Diperbaharui pada Senin, 30 November 2020 | 16:20

Cara Melacak Nomor WA Biar Tau Pemiliknya

Oleh Nur Abdillah

melacak nomor hp tidak dikenalFoto: intertelinvestigations

Pernah dapat WhatsApp (WA) atau telepon dari nomor yang tidak dikenal? Pastinya kita akan bertanya-tanya jika ada nomor hp yang tidak tersimpan di daftar kontak tiba-tiba WA atau telepon berkali-kali.

Tapi jangan berpikir negatif dulu, karena bisa saja itu adalah teman kamu yang berganti nomor atau driver ojek online yang ingin mengantar pesanan.

Untuk memastikannya, kamu bisa cek nomor telepon tersebut biar tau siapa pemiliknya. Bahasa kerennya melacak. Melacak disini dalam definisi mencari atau menyelidiki.

Cara melacak nomor WA yang tidak dikenal pun cukup mudah, bisa langsung dari aplikasi WhatsApp atau juga aplikasi lainnya.

Tidak hanya nomor WA saja, dengan cara ini kamu juga bisa melacak nomor hp iseng atau cek pemilik nomor telepon yang mengganggu.

Lalu apakah bisa melacak lokasi pemilik nomor hp? Daripada penasaran, mending kamu langsung coba cara melacak nomor WA dibawah ini.

Cara Melacak Nomor WA Tidak Dikenal

1. Menggunakan Whatsapp

whatsapp
Untuk melacak no WA, kamu juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp itu sendiri, dengan catatan pemilik nomor hp tersebut memiliki akun WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Simpan nomor hp yang menelepon kamu ke dalam daftar kontak (simpan dengan nama apa saja)
  2. Buka WA dan cari nama tersebut lalu klik New Chat tapi jangan kirim chat apapun
  3. Lalu lacak nomor hp atau WA pemiliknya dengan melihat foto ataupun username yang digunakannya
  4. Bila orang tersebut kamu kenal dan mengganti nomor baru, bisa lanjutkan dengan chat
  5. Tapi bila tidak dikenal kamu bisa abaikan atau menanyakan identitas di pemilik nomor

Cara ini akan berhasil jika pemilik nomor tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp. 

2. Menggunakan Aplikasi Truecaller-callerID & Block

truecaller

Cara pertama untuk melacak no hp menggunakan aplikasi Truecaller-callerID & Block. Diklaim memiliki miliaran data base nomor hp yang sudah melewati identifikasi sehingga informasi bersifat valid.

Aplikasi yang sudah dipakai lebih 85 juta pengguna ini bisa mengenali panggilan masuk dari nomor tidak dikenal, sekaligus mencari tahu panggilan yang tidak terjawab bahkan melakukan blokir.

Untuk menggunakannya, pertama kamu wajib mengunduh dan install aplikasi Truecaller-callerID & Block melalui App Store atau Google Play Store. Lalu login dengan memasukkan nomor hp kamu.

Jika proses registrasi sudah selesai dilakukan, maka kamu pun akan masuk ke menu utama.

Pada menu utama, Search dan lacak identitas seseorang berdasarkan nomor ataupun nama.

Selain instalasi aplikasi, kamu pun bisa mengakses Truecaller-callerID & Block melalui website. Caranya, silahkan akses https://www.truecaller.com/ dan sign in akun kamu menggunakan nomor hp dan email. 

Setelah berhasil sign in, silahkan lakukan pencarian informasi nomor hp melalui kolom search yang tersedia.

Bisa Disimpan atau Di Blokir

Terdapat beragam cara untuk mengetahui pemilik nomor hp atau WA orang yang tak dikenal. Dan cara melacak nomor WA diatas bisa menjadi langkah pertama yang mungkin paling mudah dilakukan.

Setidaknya kamu bisa cek nomor telepon siapa saja yang sudah WA untuk mengetahui siapa pemiliknya. Ketika kamu tahu nomor yang mengirim pesan WA atau menelepon memang orang iseng bisa langsung di block.

Namun bila nomor yang tak dikenal ternyata keluarga atau teman yang mengganti nomor baru bisa kamu simpan. Semoga cara melacak nomor WA atau hp di atas bisa membantu.

Like us!

Komentar