terbaru

Cara mempercepat koneksi internet berikutnya adalah dengan memastikan browser yang kamu gunakan merupakan versi yang terbaru. Sebenarnya hal ini tidak memberikan dampat besar.

Tapi dengan menggunakan versi baru, segala macam bug dan error yang ada di browser versi lama sudah diperbaiki oleh si pengembang. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kecepatan kita browsing internet.

Tentu performa browser versi terbaru akan jauh lebih baik dari versi lama. Maka dari itu, perbarui browser yang kamu gunakan untuk memperbaiki masalah koneksi internet kamu.

Jika kamu ingin mengetahui versi browser yang kamu gunakan ataupun langsung memperbaruinya. Lakukan dengan cara sebagai berikut di Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Google Chrome

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Klik ikon menu (simbol 3 titik) yang berada di pojok kanan atas Google Chrome
  3. Kamu pilih menu Help lalu klik About Google Chrome.
  4. Bila Google Chrome kamu sudah menggunakan versi terbaru. Maka secara otomatis Google Chrome akan memunculkan tulisan "Google Chrome is up to date". Bila ternyata tidak update, Chrome akan melakukan update secara otomatis.

Mozilla Firefox

  1. Buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop kamu
  2. klik kanan ikon menu (simbol 3 garis) yang terletak di pojok kanan atas Mozilla Firefox.
  3. Klik simbol tanda tanya yang berada di bawah menu.
  4. Bila Mozilla Firefox kamu sudah menggunakan versi terbaru. Maka secara otomatis Google Chrome akan memunculkan tulisan "Firefox is up to date". Bila ternyata tidak update, segera lakukan update.

10. Hapus History Browsing di Browser Kamu

Menghapus history browser tidak selalu berkaitan dengan menjaga privacy browsing yang kita lakukan dari orang lain. Lebih jauh dari itu, hal ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet.

Karena menghapus history browsing juga berfungsi untuk memperingan kinerja browser. Semakin banyak history browsing yang kamu simpan, maka semakin berat pula kinerja browser kamu, padahal koneksi internet tidak ada masalah.

Bila ingin menghapus riwayat browsing pada browser kamu, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut di Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Google Chrome

  1. Buka browser Google Chrome di komputer atau laptop kamu
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del untuk langsung masuk ke halaman Clear Browsing Data
  3. Centang semua opsi yang dimunculkan, kemudian pada kolom Clear the Following Items From, pilih The Beginning of Time.
  4. Klik Clear Browsing Data untuk menghapus semua history browsing.

Mozilla Firefox

  1. Buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop kamu
  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + Del untuk langsung masuk ke halaman Clear All History
  3. Centang semua opsi yang dimunculkan, kemudian pada kolom Clear All History, pilih Everything.
  4. Klik Clear Now untuk menghapus semua history browsing.

11. Batasi Pengguna Wifi Kamu

Untuk cara mempercepat koneksi internet yang satu ini, itu tergantung kamu, apakah mau melakukannya atau tidak. Tapi kalau ditanya, apakah harus melakukannya atau tidak? Kami berpendapat sebaiknya ini dilakukan.

Membatasi bukan berarti pelit, terkadang kita membutuhkan koneksi internet yang baik supaya kita bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan tenang dan cepat.

Jika internet dipakai bareng-bareng tanpa dibatasi, yang ada kita malah rugi, karena koneksi menjadi lemot dan akan ada banyak pekerjaan tertunda.

Untuk informasi, semakin banyak pengguna yang terhubung pada suatu jaringan internet, dalam hal ini Wifi, maka semakin besar pula penggunaan bandwidth-nya.

Hal ini menyebabkan koneksi internet menjadi lebih lambat karena harus dibagi-bagi kepada banyak client. Mungkin jika kamu menggunakan koneksi 100MB/s, hal ini tidak akan teras.

Tapi jika hanya menggunakan koneksi 10MB/s, tentu efeknya akan sangat terasa jika dipakai banyak orang.

12. Posisikan Diri di Dekat Modem

Jika kamu berada di lokasi yang jauh dari modem, maka sinyal internet yang kamu dapat akan semakin lemah. Karena itu, pastikan jarak antara kamu dan modem dekat.

Jika kamu memasang wifi, pastikan peletakkan modemnya tidak dilakukan di lokasi yang terdapat banyak penghalang seperti dinding.

13. Ganti Modem Lama Dengan yang Lebih Baru

Salah satu penyebab lemotnya koneksi internet yang lain adalah karena kunonya modem yang kamu gunakan. Jika memiliki dana lebih, lebih baik kamu membeli modem baru yang memiliki spesifikasi lebih baik.

Sebagai saran, pilih modem yang sudah mendukung frekuensi 4G LTE, karena saat ini sudah ada banyak daerah yang sudah tercover jaringan LTE.

Tapi, jika modem itu ternyata berasal dari provider internet, hubungi pihak provider untuk meminta pergantian modem ke model terbaru.

Hal ini disebabkan modem yang mereka gunakan sudah disetting dengan menggunakan jaringan mereka. Jadi, jangan asal mengganti ya!

14. Pakai Repeater Jika Perlu

Tidak semua tempat di rumah kamu bisa dijangkau oleh modem. Jika kamu tinggal di rumah yang cukup besar, biasanya akan ada tempat tertentu yang tidak mendapat jaringan internet karena keterbatasan jangkauan modem.

Contohnya, modem ditaruh di lantai 1, efeknya jaringan internet di lantai 2 rumah sangat lambar. Karena itu, diperlukan perangkat tambahan untuk membuat jaringan internet di lantai 2 berjalan baik. Masalahnya, tidak mudah untuk menambah modem guna mengatasi hal ini.

Salah satu cara mempercepat koneksi internet akibat masalah ini adalah dengan menggunakan repeter. Repeater sendiri adalah alat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi yang dipancarkan modem.

Cara kerja repeater adalah dengan menerima sinyal dari modem, kemudian sinyal itu akan dipancarkan kembali sekaligus diperkuat agar komputer atau laptop kamu terhubung dengan baik pada sinyal wifi.

15. Ubah DNS

Cara memperkuat koneksi internet yang satu ini cukup kuno, tapi masih banyak orang yang melakukannya. Mengubah DNS pada komputer adalah untuk membuat koneksi internet yang kamu gunakan menjadi lebih cepat, walaupun pada kenyataannya tidak terlalu signifikan.

Untuk DNS, umumnya kamu akan mendapatkan DNS default dari ISP provider yang kamu gunakan. Tapi, jika kamu ingin merubah DNS, kami sarankan untuk memakai DNS Google.

Karena DNS Google selama ini terkenal cepat dan responsif daripada DNS provider. Untuk menggunakan DNS Google, kamu perlu melakukan penyettingan ulang DNS yang dipakai di komputer atau laptop.

Mau tahu cara mengubah DNS menjadi DNS Google? Ini dua cara lengkapnya.

  1. Klik kanan ikon network atau internet access yang berada di bawah sebelah kanan komputer atan laptop. Selanjutnya pilih Open Network and Sharing Center.
  2. Klik connection atau koneksi internet kamu yang aktif, lalu pilih properties.
  3. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  4. Klik Use the following DNS server addresses, kemudian isi 8.8.8.8 pada kolom Preferred DNS server. Dan isi 8.8.4.4 pada kolom Alternate DNS server.
  5. Klik OK untuk menyelesaikan perubahan DNS.

Percepat Koneksi Internet Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Semua cara mempercepat koneksi internet yang kami berikan dijamin tanpa memerlukan aplikasi tambahan apapun, jadi lebih aman dilakukan.

Ketahui dulu penyebab lambatnya koneksi internet kamu, lalu aplikasikan cara mempercepat koneksi internet yang paling tepat sesuai dengan penyebab yang kamu temukan.

Nah, semoga pekerjaan di masa New Normal tidak terganggu, ya!

Artikel Terkait

Komentar