Cara Melacak Hp Hilang dengan Gmail, IMEI dan Aplikasi

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 19 Feb 2020 | 16:25

cara melacak hp hilangimage via Pexels

Bagaimana cara melacak hp yang hilang? Mungkin itu menjadi pertanyaan yang muncul ketika kamu kehilangan hp kesayangan. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan membahas cara melacak hp hilang dengan sangat mudah dan cepat.

Penyebab hp hilang sendiri bermacam-macam, entah karena terjatuh atau lupa diletakkan di suatu tempat. Nah, untuk mencari hp yang hilang atau lupa tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa melacak hp hilang dengan Gmail atau menggunakan aplikasi pelacak hp yang ada di Play Store.

Biar lebih jelas simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Melacak Hp Hilang

1. Cara Melacak Hp Hilang dengan Gmail

Cara Melacak Hp yang Hilang
Melacak hp hilang dengan Gmail disini bukan berarti Anda bisa menemukan hp dengan membuka aplikasi Gmail. Tapi menggunakan akun Gmail yang aktif dan dikombinasikan dengan cara lainnya. Beberapa elemen yang diperlukan dalam mencari hp yang hilang ini, yaitu akun Gmail, GPS dan koneksi internet. Berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan hp atau laptop yang terhubung ke internet
  • Buka tautan google.com/android/devicemanager atau bisa juga ke https://www.google.com/android/find
  • Login ke akun Gmail yang digunakan pada hp yang hilang (akun aktif)
  • Setelah itu, pilih accept atau terima (sesuai penggunaan bahasa yang digunakan)
  • Tidak berapa lama, posisi hp yang hilang akan terdeteksi dan terlihat di dalam Maps

Lalu selanjutnya bagaimana? Setelah proses di atas selesai, di halaman itu ada beberapa menu yang bisa digunakan yaitu :

- Play Sound atau putar suara untuk menderingkan ponsel. Fitur ini akan berguna untuk mencari hp hilang yang ada disekitaran atau posisinya tidak jauh, seperti terjatuh atau terselip.

- Secure Device. Fitur ini berguna agar tak ada seorang pun yang bisa membuka hp Anda yang hilang. Opsi lainnya adalah membuat pesan yang disertai nomor kontak yang bisa dihubungi ke dalam hp dengan tujuan bila ada orang yang menemukan bisa menghubungi nomor yang sudah di buat.

- Erase Device atau menghapus semua konten. Cara ini berguna ketika Anda tidak ingin ada orang lain melihat foto atau video pribadi. Resikonya Anda tidak bisa lagi melacak posisi hp yang hilang, karena semua data sudah terhapus, termasuk akun Gmail yang sangat penting untuk melacak hp hilang.

Sudah mencoba cara melacak hp di atas tapi gagal? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika cara di atas gagal atau hp hilang tidak terdeteksi, yaitu :

  • Hp yang hilang dalam keadaan tidak aktif/off
  • Hp yang hilang tidak terhubung ke internet
  • GPS hp yang hilang dalam keadaan tidak aktif 

2. Melacak Hp Hilang dengan Aplikasi Find My Device

melacak hp hilang
Untuk melakukan cara melacak hp yang hilang kedua ini, kamu akan membutuhkan tambahan lewat aplikasi Find My Device. Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara pertama, tapi untuk cara kedua ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan hp kamu yang hilang:

  • Download aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Setelah didownload, buka aplikasi ini dan lakukan login menggunakan akun layanan Gmail kamu.
  • Selanjutnya hp akan secara otomatis terlacak lokasi keberadaannya. 

Untuk menggunakan layanan Find My Phone diatas, tentunya kamu harus melakukan beberapa langkah di hp yang kamu gunakan. Cara melakukannya, silahkan masuk Settings -> Google -> Security lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.

3. Melacak Hp Hilang dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Melacak Hp yang Hilangimage via Pexels

Find My Device sebenarnya adalah aplikasi buatan Google yang bisa dimanfaatkan oleh kamu. Namun, selain itu, bila hp kamu hilang, ada banyak aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan hp kamu.

Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Ini diantaranya:

- Hidden Eye

Aplikasi pelacak hp hilang Android pertama adalah Hidden Eye. Yang menarik dari aplikasi ini adalah mampu menangkap foto objek yang dicurigai sebagai pencuri hp jika ia salah membuka kunci password yang sudah kamu atur sendiri. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyalakan alarm apabila si pencuri hp salah memasukkan password lebih dari tiga kali.

- Family Locator

Family Locator adalah aplikasi pelacak hp Android yang akan menampilkan dan mencium keberadaan ponsel yang dicuri denganmenggunakan GPS. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian hp bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi untuk memfoto si tersangka.

- Third Eye

Aplikasi pelacak hp hilang Android ini rasanya akan membuat pencuri hp mati kutu, karena Third Eye akan mengambil foto ketika seseorang salah memasukkan kode kunci hp baik berupa PIN, Pattern, atau Password. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan notifikasi yang isinya menyebutkan kalau seseorang sudah berusaha membuka kunci hp secara paksa.

- Friend Locator

Aplikasi pelacak hp yang hilang ini cukup mudah digunakan, karena hanya butuh registrasi nomor HP saja. Friend Locator akan melakukan pelacakan hp yang hilang berdasarkan nomor yang diregistrasi pada aplikasi. Para pengguna pun akan selalu diberitahukan tentang lokasi terbaru hp-nya yang hilang. Ada juga fitur history sehingga kamu bisa mengetahui kemana saja hp dibawa oleh si pencuri.

- Cerberus

Aplikasi Cerberus adalah aplikasi pelacak hp Android yang hilang dengan melakukan tracking dan mencari tahu siapa pencuri yang mengambil hp kamu. Cerberus dibekali beberapa fitur pendukung seperti  alarm yang akan berbunyi kencang meskipun hp kamu dalam mode silent. Kamu juga dapat melakukan pelacakan melalui SMS. Bila ternyata hp dicuri, secara otomatis Cerberus akan melakukan lock untuk setiap aplikasi dan segala file yang dianggap penting.

Untuk mengetahui aplikasi-plikasi lainnya, kamu bisa membukanya di tautan ini.

4. Cara Melacak Hp Hilang dengan IMEI

Bisakah jika kita ingin melacak hp yang hilang menggunakan IMEI? Jawabannya bisa, tapi membutuhkan sedikit usaha dan agak ribet. Karena untuk melacak hp hilang dengan IMEI, Anda harus bolak balik ke pihak kepolisian serta operator dari kartu yang digunakan. Pasalnya dua lembaga tersebut yang memiliki kewenangan untuk mencari hp yang hilang karena bersifat privasi. 

Semoga bermanfaat!

Simak juga video cara melacak hp hilang dari chanel Youtube Pricebook di bawah ini :

Artikel Terkait

Komentar

Ervan setiawan Sabtu, 16 Jun 2018 | 16:16
aduh aku baru tau min, hp kakaku hilang kejadianya udah lama.. sih, tapi di ikhlasin. mkasih infonya min. sangat bermanfaat.
Fisherrr Rabu, 6 Feb 2019 | 17:34
Terimakasih pricebook articlenya sangat membantu