Cara Menyambungkan Hp ke Laptop (Transfer dan Tethering)

Oleh Imam Ali updated Senin, 29 Apr 2019 | 16:55

Cara Menyambungkan Internet dari Hp ke Laptop atau PC

Sebenarnya cara menyambungkan hp ke laptop sangat mudah, salah satunya bisa melalui kabel data. Disini kamu bisa memindahkan file-file di hp ke laptop agar memori hp lebih lega. Kamu juga bisa menyambungkan internet dari hp ke laptop dengan cara ini namun dengan cara yang berbeda.

Nah, untuk cara menyambungkan internet hp ke laptop paling mudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur hotspot yang tersedia di perangkat smartphone. Cara ini juga dikenal dengan sebutan tethering, dan menjadi opsi yang paling mujarab jika koneksi Wifi yang terhubung ke laptop mendadak terputus.

Cara tethering hp ke laptop pun sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu, cara menghubungkan internet dari hp ke laptop juga dapat menggunakan kabel USB. Dan bisa di bilang cara ini adalah yang terstabil. Bermodalkan kabel data, Anda bisa mendapatkan internet yang lebih baik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan cara menghubungkan hp ke laptop serta cara menghubungkan internet dari hp ke laptop atau PC, baik menggunakan kabel maupun hotspot :

Cara Menyambungkan Hp ke Laptop

Cara Menyambungkan Hp ke LaptopSeperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara menghubungkan hp ke laptop yang paling mudah adalah menggunakan kabel data. Proses ini dilakukan untuk melakukan pemindahan file dari hp ke laptop maupun sebaliknya, berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan kabel data (USB) bawaan hp
  • Colokkan ujung kabel ke hp dan laptop sesuai dengan port nya
  • Pada hp, sapu (swipe) layar dari atas ke bawah
  • Klik ‘change this device via USB’ lalu pilih ‘file transfer’
  • Lalu di laptop atau PC buka explorer lalu cari model hp kamu

Setelah itu, kamu bisa memindahkan atau transfer file dari hp ke laptop maupun sebaliknya.

Cara Menghubungkan Internet Hp ke Laptop 

Cara Koneksi Internet Android ke PC via USB
1. Via Kabel USB

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan hp Android yang akan digunakan sudah berlangganan paket data internet dan sudah terdeteksi pada PC/laptop. Kalau belum, sebaiknya install terlebih dahulu driver sesuai dengan merk posel yang kamu gunakan, caranya :

  • Hubungkan hp Android ke komputer atau laptop via port USB
  • Buka Settings – Wireless and Networks. Untuk pengguna hp Samsung maka pilih pilihan Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan USB Tethering
  • Tunggu hingga aktif yang ditandai muncul tulisan Tethered

tethering
Setelah berhasil, cek perangkat apakah PC atau laptop Anda sudah dapat menggunakan koneksi internet dengan cara klik pada icon network di PC (letaknya pjok kanan bawah dekat jam). Jika berhasil menjadikan hp sebagai modem maka akan tampak tulisan Network Internet Access.

2. Via WiFi

Cara Tethering dari Hp ke Komputer atau Laptop
Selain menggunakan USB, cara lain untuk menyambungkan hotspot hp ke komputer atau laptop adalah dengan Tethering. Bisa dibilang langkah ini merupakan langkah termudah karena kamu hanya perlu menyiapkan data paket dan juga baterai yang cukup panjang. Untuk langkahnya cukup mengikuti cara berikut ini : 

  • Masuk ke setting lalu tap bagian Connection atau Jaringan lainnya
  • Kemudian pilih Tethering dan portable hotspot
  • Nyalakan Hotspot wifi Android

hotspot portable
Hal yang paling penting, kamu harus mengaktifkan setting terlebih dahulu dengan memberi nama Jaringan/Network SSID, Pengamanan/Security pilih WPA2-PSK, dan juga password/kata sandi kemudian Simpan/Save.

password

  • Setelah itu nyalakan wireless pada laptop, cek jika sambungan tersebut berhasil 
  • Jika ID terbaca, lalu klik connect
  • Setelah itu Masukan Security key atau sandi

Itulah langkah menyambungkan internet dari hp ke laptop. Kami ingatkan kembali pastikan baterai hp kamu masih cukup banyak, karena menggunakan Android sebagai modem membuat baterai hp akan cepat habis. 

3. Via Bluetooth

Cara Menyambungkan Hotspot via Bluetooth
Setelah dua cara di atas, ada lagi satu cara yang bisa memudahkan kamu untuk memberikan koneksi internet pada laptop atau komputer melalui Android. Kamu bisa menggunakan koneksi Bluetooth sebagai jembatan jaringan nirkabel sharing internet. 

Di dalam sistem operasi Android ada 2 fitur berbagi internet yang bisa digunakan yaitu melalui WiFi dan bluetooth. Caranya : 

  • Nyalakan jaringan bluetooth di hp Android
  • Masuk ke pengaturan atau setelan
  • Selanjutnya, masuk ke menu jaringan dan cari fitur ‘Menambatkan & Hotsport Portable’ lalu tap ke dalam pilihan tersebut
  • Setelah masuk, centang opsi ‘Penambatan Bluetooth’

bluetooth
Untuk ponsel lainnya yang ingin bergabung dengan hotspot bluetooth dari ponsel kamu, tentunya harus mengaktifkan fitur tethering via bluetooth dalam ponselnya. Dengan cara koneksi hp ke laptop yang simpel di atas, Anda tidak perlu kesulitan berbagi internet walaupun jaringan WIfi di salah satu perangkat tidak tersedia atau rusak. Dengan memanfaatkan bluetooth juga sama mudahnya walaupun memang sih kecepatannya tidak akan semaksimal jika menggunakan wifi.

Demikian ulasan cara menyambungkan hp ke laptop serta cara menghubungkan internet hp ke laptop atau komputer. Semoga cara diatas bisa bermanfaat!

Artikel Lainnya

Komentar

Ibnu Batutah Zarizal Senin, 12 Feb 2018 | 21:08
Nice. <h1>Hehe</h1>