Cara Melacak Nomor Hp Orang Lain, Dijamin Langsung Ketemu

Oleh Imam Ali updated Senin, 28 Jan 2019 | 13:21

lacak nomor hp
Teknologi terbukti sangat membantu banyak hal. Mulai dari order transportasi online, belanja online, termasuk melakukan pembayaran. Tak hanya itu, teknologi pun sangat membantu kamu yang kepo. Melalui bantuan internet, kamu bisa mengetahui keberadaan seseorang dengan sangat mudah melalui nomor hp.

Buat kamu yang penasaran, berikut kumpulan cara melacak posisi orang lain berdasarkan nomor hp yang dimilikinya.

Lacak Posisi Orang dengan Aplikasi 

Cara pertama, kamu bisa melacak nomor hp untuk mengetahui keberadaan seseorang menggunakan bantuan aplikasi. Nah, berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa kamu pakai untuk melacak lokasi seseorang, termasuk langkah singkat menggunakannya.

1.Lacak Nomor HP (Startup Media)

Aplikasi Lacak Nomor dengan menggunakan HLR lookup untuk melacak lokasi & nama provider berdasarkan nomor handphone international. Dengan Lacak Nomor HP / Telepon dapatkan rincian nomor handphone berdasarkan HLR lookup, Aplikasi ini akan menunjukkan Lokasi asal nomor handphone dan Nama provider. HLR (Home Location Register) merupakan Database Pusat yang menyimpan rincian setiap kartu SIM yang dikeluarkan oleh operator telepon seluler.

  

Setiap kartu SIM memiliki identifikasi unik yang disebut IMSI yang merupakan kunci utama untuk setiap record HLR. Dengan aplikasi Lacak Nomor HP ini tidak berarti Anda bisa mengetahui lokasi fisik dari pengguna nomor handphone tetapi hanya rincian mengenai kartu SIM, karena setiap provider menjamin kerahasiaan setiap pengguna kartu SIM, tidak semua informasi tersedia untuk umum.

2. Zenly Locator-Realtime GPS

Untuk menggunakan Zenly Locator-Realtime GPS, kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu melalui Google Play Store atau App Store. Setelah diunduh, silahkan lakukan registrasi menggunakan nomor hp.

Pada titik biru merupakan lokasi akurat mengenai keberadaan kamu.

Untuk mencari lokasi seseorang, silahkan kamu undang teman tersebut untuk menggunakan aplikasi Zenly.

Jika teman kamu sudah menggunakan Zenly, maka kamu bisa menemukan lokasi akurat teman tersebut sekaligus mengajaknya chatting.

3. HLR Lookup

Cara kedua melacak no hp orang lain adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Lacak Nomor Telepon HLR Lookup yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya sangatlah mudah. Setelah instalasi selesai, silahkan buka aplikasi tersebut melalui hp. Kemudian, kamu bisa memasukkan nomor GSM pada kolom MSISDN, baik secara manual ataupun dari phonebook.

Jika sudah, silahkan tekan tombol Lookup. Jika pengguna tersebut sudah terdaftar di database HLR Lookup, maka lokasi pengguna tersebut bisa kamu ketahui dengan mudah.

4. Lacak No Hp

Selanjutnya menggunakan aplikasi Lacak No Hp. Untuk menggunakannya, tentu kamu harus mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store. Yang menarik, aplikasi satu ini tidak mengharuskan kamu registrasi dan hanya tinggal melacak no hp untuk mengetahui lokasinya.

Lacak Posisi Orang Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi hp, kamu pun bisa melacak no hp untuk mengetahui lokasinya tanpa aplikasi, yaitu melalui situs website. Berikut ini terdapat cara yang bisa kamu pakai untuk lacak no hp dan mengetahui keberadaannya. Untuk metode ini Anda bisa masuk ke situs Ceebydith.com.

Pertama-tama, silahkan akses situs Ceebydith.com melalui browser kamu. Jika sudah membukanya, silahkan klik fitur pencarian HLR atau lokasi hp di sebelah kiri. Terakhir, silahkan masukkan no hp yang ingin kamu lacak melalui kolom yang tersedia.

Lacak Posisi Orang dengan Google Maps

Cara selanjutnya menggunakan layanan Google Maps. Tentunya, layanan ini bisa kamu akses melalui browser ataupun aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store ataupun App Store. Jika kamu ingin menggunakan Google Maps melalui aplikasi, pastikan bahwa aplikasi tersebut adalah versi terbaru.

Jika sudah, jangan lupa untuk aktifkan GPS di hp kamu dan add kontak pada akun Google masing-masing agar bisa melakukan pelacakan. Setelah step diatas kamu lakukan, silahkan klik Lokasi Saya pada hp temanmu, jika posisi telah ditemukan, tap titik biru untuk menunjukkan lokasi keberadaannya, lalu klik Bagikan Lokasi.

Pada bagian ini, silahkan pilih kontak yang ingin dibagikan lokasinya, kemudian tentukan durasi sharing lokasi atau bisa memilih opsi “Sampai Anda menonaktifkan ini”, artinya berlaku hingga temanmu menutup aplikasi Google Maps.

Setelah temanmu menekan tombol Bagikan, maka kamu akan menerima email berupa informasi terkait sharing lokasi yang dilakukan oleh temanmu. Setelah menerima email tersebut, silahkan buka aplikasi Google Maps di hp kamu dan lacak keberadaan lokasi dari teman kamu.

Lacak Posisi Orang Melalui Operator

1. Melacak No Hp Telkomsel

Untuk kamu pengguna Telkomsel, kamu bisa mengakses layanan Telkomsel Finder. Lewat layanan ini, kamu bisa melacak no hp Telkomsel dengan memasukannya melalui kolom yang tersedia.

2. Melacak No Hp Indosat

Sementara itu, kamu pengguna no hp Indosat bisa melacak no hp seseorang melalui SMS. Caranya, silahkan ketik LACAK (spasi) nomor hp Indosat lalu kirim ke 9111. Layanan ini bisa kamu gunakan dengan  mengandalkan tower BTS dari Indosat.

3. Melacak No Hp XL

Terakhir diperuntukkan bagi kamu pengguna provider XL yang ingin melacak no hp XL. Caranya, silahkan ketika CARI (spasi) no hp XL yang ingin kamu lacak lalu kirim ke 9455. Untuk menikmati layanan ini, XL membebankan tarif Rp1000 per SMS.

Menemukan Hp yang Hilang

Kehilangan hp adalah momen yang sangat menyedihkan sekaligus menyebalkan. Entah karena terjatuh, lupa diletakkan di suatu tempat, ataupun dicuri oleh copet. Kita yang pernah merasakan kehilangan hp mungkin merasa bingung dan panik ketika hal itu terjadi.

Itu sangat lumrah terjadi mengingat ketika kehilangan hp, kita akan merasakan kehilangan barang yang sangat penting, mengingat fungsi perangkat ini yang sangat krusial dalam kehidupan. Namun, tenang saja, karena di sini ada cara melacak hp hilang dengan sangat mudah.

Adapun cara melacak hp yang hilang ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan Aplikasi Find My Device.

cara melacak hp hilang

Untuk melakukan cara melacak hp yang hilang kedua ini, kamu akan membutuhkan tambahan lewat aplikasi Find My Device. Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara pertama, tapi untuk cara kedua ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan hp kamu yang hilang:

  • Download aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Setelah didownload, buka aplikasi ini dan lakukan login menggunakan akun layanan Gmail kamu.
  • Selanjutnya hp akan secara otomatis terlacak lokasi keberadaannya.

Selain melacak keberadaan hp, kamu juga bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci hp, atau bahkan membunyikan hp yang dilacak untuk sekadar mengetahui letak pastinya atau menakut-nakuti pencuri hp kamu bila memang dicuri. Penjelasan fitur itu bisa dilihat di bawah ini.

cara melacak hp hilang

Di menu pertama, kamu bisa melihat informasi lokasi yang menunjukkan keberadaan hp kamu, beserta kapasitas baterai yang bertahan dan waktu hp tersebut terakhir dinyalakan. Menu kedua, kamu bisa menggunakan Play Sound untuk memunculkan suara dering pada hp kamu yang hilang selama lima menit dalam volume maksimum. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun hp kamu dalam mode silent.

cara melacak hp hilang

Menu ketiga adalah Lock yang akan mengunci hp Android kamu secara otomatis sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Sementara itu, menu terakhir adalah Erase yang memungkinkan kamu menghapus semua data secara manual, termasuk foto, video ataupun aplikasi.

cara melacak hp hilang

Untuk menggunakan layanan Find My Phone diatas, tentunya kamu harus melakukan beberapa langkah di hp yang kamu gunakan. Cara melakukannya, silahkan masuk Settings -> Google -> Security lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.

Untuk mengetahui cara menemukan hp hilang yang lain, baca di tautan ini.

Cara Menemukan Hp Hilang dengan Komputer

Seiring dengan kemajuan teknologi yang terjadi sekarang ini, segala hal bisa dilakukan semakin mudah. Salah satu hal penting yang sekarang bisa makin mudah dilakukan adalah menemukan hp hilang. Cara melacak hp hilang sekarang sudah bisa dilakukan hanya dengan membuka suatu aplikasi atau bahkan tanpa aplikasi.

Namun, tidak selamanya melacak hp yang hilang harus dilakukan dengan perangkat mobile. Bila diperlukan, kamu bisa menggunakan komputer PC atau laptop untuk melakukan pelacakan ini. Adapun cara melacak hp yang hilang ini bisa dilakukan salah satunya dengan fasilitas Find My Device:

Berikut ini adalah tutorial menggunakannya:

  • Buka browser kamu, disarankan menggunakan Chrome dengan perangkat komputer atau laptop.
  • Buka tautan https://myaccount.google.com/find-your-phone
  • Setelah itu kamu akan di sodorkan nama ponsel seperti gambar di bawah ini.
  • Pilih tipe ponsel yang ingin kamu temukan
  • Berikan akun Google atau Gmail yang terhubung dengan hp Android yang hilang.
  • Selanjutnya, kamu akan diberikan sejumlah pilihan perintah. Klik dulu saja di “next step”, lalu isi no hp dan kata sandi hp kamu. Lalu lanjutkan ke semua arahan dari Google yang disediakan.

Untuk menemukan hp hilang lain dengan menggunakan komputer, kamu bisa membacanya di tautan ini.

Mudah dan Cepat Dilakukan

Semua cara melacak orang dan menemukan hp hilang di atas sangat mudah dilakukan. Jadi, ketika teman kamu lama datang ke tempat janjian, atau hp kamu hilang di jalan, kamu bisa dengan mudah menemukan solusinya. Tertarik mencoba?

Artikel Lainnya

Komentar

Yuslan Kamis, 27 Sep 2018 | 07:49
mohon pencerahan. mengapa hp vivo v9 gagal connect dengan hdmi dongle anycast