Diperbaharui pada Jumat, 23 Februari 2018 | 11:15

Mengenal Instagram Story dan Fitur yang Ada di Dalamnya

Oleh Arif Basukianto

instagram
Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di masyarakat modern sekarang ini. Instagram bisa mengabadikan momen-momen berharga dan berbagi dengan orang lain. Apalagi  pengguna media sosial Instagram semakin meningkat seiring berkembangnya dunia digital dan dunia internet.

Pada tahun 2017 jumlah total pengguna Instagram secara global berjumlah 700 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dimana pengguna Instagram di Indonesia ada sekitar 45 juta pengguna aktif. Salah satu menu yang ada di dalam aplikasi Instagram yang paling menarik adalah Instagram Story.

Apa itu Instagram Story? Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan kamu memposting kisah cerita serta pengalaman berharga yang bisa di share ke publik. Kamu bisa menambahkan tulisan menarik dan bisa dilihat oleh publik secara langsung. Dengan menggunakan fitur Instagram Stories ini kamu dapat membagikan kenangan, kisah cerita, pengalaman hidup, serta kegiatan terbaru, layaknya seorang artis kepada para followersnya.

Baca juga Cara Menambahkan Musik ke Instagram Story

Di dalam Instagram Story sendiri dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan. Jika kamu adalah pengguna baru Instagram, berikut kamu ulas fitur-fitur di Instagram Story :

1. Upload Foto atau Video 

instagram
Jika kamu ingin mengambil foto diri, tinggal aktifkan mode kamera. Atau mengupload foto multi dengan cara upload dari smartphone dan tinggal pilih foto mana sajakah yang ingin di upload dan posting di Instagram Story. Untuk Video, kamu bisa aktifkan mode video dan mulai merekamnya. Ingat durasi video maksimal 15 detik.

2. Fitur Text 

instagram
Fitur text pada Instagram Story adalah fitur dimana kamu bisa menuliskan cerita atau kalimat atau tag sebagai tambahan dari upload foto dan video yang ingin dibagikan. Kamu bisa membuka fitur text ini dengan menekan gambar pensil dibagian atas dan langsung menuliskan teks.

Yang harus diingat, share lah kata-kata atau kalimat yang baik dan sopan, jangan sampai kamu terjerat UU ITE yang berlaku di Indonesia. Pastikan hal tersebut tidak seputar SARA atau menyinggung seseorang. Jangan menyakiti orang lain jika kita tidak ingin disakiti oleh orang lain.

3. Fitur Text Editing 

Pada Instagram Story, kamu juga bisa melakukan editing text sebelum di share sehingga terlihat lebih menarik. Disediakan menu editing text, mulai dari jenis font huruf, ukuran, hingga warna font huruf itu sendiri. Buatlah tulisan indah, keren, dan memberi motivasi sehingga banyak orang-orang yang akan menyukai postingan kamu.

4. Fitur Share 

instagram
Setelah foto, video ataupun tulisan text sudah siap untuk dibagikan, cukup tekan atau klik tombol share atau bagikan. Maka postingan foto, video atau tulisan kamu secara otomatis akan dilihat oleh orang lain. Postingan di Instagram Story ini hanya bertahan 24 jam, karena setelah lebih dari 24 jam maka postingan kamu akan hilang dari peredaran.

Oleh karena itu sebaiknya simpan foto atau video yang di posting di Instagram Story ke dalam smartphone melalui fitur menu simpan. Kamu juga bisa menghapusnya dengan fitur menu hapus.

5. Fitur Tag, Menyembunyikan Postingan, dan Berbagi Link

instagram
Di Instagram Story kamu juga bisa melakukan tag kepada orang tertentu untuk berbagai momen. Cukup dengan mengetikan ‘@’ lalu diikuti ID pengguna Instagramnya. Dengan begitu postingan kamu secara otomatis terbagi dengan orang-orang yang ingin kamu bagikan. Kamu juga bisa melakukan tag lokasi melalui fitur geo tag dengan cara mengaktifkan GPS terlebih dahulu.

Yang menarik kamu bisa menyembunyikan postingan agar tidak diketahui oleh mereka. Caranya dengan klik pengaturan cerita, lalu pilih menu sembunyikan postingan dari orang tersebut dengan melakukan klik pada nama-nama akun Instagram yang muncul di fitur menu sembunyikan postingan Instagram Story ini.

Link video atau link website di luar Instagram juga bisa kamu tempelkan di Instagram Story. Cukup klik gambar rantai dan masukan kode URL video atau website yang ingin kita tautkan di postingan kamu. 

6. Fitur Boomerang 

instagram
Fitur Boomerang pada Instagram Story adalah fitur pembuat gambar bergerak atau lebih dikenal dengan sebutan gambar gif. Serunya berbagi gambar bergerak gif tentu akan menambah semarak dan menarik fitur Instagram Story selama menggunakan aplikasi ini.

7. Melihat Instagram Story Orang Lain

Jika ingin melihat Instagram Story dari akun Instagram yang kamu follow, pilih menu Home Feeds dimana kamu akan melihat daftar akun Instagram yang telah difollow. Kamu akan melihat postingan dari akun Instagram tersebut dan bisa dilihat secara detail postingannya.

8. Mengirim Pesan Text Sebagai Direct Message

instagram
Di Instagram Story tidak dikenal tombol like atau comments. Jika mengirimkan komentar di postingan seseorang, maka pesan tersebut akan masuk dan terpindai sebagai Direct Message. Inilah keunikannya dan telah menjadi ciri khas dari fitur Instagram Story yang ada di Instagram.

Baca juga Instagram Stories Kini Bisa Balas DM dengan Videoa dan Foto 

9. Download dan Menyimpan Foto atau Video

Ketika melihat postingan foto atau video di Instagram Story orang lain, kamu bisa mendownload foto atau video tersebut lalu menyimpannya di profil Instagram. Jadi kamu bisa save jika ada foto atau video menarik dari postingan yang bertebaran.

10. Fitur See More

Fitur See More bisa dimanfaatkan untuk melihat kumpulan postingan yang telah dibuat orang lain di Instagram Story mereka. Namun fitur ini masih dalam tahap uji coba, jadi saat ini belum semua Instagram bisa memberikan fitur tersebut.

Itulah serunya fitur-fitur menarik di Instagram Story yang bisa kamu temukan. Selamat mencoba fitur-fitur menarik tersebut pada aplikasi Instagram kamu.

Like us!

Komentar