Cara Melacak Hp Hilang Pakai Aplikasi Gratisan

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 15 Nov 2019 | 13:55

melacak hp hilang

Bagaimana cara melacak hp yang hilang? Mungkin itu menjadi pertanyaan yang muncul ketika kamu kehilangan hp kesayangan. Penyebab hp hilang sendiri bermacam-macam, entah karena terjatuh atau lupa diletakkan di suatu tempat. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami akan membahas cara melacak hp yang hilang dengan sangat mudah dan cepat.

Informasi yang kami sajikan pun sangat lengkap, mulai dari bagaimana cara mencari hp hilang hingga cara menemukan hp yang hilang. Kamu bisa melakukanya dengan memakai aplikasi Google, seperti Gmail dan Maps. Jadi kamu bisa melacak hp hilang dengan Gmail, tapi pastikan menggunakan akun Gmail yang masih aktif.

Atau bisa juga lacak hp hilang pakai layanan Find My Device dari Google dengan langkah yang mudah. Yang pasti semua aplikasi tersebut gratis karena sudah menjadi aplikasi bawaan Google yang ada di hp Android. Kami juga menyertakan beberapa aplikasi pihak ketiga sebagai alternatif. 

Biar lebih jelas simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Melacak Hp Hilang dengan Gmail dan Maps

cara melacakhp hilang

Cara melacak hp hilang, terutama hp Android, yang pertama adalah dengan menggunakan Gmail dan layanan peta dari Google, yaitu Google Maps yang sudah ada di hp kamu. Ada beberapa tahapan yang mesti dilalui ketika melakukan cara melacak hp ini:

  1. Buka tautan google.com/android/devicemanager atau bisa juga ke https://www.google.com/android/find. Disini kamu bisa menggunakan perangkat laptop, tablet, atau smartphone Android untuk membukanya. Lalu, lakukan login ke akun Gmail pribadi kamu.
  2. Setelah itu, pilih accept atau terima sesuai penggunaan bahasa yang digunakan di hp.
  3. Di halaman itu juga ada pilihan menu yang memiliki banyak sekali fitur seperti putar suara untuk menderingkan ponsel, kunci hp agar tak ada seorang pun yang bisa membuka, dan perintah untuk menghapus semua konten yang kamu miliki. Bila tidak memilih, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan hp kamu.
  4. Klik Icon GPS yang ada di bagian pojok kanan pop-up. Jika ternyata GPS di hp Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset hp kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel GPS untuk kembali menyala. Lalu, silakan temukan smartphone Android kamu.
  5. Setelah itu, lokasi hp kamu yang hilang secara otomatis sudah bisa dideteksi.

Melacak Hp Hilang dengan Find My Device

cara melacak hp hilang

Untuk melakukan cara melacak hp yang hilang kedua ini, kamu akan membutuhkan tambahan lewat aplikasi Find My Device. Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara pertama, tapi untuk cara kedua ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan hp kamu yang hilang:

  • Download aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Setelah didownload, buka aplikasi ini dan lakukan login menggunakan akun layanan Gmail kamu.
  • Selanjutnya hp akan secara otomatis terlacak lokasi keberadaannya.

Selain melacak keberadaan hp, kamu juga bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci hp, atau bahkan membunyikan hp yang dilacak untuk sekadar mengetahui letak pastinya atau menakut-nakuti pencuri hp kamu bila memang dicuri. Penjelasan fitur itu bisa dilihat di bawah ini.

cara melacak hp hilang

Di menu pertama, kamu bisa melihat informasi lokasi yang menunjukkan keberadaan hp kamu, beserta kapasitas baterai yang bertahan dan waktu hp tersebut terakhir dinyalakan. Menu kedua, kamu bisa menggunakan Play Sound untuk memunculkan suara dering pada hp kamu yang hilang selama lima menit dalam volume maksimum. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun hp kamu dalam mode silent.

cara melacak hp hilang

Menu ketiga adalah Lock yang akan mengunci hp Android kamu secara otomatis sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Sementara itu, menu terakhir adalah Erase yang memungkinkan kamu menghapus semua data secara manual, termasuk foto, video ataupun aplikasi.

cara melacak hp hilang

Untuk menggunakan layanan Find My Phone diatas, tentunya kamu harus melakukan beberapa langkah di hp yang kamu gunakan. Cara melakukannya, silahkan masuk Settings -> Google -> Security lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.

Sementara bagi kamu yang ingin melacak hp Android dengan bantuan aplikasi, kamu bisa membacanya pada artikel di bawah ini:

Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

cara melacak hp hilang

Find My Device sebenarnya adalah aplikasi buatan Google yang bisa dimanfaatkan oleh kamu. Namun, selain itu, bila hp kamu hilang, ada banyak aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan hp kamu.

Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Ini diantaranya:

1. Hidden Eye

Aplikasi pelacak hp hilang Android pertama adalah Hidden Eye. Yang menarik dari aplikasi ini adalah mampu menangkap foto objek yang dicurigai sebagai pencuri hp jika ia salah membuka kunci password yang sudah kamu atur sendiri. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyalakan alarm apabila si pencuri hp salah memasukkan password lebih dari tiga kali.

2. Family Locator

Family Locator adalah aplikasi pelacak hp Android yang akan menampilkan dan mencium keberadaan ponsel yang dicuri denganmenggunakan GPS. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian hp bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi untuk memfoto si tersangka.

Untuk mengetahui aplikasi-plikasi lainnya, kamu bisa membukanya di tautan ini.

Jaga Keamanan Hp Kamu dari Sekarang

Walau cara melacak hp hilang di atas mudah dilakukan, jangan menunggu hp kamu hilang. Sebagai pengguna, taruhlah hp kamu di tempat yang aman, terutama bagi kamu yang sering menggunakan kendaraan umum. Namun, jika suatu saat kehilangan hp, maka kamu bisa melakukan cara melacak hp yang hilang di atas sesegera mungkin.

Semoga bermanfaat!

Simak juga video cara melacak hp hilang dari chanel Youtube Pricebook di bawah ini :

Artikel Terkait

Komentar

Ervan setiawan Senin, 18 Nov 2019 | 10:21
aduh aku baru tau min, hp kakaku hilang kejadianya udah lama.. sih, tapi di ikhlasin. mkasih infonya min. sangat bermanfaat.
Fisherrr Senin, 18 Nov 2019 | 10:21
Terimakasih pricebook articlenya sangat membantu
dewi setiadi Senin, 18 Nov 2019 | 10:21
<p><a href="http://parisqq.id/" rel="nofollow" target="_blank">PARISQQ</a></p> <p><a href="http://www.animeqq.vip/" rel="nofollow" target="_blank">ANIMEQQ</a></p> <p><a href="http://marioqq.id/" rel="nofollow" target="_blank">MARIOQQ</a></p> <p><a href="http://pelangiqiu.com" rel="nofollow" target="_blank">PELANGIQQ</a></p> <p><a href="http://palapaqq.pro/" rel="nofollow" target="_blank">PALAPAQQ</a></p> <p><a href="http://biruqq.co/" rel="nofollow" target="_blank">BIRUQQ</a></p> <p><a href="http://indopokerpelangi.com/" rel="nofollow" target="_blank">POKERPELANGI</a></p> <p><a href="http://www.asik-qq.co/" rel="nofollow" target="_blank">ASIKQQ</a></p> <p><a href="http://mandiriqq.host/" rel="nofollow" target="_blank">MANDIRIQQ</a></p> <p><a href="http://ahliqq.zone/" rel="nofollow" target="_blank">AHLIQQ</a></p> <p><a href="http://rajapoker88.life/" rel="nofollow" target="_blank">RAJAPOKER88</a></p> <p><a href="http://ceriaqq.xyz" rel="nofollow" target="_blank">CERIAQQ</a></p> <p><a href="http://arenaqq.online" rel="nofollow" target="_blank">arenaqq</a></p> <p><a href="http://dotaqq.host" rel="nofollow" target="_blank">dotaqq</a></p>
octaviavia53 Senin, 18 Nov 2019 | 10:21
Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. net