Cara Melacak Nomor Hp Untuk Mengetahui Lokasi Seseorang

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 27 Jul 2020 | 17:15

cara melacak nomor hp

Teknologi terbukti sangat membantu banyak hal. Mulai dari order transportasi online, belanja online, termasuk melakukan pembayaran. Tak hanya itu, teknologi pun sangat membantu kamu yang kepo. 

Karena melalui bantuan internet, kamu bisa melacak nomor hp seseorang dengan mudah. Cara lacak nomor hp ini bisa kamu gunakan untuk mengetahui keberadaan seseorang atau untuk mengetahui orang yang menelepon atau SMS tapi tidak kamu kenal.

Buat kamu yang penasaran, berikut kumpulan cara melacak nomor hp untuk mengetahui posisi seseorang. 

1. Lihat Kode Area Operator

lacak no hp
Untuk mengetahui lokasi seseorang yang tidak dikenal, kamu bisa lihat dari kode are nomor hp yang digunakan, berikut penjelasannya :

  • Pertama-tama lihat kode nomor hp yang ingin kamu lacak, misal 0821 (nomor Simpati/Telkomsel)
  • Lihat dan catat 6 digit pertama, misal 082111
  • Lalu cari kode area kartu Simpati di internet dan cocokkan berdasarkan wilayah
  • Didapati jika itu merupakan nomor hp Simpati untuk area Jabodetabek

Cara ini bisa kamu gunakan untuk melacak posisi orang lain yang tidak kamu kenal tapi seringkali menelepon atau SMS. Meski cara tersebut tidak 100 persen tepat, setidaknya kamu bisa mendapat gambaran mengenai lokasinya.

Jika masih bingung dengan cara di atas, kamu bisa coba cara lacak nomor hp berikutnya.

2. Menggunakan Aplikasi HLR Lookup

lacak nomor hp
Cara kedua untuk melacak nomor hp untuk tahu lokasi seseorang adalah dengan menggunakan aplikasi HLR Lookup yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Caranya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • instal HLR Lookup
  • buka aplikasi kemudian masukkan nomor hp pada kolom yang tersedia, lalu tekan ikon tanda panah
  • setelah itu akan muncul lokasi si pemilik nomor hp yang dimaksud

Cara ini mirip dengan yang pertama yang berdasarkan kode area dari provider, cuma bedanya ini menggunakan aplikasi lacak nomor hp.

3. Menggunakan Google Maps

Cara selanjutnya menggunakan layanan Google Maps. Tentunya, layanan ini bisa di akses melalui browser ataupun aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store ataupun App Store.

Jika sudah, minta temanmu memiilih menu dengan cara klik foto profil di pojok kanan atas. Pilih 'Share Location' dan pilih pengirimannya, bisa melalui WA, SMS atau email.

Pada bagian ini, teman kamu bisa pilih kontak yang ingin dibagikan lokasinya (dalam hal ini adalah kamu), kemudian tentukan durasi sharing lokasi.

Atau bisa memilih opsi “Sampai Anda menonaktifkan ini” artinya berlaku hingga temanmu menutup aplikasi Google Maps.

Setelah temanmu menekan tombol Bagikan, maka kamu akan menerima WA, SMS atau email terkait sharing lokasi yang dilakukan oleh temanmu.

Setelah menerima email tersebut, silahkan buka aplikasi Google Maps di hp kamu dan lacak keberadaan lokasi dari teman kamu.

4. Menggunakan WhatsApp

melacak posisi orang
Untuk mengetahui posisi keluarga atau teman kamu, cara termudah adalah menggunakan fitur Live Location yang ada di aplikasi WhatsApp. Cara ini sangat ampuh untuk mengetahui posisinya.

Tapi dengan catatan orang tersebut mau membagi lokasinya yaa. Langkah-langkahnya sebagai berikut (dilakukan di hp keluarga atau teman) :

  • Buka aplikasi WA
  • Klik ikon paperclip lalu pilih location
  • Pilih ‘share location’
  • Jika orang tersebut sudah mengirim lokasinya, kamu cukup klik link lokasi yang dikirimkan. Nanti akan terlihat lokasinya.

Jika sudah, silahkan tekan tombol Lookup. Jika pengguna tersebut sudah terdaftar di database HLR Lookup, maka lokasi pengguna tersebut bisa kamu ketahui dengan mudah. 

Itulah cara melacak posisi orang di atas yang bisa dilakukan. Jadi, ketika teman kamu lama datang ke tempat janjian, atau hp kamu hilang di jalan, kamu bisa dengan mudah menemukan solusinya.

Cukup lacak nomor hp nya saja. Tertarik mencoba?

Artikel Terkait

Komentar

Yuslan Kamis, 27 Sep 2018 | 07:49
mohon pencerahan. mengapa hp vivo v9 gagal connect dengan hdmi dongle anycast