Diperbaharui pada Jumat, 17 April 2020 | 17:50

Tips Menyimpan Buah dan Sayuran di Kulkas, 2X Lebih Segar

Oleh Imam Ali

Polytron Belleza 3
Pola hidup sehat semakin menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia masa kini. Salah satunya adalah tumbuhnya kesadaran untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Karena buah dan sayuran kaya akan phytochemicals, zat kimia yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh seperti betacarotene, lycopene dan juga polyphenols. Sehingga sangat penting untuk menjaga kesegarannya agar nutrisinya tidak berkurang.

Salah satu media penyimpanan yang umum digunakan untuk menyimpan buah dan sayuran adalah kulkas atau lemari es. Karena kulkas memiliki suhu yang sejuk dan dingin yang memang dibutuhkan buah dan sayuran. Untuk menyimpan buah dan sayuran di dalam kulkas, Anda bisa mengatur kulkas pada suhu antara 1-4 derajat celcius.

Hanya saja, banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum mengetahui bahwa cara menempatkan buah dan sayuran di dalam kulkas ternyata ada aturannya. Karena hal ini bisa mempengaruhi daya tahan atau keawetan buah dan sayuran itu sendiri. Meski terlihat sepele, namun menjaga kondisi buah dan sayuran tetap segar sangat diperlukan.

polytron belleza 3Buah dan sayuran harus ditempatkan terpisah

Berikut cara menyimpan buah dan sayuran di kulkas agar lebih awet dan tahan lama :

  • Jangan mencampur buah dan sayuran bersamaan, karena jika buah dan sayuran ditempatkan bersamaan akan mempercepat proses pembusukan makanan.
  • Usahakan sayur dan buah ditempatkan terpisah dari daging, hal ini sangat penting untuk mencegah buah dan sayuran terkontaminasi bakteri dari bahan makanan mentah.
  • Tidak perlu mencuci sayur dan buah, sebaiknya tidak perlu mencuci sayur dan buah saat akan menyimpan di dalam kulkas, karena akan membuat keduanya cepat membusuk.
  • Sayuran butuh udara, jangan menyimpan sayuran di rak kulkas yang tertutup karena dapat mempercepat proses pembusukan.
  • Buang makanan lama yang sudah tidak segar, karena aroma dari makanan yang sudah tidak segar atau busuk akan mencemari buah dan sayuran Anda. Jadi rajin-rajinlah membersihkan kulkas dari makanan yang sudah membusuk.
  • Pastikan tidak ada air tergenang di dalam kulkas, air yang menggenang di dalam kulkas akan mempercepat buah dan sayuran menjadi cepat membusuk.

Beberapa tips menyimpan buah dan sayuran di kulkas di atas bisa Anda lakukan agar lebih tahan lama dan tetap segar meski disimpan dalam waktu lama. Dan biasanya, tempat penyimpanan buah dan sayuran di dalam kulkas ada di posisi terbawah rak kulkas Anda. Hal ini bukan tanpa alasan karena posisi tersebut memiliki suhu dingin yang stabil.

Memilih Kulkas yang Bagus untuk Buah dan Sayuran

Polytron Belleza 3
Saat ini semua kulkas memiliki rak penyimpanan untuk buah atau sayuran tersendiri. Namun, hampir semua kulkas yang ada hanya menyediakan satu buah rak. Sehingga tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan buah dan sayuran secara terpisah. Lalu kulkas apakah yang bagus untuk menyimpan buah dan sayuran?

Dari sekian banyak perangkat lemari es yang ada dipasaran, kulkas Polytron menjadi salah satu yang cukup banyak digunakan masyarakat. Selain memiliki kualitas yang baik, kulkas Polytron juga dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah Polytron Belleza 3 yang memiliki fitur khusus untuk buah dan sayuran.

Fitur yang dimaksud adalah Shielded Moisture Compartment yang dijamin mampu menjaga kesegaran buah hingga 2x lebih lama di banding kulkas lainnya.

Fitur Shielded Moisture Compartment ini merupakan kompartemen yang dibuat tertutup rapat dengan menggunakan seal, sehingga mampu melindungi udara luar masuk.

Shielded Moisture CompartmentFitur Shielded Moisture Compartment di Polytron Belleza 3

Kompartemen ini dibuat khusus sebagai tempat penyimpanan buah-buahan. Dengan lapisan seal yang sangat rapat, buah-buahan dapat tersimpan lebih lama dan bisa mengurangi kerut karena kering.

Seal ini menutupi sekeliling kompartemen yang menjamin kerapatan. Sehingga Anda buah yang dimasukkan tidak akan terkontaminasi bakteri yang mungkin datang dari makanan lain di dalam kulkas.

Dari hasil uji penelitian Laboratorium Polytron menunjukkan bahwa kulkas Polytron 2 pintu ini mampu menjaga kesegaran dan kualitas gizi apel, pir, jeruk dan lemon, bahkan hingga dua minggu (14 hari). Jadi Anda tidak perlu khawatir buah-buahan akan kering atau busuk karena terlalu lama berada di dalam kulkas.

Menariknya, ukuran Shielded Moisture Compartment untuk buah ini juga cukup besar sehingga memungkinkan Anda memasukkan banyak buah-buahan segar untuk kebutuhan nutrisi keluarga. Yang lebih penting, Shielded Moisture Compartment khusus untuk buah ini terbuat dari bahan mika yang tebal transparan yang dijamin kokoh.

Humidity Control CrisperFitur Humidity Control Crisper agar sayuran tetap segar

Sedangkan untuk menyimpan sayuran agar tetap segar lebih lama, Polytron menyiapkan fitur Humidity Control Crisper yang mampu menjaga kelembaban sayur agar tetap segar dan tidak cepat mengering. Humidity Control Crisper juga merupakan sebuah kompartemen dengan rongga udara agar kelembaban di dalam crisper bisa diatur sehingga sayur tetap segar dan tidak cepat mengering.

Anda bisa menyimpan sayuran bayam atau lainnya dalam waktu lama dalam kondisi tetap segar. Karena suhu di dalamnya tetap stabil dan memberikan kelembaban yang lebih tinggi, sehingga makanan dapat segar lebih lama.

Anda juga bisa mencoba beberapa merek kulkas lain seperti kulkas LG, kulkas Samsung, Kulkas Sharp yang sudah memiliki fitur serupa.

Like us!

Komentar

Afifah Claranisa 19 April 2018 - 21:23
artikelnya bermanfaat banget http://teziger.blogspot.com
Ervan setiawan 02 July 2018 - 02:45
Aku paling suka kalo ada ulasan tentang buah dan sayuran ;) semoga pricebook makin nenghadirkan artikel lebih menarik dan lebih bermanfaat lagi.. sukses selalu buat pricebook.bersama para kru dan karyawanya..