Diperbaharui pada Rabu, 22 September 2021 | 12:05

Cara Menyambungkan Hp ke Laptop, Transfer dan Tethering

Cara Menyambungkan Internet dari Hp ke Laptop atau PC

Cara menyambungkan hp ke laptop sangat mudah, salah satunya bisa melalui kabel data. Menyambungkan hp ke laptop pada umumnya dilakukan untuk dua kebutuhan yaitu memindahkan data/file, dan untuk menghubungkan jaringan internet.

Memindahkan data atau file dari hp ke laptop biasa dilakukan untuk mengurangi kapasitas penyimpanan pada hp agar tidak penuh, sehingga dapat menampung file-file baru. Umumnya, file yang besar datang dari foto dan video.

Lalu untuk kebutuhan kedua yaitu menyambungkan jaringan internat, Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur hotspot yang tersedia pada perangkat smartphone.

Cara terhubung dengan jariangan hotspot hp ke laptop ini dikenal dengan sebutan tethering, dan menjadi opsi yang paling populer jika koneksi wifi yang terhubung ke laptop mendadak terputus.

Tethering hp ke laptop sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Selain dengan metode tersebut, cara menghubungkan internet dari hp ke laptop juga dapat dilakukan dengan menggunakan kabel USB.

Menggunakan kabel USB ini bisa dibilang sebagai cara yang paling stabil. Hanya dengan bermodalkan kabel data USB, Anda bisa mendapatkan internet yang lebih baik.

Untuk cara lebih lengkapnya, Anda dapat membaca cara menyambungkan hp ke laptop, serta cara menghubungkan internet dari hp ke laptop atau PC pada artikel ini.

Cara Menyambungkan Hp ke Laptop

Cara Menyambungkan Hp ke LaptopCara menyambungkan hp ke laptop yang paling mudah adalah menggunakan kabel data. Proses ini dilakukan untuk melakukan pemindahan file dari hp ke laptop maupun sebaliknya, berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan kabel data (USB) bawaan hp
  • Colokkan ujung kabel ke hp dan laptop sesuai dengan port nya
  • Pada hp, sapu (swipe) layar dari atas ke bawah
  • Klik ‘change this device via USB’ lalu pilih ‘file transfer’
  • Lalu di laptop atau PC buka explorer lalu cari model hp Anda

Setelah itu, Anda bisa memindahkan atau transfer file dari hp ke laptop maupun sebaliknya.

Cara Menghubungkan Internet Hp ke Laptop 

Cara Koneksi Internet Android ke PC via USB
1. Via Kabel Data

Cara menyambungkan hp ke laptop dengan kabel data cukup mudah, namun sebelum melakukan langkah ini, pastikan hp Android yang akan digunakan sudah berlangganan paket data internet dan sudah terdeteksi pada PC/laptop.

Kalau belum terdeteksi dan membutuhkan perangkat lunak tertantu, sebaiknya install terlebih dahulu driver sesuai dengan merk smartphone yang Anda gunakan sbb:

  • Hubungkan hp Android ke komputer atau laptop via port USB
  • Buka Settings – Wireless and Networks.
  • Khusus untuk pengguna hp Samsung, pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan USB Tethering
  • Tunggu hingga aktif yang ditandai dengan muncul tulisan Tethered

tethering
Setelah berhasil, cek perangkat apakah PC atau laptop Anda sudah dapat menggunakan koneksi internet dengan cara klik pada icon network di PC (letaknya pojok kanan bawah dekat jam).

Jika berhasil menjadikan hp sebagai modem maka akan tampak tulisan Network Internet Access. Cara menyambungkan hp ke laptop dengan kabel data ini pada umumnya dapat dilakukan untuk semua hp Android, namun ada beberapa hp yang memiliki pengaturan berbeda.

Agar lebih jelas dan tidak terjadi kesalahan ketika mencobanya, sebaiknya Anda membaca dulu buku panduan dari hp Android yang Anda miliki.

2. Via WiFi Hotspot

Cara Tethering dari Hp ke Komputer atau Laptop
Selain menggunakan USB, Anda juga bisa menggunakan hotspot hp. Cara hotspot dari hp ke laptop cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dengan cepat. Cara ini biasa disebut dengan istilah Tethering.

Cara tethering hp ke laptop dapat dilakukan dengan menyiapkan hp yang sudah memiliki paket data internet yang aktif, dan daya baterai yang masa pakainya panjang. Bila sudah, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke setting lalu tap bagian Connection atau Jaringan lainnya
  • Kemudian pilih Tethering dan portable hotspot
  • Nyalakan Hotspot WiFi Android

hotspot portable
Hal yang paling penting dan perlu diperhatikan, Anda harus memberi nama Jaringan/Network SSID, Pengamanan/Security pilih WPA2-PSK, dan juga password/kata sandi kemudian Simpan/Save.

password

  • Setelah itu nyalakan wireless pada laptop, dan cek jika sambungan tersebut berhasil 
  • Jika ID terbaca, lalu klik connect
  • Setelah itu Masukan Security key atau sandi

Itulah cara hotspot dari hp ke laptop yang bisa Anda coba. Kami ingatkan kembali, pastikan baterai hp Anda masih cukup banyak, karena menggunakan Android sebagai modem membuat baterai hp akan cepat habis. 

3. Via Bluetooth

Cara Menyambungkan Hotspot via Bluetooth
Setelah dua cara di atas, ada lagi satu cara yang bisa memudahkan Anda untuk memberikan koneksi internet pada laptop atau komputer melalui Android.

Anda bisa menggunakan koneksi Bluetooth sebagai jembatan jaringan nirkabel sharing internet. Di dalam sistem operasi Android, selain berbagi internet melalui jariangan WiFi, dapat dilakukan dengan sambungan Bluetooth.

  • Nyalakan jaringan Bluetooth di hp Android
  • Masuk ke pengaturan atau setelan
  • Selanjutnya, masuk ke menu jaringan dan cari fitur ‘Menambatkan & Hotsport Portable’ lalu tap ke dalam pilihan tersebut
  • Setelah masuk, centang opsi ‘Penambatan Bluetooth’

bluetooth
Bila ada smartphone lain yang ingin bergabung dengan hotspot Bluetooth dari hp Anda, tentunya harus mengaktifkan fitur tethering via Bluetooth pada perangkat hp-nya.

Cara menyambungkan internet hp ke laptop cukup mudah, sehingga Anda dapat berbagi internet walaupun jaringan WiFi di salah satu perangkat hp tidak tersedia atau rusak.

Walau cara pengaturan dan penggunannnya mudah, namun ada sedikit kekurangan pada cara ini. Kecepatan internet dengan menggunakan Bluetooth jauh lebih lambat bila dibandingkan dengan WiFi mealui tethering.

Langsung Coba Sekarang!

Demikian penjabaran tentang cara menyambungkan hp ke laptop, dan cara menghubungkan internet hp ke laptop atau komputer. Semoga cara diatas bisa bermanfaat!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

835 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.