Cara Membaca Spesifikasi Laptop atau PC, Langsung Tau

Oleh Imam Ali updated Jumat, 16 Agu 2019 | 15:55

Beberapa tahun yang lalu industri elektronik khususnya pabrikan gawai digital seperti laptop dan PC belum semaju dan serumit sekarang. Dulu ketika kita ingin melihat performa dari sebuah PC, yang kita perlu lakukan adalah melihat angka-angka yang tertera di masing-masing komponennya seperti besaran angka pada prossesor, RAM, Hard drive, kartu grafis, dan sebagainya.

Namun sekarang, tiap produsen memiliki standar ukurannya masing-masing yang dapat membuat pelanggan menjadi terkecoh. Sebagai contoh, penyematan prosesor empat inti (quad core) pada sebuah PC belum tentu lebih cepat daripada penggunaan prosesor dua inti (dual core), hal ini bisa jadi dikarenakan perbedaan arsitektur komponen yang digunakan.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk membekali diri dengan pengetahuan dasar mengenai bagaimana mengukur atau membaca spesifikasi pada sebuah laptop atau PC sebelum membeli produk tersebut. Karenanya pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas tentang bagaimana cara membaca spesifikasi pada sebuah laptop atau PC, berikut rangkumannya :

Cara membaca Spesifikasi yang Sebenarnya Pada Laptop

Langsung saja kita membahas masalah utama dari artikel ini, yaitu membahas cara membaca spesifikasi yang terdapat pada sebuah laptop. Di sini, kami menggunakan produk laptop Acer E5 - 473G untuk dijadikan sebagai contoh spesifikasi.

Nama Acer E5 - 473G
Processor Intel Core i5 5200U
Display 14” LED Screen
Sistem Operasi Microsoft Windows 7 Home Premium
RAM DDR3 4GB
Hard Drive 500 GB (SATA)
Optical Drive DVD±RW
Konektivitas WI-FI/Camera/DVD RW/Card Reader/Lan/USB Slot

Spesifikasi di Atas Dapat Dibaca:

Laptop dengan merek Acer Tipe E5 - 473G, Lalu prosesor yang digunakan merupakan produk besutan Intel dengan Intel Core i5 5200U. Untuk dapat melihat besaran kecepatan CPU Anda dapat menggunakan google dengan keyword Intel Core i5 5200U passmark. Laptop ini memiliki layar LCD berukuran diagonal 14 inci dengan teknologi LED yang kita ketahui memiliki tampilan gambar yang tidak akan pecah.

Kemudian, kapasitas RAM yang diusung laptop ini sebesar 4 giga byte dengan jenis RAM DDR3, dan kapasitas harddisk sebesar 500 giga byte dengan interface transfer data menggunakan kabel SATA, yaitu interface yang memiliki kecepatan transfer tertinggi saat ini setelah ATA.

Untuk komponen pheriperal lain yang ada pada produk ini adalah WI-FI, kamera, DVD RW dan Card Reader yang kompatibel dengan LAN dan menyediakan port USB.

Penjelasan Lebih Lengkap dari Spesifikasi di Atas

Penjelasan di atas adalah lebih ditujukan untuk membaca spesifikasi laptop secara singkat. Namun, nyatanya membaca spesifikasi seperti di atas tidaklah cukup, masih ada hal lain yang mesti dicari tahu dari sekadar melihat angka dan tipe saja:

1. Prosesor/CPU (Central Prossesing Unit)

Umumnya, bila kita ingin membeli sebuah laptop, hal pertama yang diperhatikan adalah prosesor dari laptop itu sendiri. Kenapa begitu? Karena komponen inilah yang menjadi otak dari laptop yang akan kita beli. Khusus untuk spesifikasi Acer Tipe E5 - 473G, prosesor yang digunakan merupakan produk Intel Core i5 5200U.

Sebenarnya, nama besar Intel melalui seri Core i5 sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi apakah tipe Core i5 5200U ini adalah yang terbaik? Ini yang harus diperhatikan. Karena Intel selalu mengeluarkan generasi baru dari Core i5 setiap tahunnya.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah prosesor ini baik atau tidak adalah dengan cara mengeceknya di Google. Cari tahu mengenai kemampuan clockingnya, bila sudah yakin dengan kemampuannya, maka laptop ini bisa dijadikan pilihan.

2. Memory/RAM

Selanjutnya kita akan melihat RAM yang akan mendampingi prosesor dalam menjalankan tugasnya. Khusus untuk RAM, jangan hanya terpaku pada angkat 4GB, 8GB atau 16GB yang mungkin diusung laptop. Tapi juga jenis RAM itu juga perlu diperhatikan.

Umumnya, laptop sekarang memiliki jenis-jenis RAM yang berbeda yakni, DDR3, DDR4, dan DDR4L. Untuk era sekaranh, kami menyarankan Anda untuk mencari laptop dengan RAM DDR4. Karena teknologinya yang sudah cukup unggul dari DDR3 dari segi konsumsi daya, frekwensi, dan lainnya.

3. Storage Unit

Dari spesifikasi yang diusung Acer Tipe E5 - 473G, tercatat laptop ini memiliki memori internal sebesar 500GB (SATA). Di sini kami menyarankan untuk tidak hanya terpaku pada angka besarnya memori saja, tapi juga jenisnya. Di pasaran sekarang ada beberapa jenis memori yaitu HDD IDE, ATA, SATA, dan SSD.

SATA sendiri sebenarnya sudah cukup bagus untuk jenis memori laptop. Di mana SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehingga dapat mematikan dan menyalakan diri tanpa melakukan shut down pada sistem komputer. Namun, bagi yang ingin mencari laptop untuk bekerja lebih maksimal, cari laptop dengan jenis memori SSD, karena mampu memberikan performa laptop yang jauh lebih baik

4. Display

Display sama artinya dengan layar laptop. Umumnya orang hanya memperhatikan ukuran dari layar laptop yang akan dibelinya. Tapi tidak memperhatikan jenis layar yang diusung laptop tersebut. Di spesifikasi Acer tipe E5 - 473G, kita melihat kalau laptop ini menggunakan layar LED.

Layar LED merupakan jenis layar yang banyak digunakan pada laptop era terbaru. Karena layarnya lebih terang dan lebih hemar energi. Jenis layar lain yang dipasarkan adalah LCD, tetapi jenis layar ini sudah ketinggalah zaman karena dianggap borors listrik dan memancarkan radiasi yang lebih besar dari layar LED.

5. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah hal selanjutnya yang mesti diperhatikan dalam membeli laptop. Sebenarnya mungkin kita sudah mengetahui kalau sekarang adalah eranya Windows 10. Tapi bila melihat laptop Acer Tipe E5 - 473G yang masih menggunakan Windows 7, rasanya sudah cukup ketinggalan.

Selanjutnya adalah perhatikan jenis Windows itu sendiri, apakah home edition atau profesional. Karena kedua jenis ini berbeda dalam penggunaannya. Di mana home edition lebih ditujukan untuk kegiatan sehari-hari sementara profesional ditujukan untuk pada pekerja yang membutuhkan layanan lebih lengkap dari sebuah sistem operasi.

6. Lainnya

Di sini tertulis komponen DVD RW dan sejumlah fitur konektivitas lain. Pastikan semua itu lengkap karena akan berpengaruh dalam penggunaannya. Khusus untuk DVD RW, laptop era sekarang sudah mulai meninggalkan fitur ini karena sudah mulai sedikit orang yang menggunakan DVD untuk sarana hiburan dan penyimpanan data.

Selain itu, DVD RW juga dianggap produsen akan membuat laptop berukuran lebih gemuk. Untuk informasi, sekarang banya produsen yang berlomba-lomba menciptakan laptop tipis yang akan sangat ringkas ketika dibawa pemiliknya. Jadi, tidak heran kalau DVD RW mulai tidak dipakai lagi,

7. VGA

Walau tidak disebutkan di spesifikasi, rasanya kita juga harus mengetahui komponen ini, VGA adalah komponen yang berfungsi untuk membuat tampilan layar laptop menjadi lebih baik. Umumnya, laptop yang menggunakan VGA lebih bisa dipakai untuk bermain game dan desain yang mebutuhkan grafis besar.

Ada 3 produsesn besar VGA saat ini yaitu Intel, NVidia, dan AMD. Untuk mengecek apakah VGA itu bagus atau tidak, lihat dari tipe VGA yang diusung oleh laptop. Cek di Google apakah VGA itu merupakan generasi terbaru atau tidak. Sebab, ini akan berpengaruh bagi kita dalam bekerja nanti.

Kesimpulan

Sebagai seorang pembeli yang cerdas tentu Anda diwajibkan memahami kebutuhan dan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga akan lebih bijak bagi Anda untuk menentukan terlebih dahulu kebutuhan sebelum menentukan produk yang nantinya akan dibeli.

Artikel Terkait

Komentar