Diperbaharui pada Kamis, 25 Januari 2024 | 13:25

4 Cara Melacak Nomor Hp Biar Tau Lokasinya

Cara Melacak Nomor Hp
Teknologi terbukti sangat membantu banyak hal, termasuk untuk melacak nomor hp biar tahu pemilik dan lokasinya, baik orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal.

Cara melacak nomor hp ini bisa dilakukan dengan mudah. Selain bisa mengetahui siapa pemiliknya, kita juga bisa melihat lokasi orang tersebut.

Tapi yang perlu dicatat, untuk melacak lokasi orang lain menggunakan nomor hp yang digunakannya ini tidak sampai detil ke alamat dan lainnya yaa.

Karena setiap operator selalu menjaga kerahasiaan identitas dari pemilik nomor telepon. Dan hanya bisa dilakukan oleh lembaga berwenang.

Buat yang penasaran, berikut kumpulan cara melacak nomor hp biar tau lokasi pemilik nomor hp.

Cara Melacak Nomor Hp dan Lokasinya

Cara Melacak Nomor WA

1. Melacak Nomor Hp via WA

Untuk melacak nomor hp yang pertama bisa menggunakan aplikasi WA atau WhatApp, tapi dengan catatan pemilik nomor hp tersebut memiliki akun WA.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Simpan atau save nomor hp yang ingin dilacak ke dalam daftar kontak (simpan dengan nama apa saja)
  • Buka WA dan cari nama tersebut lalu klik New Chat tapi jangan kirim chat apapun
  • Lacak nomor hp pemiliknya dengan melihat foto ataupun username yang digunakannya

Sebagai catatan, cara melacak nomor hp diatas akan berhasil jika pemilik nomor tersebut juga menggunakan aplikasi WhatsApp dan menggunakan nama atau foto.

Dan cara melacak nomor hp diatas bisa menjadi langkah pertama yang mungkin paling mudah dilakukan. Tapi cara diatas tidak bisa digunakan untuk melacak lokasi orang lain yaa. Untuk melacak lokasi nomor hp bisa lanjut ke ulasan dibawah ini.

2. Menggunakan HLR Lookup

lacak nomor hp
Cara kedua untuk melacak nomor hp untuk tahu lokasi seseorang adalah dengan menggunakan aplikasi HLR Lookup yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Caranya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • instal HLR Lookup
  • buka aplikasi kemudian masukkan nomor hp pada kolom yang tersedia, lalu tekan ikon tanda panah
  • setelah itu akan muncul lokasi si pemilik nomor hp yang dimaksud

Cara ini mirip dengan yang pertama yang berdasarkan kode area dari provider, cuma bedanya ini menggunakan aplikasi pelacak nomor hp. Dan bisa dilakukan dengan cepat.

3. Menggunakan Google Maps

Melacak Lokasi Pemilik Nomor Hp

Cara selanjutnya menggunakan layanan Google Maps. Tentunya, layanan ini bisa di akses melalui browser ataupun aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store ataupun App Store.

  • Minta teman atau keluarga memiilih menu dengan cara klik foto profil di pojok kanan atas. Pilih 'Share Location' dan pilih pengirimannya, bisa melalui WA, SMS atau email.
  • Pada bagian ini, teman bisa pilih kontak yang ingin dibagikan lokasinya (dalam hal ini adalah kamu), kemudian tentukan durasi sharing lokasi.
  • Atau bisa memilih opsi “Sampai Anda menonaktifkan ini” artinya berlaku hingga temanmu menutup aplikasi Google Maps.
  • Setelah teman menekan tombol Bagikan, maka akan menerima WA, SMS atau email terkait sharing lokasi yang dilakukan.
  • Setelah menerima email tersebut, silahkan buka aplikasi Google Maps di hp dan lacak keberadaan lokasinya

4. Menggunakan Kode Area Operator

lacak no hp
Untuk mengetahui lokasi seseorang yang tidak dikenal, kamu bisa lihat dari kode are nomor hp yang digunakan, berikut penjelasannya :

  • Pertama-tama lihat kode nomor hp yang ingin kamu lacak, misal 0821 (nomor Simpati/Telkomsel)
  • Lihat dan catat 6 digit pertama, misal 082111
  • Lalu cari kode area kartu Simpati di internet dan cocokkan berdasarkan wilayah
  • Didapati jika itu merupakan nomor hp Simpati untuk area Jabodetabek

Cara ini bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi orang lain yang tidak dikenal tapi seringkali menelepon atau SMS. Meski cara tersebut tidak 100 persen tepat, setidaknya kita bisa mendapat gambaran mengenai lokasinya.

Itulah cara melacak nomor hp dan juga cara melacak lokasi nomor hp yang bisa dilakukan. Setidaknya kita bisa tahu lokasi seseorang berdasarkan nomor hp yang dimilikinya. Semoga membantu.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.