Diperbaharui pada Senin, 18 Januari 2021 | 12:26

18 Cara Cepat Jadi Artis Instagram, Tambah Followers Tanpa Bayar

Oleh Imam Ali

instagram
Pada saat ini banyak sekali media sosial sebagai sarana kita untuk berinteraksi dengan sesama di dunia maya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Tumblr, dan lain-lain. Salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak saat ini adalah Instagram.

Instagram adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan bernama Burbn Inc yang telah dibeli secara resmi dibeli oleh Facebook pada 12 April 2012. Aplikasi rancangan Kevin Systrom dan Mike Krieger ini berfungsi untuk berbagi foto dan video.

Di Instagram, kita bisa melihat ada sekitar 25 bahasa di dunia yang tersedia. Jika penasaran dengan aplikasi Instagram, kamu bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store untuk mendapatkan aplikasi Instagram resmi.

Di tahun 2017, Instagram memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Namun, meski punya pengguna aktif yang banyak, apakah mereka semua bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan baik? Belum tentu.

Mengingat aplikasi berbagi foto ini memiliki beragam fitur, rasanya mungkin ada banyak orang yang belum mengenal semua fitur-fitur yang disediakan Instagram. Di sini Pricebook coba mengenalkan tips cara menggunakan Instagram bagi kamu para penggunanya. Apa saja? Berikut ulasannya: 

Tips Menggunakan Instagram

Berikut ini merupakan tips dalam menggunakan Instagram yang wajib kalian ketahui bersama!

1. Gunakan Username, Foto, dan Ulasan Profil yang Menarik untuk Menarik Banyak Followers

instagram username

via sguru.org

Jika ingin mendapatkan followers banyak dan diikuti oleh banyak orang, maka kamu harus menggunakan username, foto, dan ulasan profil yang sudah dibuat secara menarik agar terlihat sedikit menjual guna menarik minat orang memfollow akun Instagram kamu.

Username juga bisa diganti di bagian menu setting profil untuk diubah sesuai dengan keinginan. Gunakan foto yang menarik agar profil terlihat keren dan menjual. Jangan lupa sertakan link serta ID Instagram di Profil agar terlihat lebih komplit.

2. Kamu Bisa Seolah-Olah Menjadi Sosok Populer di Instagram dengan Instagram Stories

instagram storiesvia techcrunch.com

Di Instagram terdapat fitur Instagram Stories di mana kamu bisa membagikan kisah dan cerita pengalaman menarik kepada publik. Kamu bisa seolah-olah menjadi artis atau sosok figur yang populer karena fitur ini.

Karena orang-orang bisa mengikuti kisah kamu dengan membaca Instagram Stories yang dibagikan tersebut. Dalam fitur Instagram Stories ini, tidak dikenal aturan orang bisa dan harus like dan sebagainya.

Kamu bebas menggunakan Instagram Stories untuk membagi momen atau cerita sesuka hati, tapi tetap bertanggung jawa ya!

3. Kenali Tombol Interaksi Sederhana di Instagram : Like, Comment, Reply, dan Tag

instagram like commentsvia elitedaily.com

Jika kamu merupakan seorang pemula atau newbie di aplikasi Instagram, maka kamu wajib mengenali dan mempelajari tombol-tombol interaksi sederhana yang ada di Instagram seperti like, comment, reply, dan tag.

Like merupakan tanda di mana kamu menyukai postingan seseorang. Comment adalah menu agar kamu bisa memberikan komentar atas postingan seseorang di Instagram. Reply adalah menu balasan komentar yang telah ditujukan kepada kamu.

Sedangkan tag adalah menu di mana kamu bisa menunjuk seseorang yang menjadi teman di Instagram dalam postingan kamu ataupun tag area di mana kamu bisa menunjuk langsung posisi postingan sedang dibagikan ke publik.

4. Kamu Bisa Membuat Akun Ganda di Instagram

instagram multiple accountsvia androidjunkies.com

Di Aplikasi Instagram kamu bisa menggunakan akun ganda atau multi akun. Biasanya fitur ini digunakan oleh pihak user Instagram yang membutuhkan akun Instagram untuk fungsi berbeda seperti untuk bisnis atau admin komunitas, dan lainnya.

Kamu bisa membuat akun ganda di menu Add Account yang terdapat di Instagram. Dengan masuk ke menu tersebut, maka kamu langsung bisa membuat akun Instagram secara multi user.

5. Kamu Bisa Menggunakan Akun Bisnis di Instagram

instagram bisnisvia seodigitalgroup.com

Instagram juga menyediakan akun bisnis bagi para pihak yang membutuhkannya. Biasanya akun Instagram bisnis dibuat dan digunakan oleh para pelaku bisnis yang membutuhkan dunia maya sebagai sarana promosi dan sebagainya.

Di Akun Instagram Bisnis ini kamu bisa mencantumkan kontak pribadi di menu Contact, dan kamu juga bisa menemukan fitur-fitur lainnya seperti performa akun serta data statistik followers yang mengikuti akun Instagram Bisnis kamu.

6. Kamu Harus Memfollow Akun Instagram Teman dan Ajak Dia untuk Memfollow Balik

instagram followvia sproutsocial.com

Jika ingin akun Instagram kamu menjadi seru kedepannya terutama dalam penggunaannya agar bisa mengontak dan berinteraksi dengan pengguna akun Instagram lainnya, maka wajib hukumnya untuk memfollow akun instagram teman kamu.

Di sini kamu juga wajib difollow balik oleh pihak yang bersangkutan agar kedepan kamu bisa berhubungan baik dengannya di dunia maya dengan menggunakan akun Instagram masing-masing.

7. Filter Postingan dengan Menu Filter Setting Agar Postingan Bisa Tepat Sasaran

instagram privatevia youth.sg

Jika memposting gambar atau video, maka kamu juga harus bijak. Pahami risikonya, apalagi sekarang di Indonesia sudah ada UU tentang ITE. Dengan menggunakan filter pada postingan, kamu bisa mengubah setingan privasi menjadi private atau tidak.

Hal ini bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dalam memposting sesuatu. Selain itu, ini tentu wajib dilakukan agar postingan bisa tepat sasaran atau tepat guna sesuai dengan yang diharapkan ketika pertama ingin memposting gambar.

8. Kamu Bisa Menempelkan (Embed) Foto Instagram ke Website

instagram embedvia blog.instagram.com

Jika ingin menempelkan foto Instagram di website pribadi, maka kamu bisa melakukan Embed ke website dengan fitur “Embed”. Dimana kamu akan menemukan simbol gambar segitiga titik kecil.

Jika sudah melakukannya, maka copy dan paste kode Embed itu dan tempelkan di website kamu, maka secara otomatis foto Instagram akan menempel di website kamu. Fitur Embed ini tidak bisa dilakukan jika setingan postingan di-private. Karena setingan private tidak bisa dishare ke publik termasuk ke website.

9. Kamu Bisa Menghapus Tag dan Sharing GIFs

instagram gifsvia indianexpress.com

GIFs adalah aplikasi di mana kamu bisa membagikan video langsung ke media sosial lainnya dengan format .gif, .mp4, .mov, .mpg dan m4v. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, maka kamu harus mendownload Giphy Cam terlebih dahulu di app store.

Kamu juga bisa menghapus tag pada foto di Instagram melalui menu Photo Options dan klik Remove Tag. Maka dengan otomatis tanda tag akan hilang begitu saja.

10. Instagram Bisa Dibuka dan Diakses di Desktop maupun di Mobile App

instagramvia asianentrepreneur.org

Aplikasi Instagram bisa dibuka dan akses baik melalui desktop PC atau  laptop maupun dibuka dan diakses di smartphone (asal smartphone yang dimiliki memenuhi syarat OS penggunaan aplikasi Instagram).

Untuk versi desktop, bisa langsung menuju website resmi mereka www.instagram.com. Untuk versi Mobile App bisa didownloadnya secara langsung di app store yang ada di hp. Sangat fleksibel bukan? Tinggal kamu ingin menggunakan versi yang mana.

11. Menemukan Apakah Obyek yang Disharing Banyak Peminatnya Atau Tidak

instagram obyekvia idownloadblog.com

Jika ingin menemukan apakah postingan kamu difollow oleh para pengguna yang lain atau tidak, atau ingin menemukan berapa jumlah orang yang memfollow postingan kamu, cukup dengan melihat postingan mana yang ingin diketahui dan lihat data statistik, maupun komentar-komentar yang diberikan orang lain.

12. Mengikuti Akun Instagram Orang Lain yang Menjadi Favorit Kamu

akun instagram favoritvia rumorfix.com

Jika kamu kepo dan ingin tahu segalanya seputar kegiatan dan semua postingan seseorang di Instagram, maka kamu harus menyalakan fitur “turn on notification” yang terdapat di akun Instagram orang tersebut.

Maka secara otomatis fitur tersebut dapat memberikan pemberitahuan otomatis apa saja yang orang tersebut lakukan dengan Instagram lewat semua postingannya, termasuk postingan yang terbaru.

Kamu bisa lakukan ini kepada akun Postingan artis yang ingin diikuti aktivitasnya.

13. Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

instagram search historyvia iphonefaq.org

Apakah kamu ingin menghapus seluruh jejak riwayat atau jejak history pencarian yang telah dilakukan selama aktif di Instagram? Kamu bisa menghapusnya secara otomatis dengan fitur “clear search history”.

Nah jika kamu sudah memencet tombol ini, maka seluruh riwayat aktivitas pencarian yang selama ini dilakukan di Instagram akan hilang semua secara otomatis.

14. Menghindari Tayangan Iklan di Timeline Instagram

iklan instagramvia staronedigital.com

Jika dalam penggunaan akun Instagram, kamu merasa terganggu dengan tayangan iklan yang muncul di Timeline, kamu bisa langsung menghilangkannya. Caranya cukup dengan mengklik tombol “hide this” di pojok kanan atas postingan iklan yang dianggap mengganggu.

Maka secara otomatis iklan tersebut akan menghilang dari pandangan kamu selamanya. Namun kamu akan diberikan form pengisian survei alasan pennghilangan iklan yang mengganggu tersebut.

Isi saja dan berikan keterangan sesuai dengan alasan yang kamu kira tepat dan dirasakan. Setelah tidak adanya kemunculan iklan tersebut, kamu bisa bebas menjelajah Timeline di akun Instagram.

15. Cara Memblokir Akun Instagram yang Mengganggu Kamu

instagram blockvia igeeksblog.com

Kamu juga bisa memblokir akun Instagram yang sekiranya dianggap sangat mengganggu dan ingin dihilangkan dari hadapan kamu. Di sini kamu bisa melakukannya secara otomatis.

Caranya dengan melihat simbol titik tiga dari akun Instagram yang ingin diblokir dan pilih saja fitur “report”. Kemudian pilih “block”, maka akun Instagram yang dianggap mengganggu tersebut akan langsung hilang secara otomatis.

16. Cara Mengganti Password Akun Instagram Agar Lebih Aman

mengganti password instagramvia support.schedugr.am

Password merupakan kombinasi angka, huruf, dan simbol yang sekiranya mampu memberikan akses masuk user untuk login ke akun Instagram secara otomatis.

Password biasanya harus diketik ketika kita ingin masuk login ketika pertama kali ingin masuk ke akun Instagram.

Nah jika ingin menggantinya dengan password baru yang sekiranya lebih aman, kamu cukup klik setingan akun dan pilih fitur “change password”.

Isi password baru, setelah itu simpan dan seketika itu password kamu akan berubah menjadi password baru yang jauh lebih aman.

17. Jika Momen di Instagram Kurang Jelas, Tinggal Zoom Saja

instagram zoomvia blog.bufferapp.com

Jika kita menjelajah Instagram dan menemukan momen yang gambarnya kurang jelas atau dirasakan agak terlalu kecil, maka kita bisa memperbesarnya dengan fitur "zoom" sesuai dengan keinginan kita agar menjadi lebih besar dan lebih jelas.

Fitur ini memang diperuntukkan agar para pengguna Instagram bisa melihat lebih jelas dan lebih detail.

18. Cara Menghubungkan Akun Instagram Kamu dengan Media Sosial yang Lain

instagram facebookvia quora.com

Apakah kamu ingin menghubungkan akun Instagram dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flicker? Kalian bisa melakukannya dengan mudah.

Caranya masuk ke menu profil, pilih “linked accounts”, lalu “share setting”, lalu pilih media sosial mana yang ingin dihubungkan dengan akun Instagram itu.

Jika sudah terhubung dengan baik, maka apapun yang kamu share di akun Instagram, maka akan secara otomatis ter-share juga di media sosial lainnya yang dihubungkan tadi.

Kesimpulan

Nah itulah tips mudah menggunakan Instagram dari kami. Satu hal yang pasti, buatlah postingan yang bermanfaat bagi kamu dan orang lain.

Jangan gunakan Instagram untuk keperluan buruk seperti menyebar hoax atau hal lainnya. Jadi, gunakan sosial media dengan bijak yuk!

Like us!

Komentar

Ervan setiawan 15 June 2018 - 07:46
Wah makasih tips dan triknya, tapi Instagram nyedot kuotanya gede :(