Diperbaharui pada Selasa, 22 Desember 2020 | 16:00

Cara Mengubah TV Biasa Jadi Smart TV Termudah!

Oleh Nur Abdillah

polytron play

Smart TV memang memungkinkan kita bisa menikmati beragam layanan berbasis internet, sebut saja streaming video hingga menjalankan aplikasi dan game seperti di perangkat hp.

Hanya saja, harga TV jenis ini masih cukup mahal di pasaran. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengubah TV LED biasa menjadi smart TV dengan cara yang mudah, yaitu menggunakan TV Box.

Apa sih TV Box? Perangkat ini merupakan sebuah decoder yang memiliki kemampuan untuk mengubah TV apa pun menjadi smart TV.

Dengan keberadaan fitur koneksi ke internet (melalui LAN atau Wifi) Anda bisa mengakses acara televisi, menonton siaran langsung olahraga dan film secara streaming.

Cara menyambungkan wifi ke TV biasa dari TV Box juga mudah. Asal sudah terkoneksi ke TV maka tinggal cari koneksi wifi yang tersedia. TV Box sendiri memiliki beberapa jenis sistem operasi, salah satunya adalah Android TV Box.

Sesuai namanya, Android TV Box ini berjalan dengan sistem operasi Android, sehingga Anda dapat menjalankan menu-menu layaknya di smartphone atau tablet melalui TV. Termasuk menjalankan berbagai aplikasi dan game.

Di Indonesia sendiri Android TV Box sudah mulai populer sejak dua tahun lalu sejak maraknya layanan streaming video, seperti Youtube, Netflix, iFlix dan sebagainya.

Selain konten video, Android TV Box ini dapat memutar musik dan menawarkan browser untuk menjelajah ke internet. Itu sebabnya Android TV Box menjadi opsi terbaik sebagai pengganti Smart TV.

polytron playTV LED biasa menjadi smart TV dengan Android TV Box

Bahkan harga TV Box ini jauh lebih murah dibanding membeli smart TV. Dan terpenting Anda tidak akan sulit mendapatkan Android tv box murah berkualitas.

Karena saat ini sudah tersedia berbagai merk Android TV box terbaik dengan pilihan yang bervariasi.

Selain itu, dengan memakai TV Box Android Anda akan mendapatkan banyak benefit, salah satunya adalah lebih menghemat keuangan dan tidak harus menjual perangkat TV LED lama.

Kelebihan lain dari Android TV Box adalah bisa mengubah TV LED lama Anda dengan cara yang sangat mudah. Anda cukup hubungkan perangkat Android TV Box ke TV LED menggunakan port yang disediakan.

Lalu sambungkan koneksi internet melalui perangkat dan Anda siap menikmati fitur yang ada di smart TV.

Cara Mengubah TV Biasa Menjadi Smart TV

1. Aktifkan Android TV Box

2. Koneksikan Android TV Box ke TV LED melalui port yang disediakan (HDMI dan lainnya)

3. Setelah terkoneksi, aktifkan jaringan internet melalui port LAN atau Wifi

4. TV LED Anda sudah menjadi smart TV

Yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda memiliki koneksi internet (bisa menggunakan LAN datau Wifi) yang stabil agar semua fitur dan menu bisa diakses.

Pilihan Android TV Box

Berikut daftar harga Android TV Box yang tersedia di pasaran : 

Nama Harga di Pasaran
MXQ R9 4k RK3229 Rp 230.000
MXQ Pro 4k S905 Rp 298.000
Xiaomi Hezi Mi Box Mini Rp 675.000
Xiaomi Hezi Mi Box 3 Pro Rp 899.000
Himedia M3 Rp 950.000
Polytron PDB-M11 Rp 999.900
Xiaomi Hezi Mi Box 3s Pro Rp 1.084.000
Minix Neo X6 Rp 1.275.000
Minix Neo U1 Rp 1.350.000
Minix Neo X7 Rp 1.885.980

Like us!

Komentar