Mengatur Letak TV di Dinding dan Tinggi Ideal TV dari Lantai

Oleh Dana F. Zumario updated Jumat, 14 Sep 2018 | 12:35

TVimage via LG blog

Seiring perkembangan zaman, TV tidak lagi hanya ditempatkan di atas rak atau meja saja. Dengan bentuknya yang makin tipis, perangkat TV juga dapat diletakkan didinding. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot dengan rak TV yang cukup memakan ruang.

Tetapi, tidak hanya sekedar menempatkan didinding saja. Karena menempatkan TV didinding juga memiliki cara tertentu. Nah, sudah tahukah Anda bagamaina cara mengatur letak TV di dinding yang baik dan benar? Sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, yuk ikuti Pricebook dalam seluk beluk mengenai cara mengatur letak TV di dinding. Berikut ulasan lengkapnya.

Pilih Meletakkan TV LED Dalam Kondisi Berdiri atau Terpasang di Dinding?

Agar Anda lebih memahami tentang cara mengatur letak TV di dinding, maka terlebih dahulu Anda perlu mengetahui 2 cara meletakkan TV, khususnya TV LED dengan layar yang lebih tipis dibandingkan dengan TV tabung. Kedua cara tersebut yaiu dengan dipasang dalam kondisi berdiri atau juga terpasang di dinding dengan bracket khusus.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing, yaitu:

Letak TV LED dalam Kondisi Berdiri

TVTV dengan posisi berdiri terlihat lebih modern via vogels.com

Sejatinya, selain mengatur letak TV di dinding, Anda juga perlu tahu jika TV juga dapat dipasang dalam kondisi berdiri. Agar dapat melakukan hal tersebut, Anda membutuhkan sebuah tiang khusus yang dirancang untuk TV LED. Cara pemasangannya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan bracket yang dipasang dengan beberapa skrup yang biasanya akan didapatkan ketika pertama kali membeli TV LED. Tetapi, jika memang tidak tersedia, Anda pun bisa membelinya di toko perkakas rumah terdekat.

Kelebihan dari letak TV LED dalam kondisi berdiri antara lain adalah:

  • Ruangan terlihat luas dan lapang
  • Resiko TV LED jatuh atau tersenggol lebih kecil
  • Dapat dipindahkan dengan mudah

Sedangkan, kekurangan dari TV LED yang diletakkan dalam kondisi berdiri adalah:

  • Tiang penyangga TV harus dibeli terpisah
  • Jika sudah cukup lama digunakan, harus diganti
  • Perawatan rutin terhadap tiang yang memakan banyak waktu

Melihat keuntungan dan kerugian dari posisi TV LED yang diletakkan dalam kondisi berdiri, tampaknya cara ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rumah minimalis dengan gaya hidup yang modern. Tidak hanya itu, meletakkan TV LED dalam kondisi berdiri ini juga cocok bagi yang memiliki hobi untuk mengubah tata letak rumah secara rutin untuk menghindari kejenuhan. Akan sangat berbeda jadinya jika mengatur letak TV di dinding, yang cukup susah diubah sesuai keinginan Anda.

Letak TV dalam Kondisi Terpasang di Dinding

TVTV terpasang didinding mempercantik dekorasi via safaviehhome.com

Mengatur letak TV di dinding tentu memiliki pesona sendiri. Cara ini terbilang paling umum digunakan oleh orang-orang yang memiliki TV LED, di mana pun mereka berada. Anda juga pasti mempertimbangkan untuk meletakkan TV di dinding, tanpa perlu repot dengan hal lain dengan cara yang sebelumnya. Untuk mengatur letak TV di dinding pun terbilang cukup mudah. Anda hanya memerlukan sebuah bracket yang dipasangi skrup ke dinding rumah yang sebelumnya telah dilubangi menggunakan bor tangan.

Adapun kelebihan dari meletakkan TV dalam kondisi menempel langsung ke dinding adalah:

  • Lebih menghemat tempat
  • Kabel-kabel yang mengganggu menjadi lebih rapi
  • Dapat dipadukan dengan dekorasi yang sesuai kepribadian

Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan dari TV yang diletakkan dalam kondisi menempel langsung ke dinding, yaitu:

  • Merusak bentuk dinding
  • Rentan panas jika diletakkan dekat sumber panas
  • Rentan berdebu dan sulit dibersihkan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mengatur letak TV di dinding di atas, tampaknya cara ini sesuai digunakan bagi Anda yang memiliki TV dengan dimensi layar yang cukup besar. Sehingga, Anda dapat menonton dari jarak jauh tanpa perlu membuat leher letih karena menonton terlalu lama.

Tinggi TV yang Ideal dari Lantai

Terlepas dari mengatur letak TV di dinding atau dalam kondisi berdiri, kedua cara ini tentunya membutuhkan rumus khusus dalam mengatur ketinggiannya dari lantai. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat menonton TV dengan lebih nyaman, khususnya jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mengatur tinggi TV yang ideal dari lantai.

Pemasangan Menggunakan Bracket

TVMeletakkan TV didinding menggunakan bracket via accent.sanus.com

Idealnya, agar dapat mengatur letak TV di dinding,  dibutuhkan bracket khusus agar TV tersebut terpasang dengan kuat. Cara memasangan bracket tersebut ke dinding juga tidak terlalu sulit, yaitu:

  • Pertama, Bor dinding Anda dengan jarak yang sesuai dengan bracket yang akan dipasang.
  • Kedua, pasang piringan (wall plate) dengan skrup terlebih dahulu pada bagian dinding yang telah dibor.
  • Ketiga, pasang 2 buah bracket berbentuk tiang ke bagian belakang TV LED yang akan Anda pasang.
  • Terakhir, tinggal mengatur letak TV di dinding dan menentukan apakah letaknya terlalu tinggi atau rendah.

Rumus Ukuran Tinggi TV dari Lantai

Jarak yang ideal akan memberikan kenyamanan pada mata

Sebenarnya, tidak ada rumus khusus untuk mengatur letak TV di dinding maupun dalam kondisi berdiri yang ideal dari lantai. Akan tetapi, disebabkan TV yang biasanya digunakan oleh beberapa anggota keluarga, baik itu dewasa maupun anak-anak, idealnya TV tersebut haruslah dikondisikan agar letaknya sejajar dengan kondisi mata Anda ketika duduk.

Sehingga, Anda pun bisa menonton dengan lebih nyaman. Jika memang si kecil nantinya akan ikut menonton, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bantalan kecil untuknya atau sofa dengan tinggi yang sejajar dengan TV Anda.

Jarak Ideal TV dari Sofa

Terkait dengan sofa yang Pricebook bicarakan sebelumnya, maka Anda pun perlu memperhatikan jarak aman nonton TV agar mata sehat dan segar. Dengan begitu, Anda tidak hanya asal mengatur letak TV di dinding, tetapi juga paham dengan betul mengenai jarak ideal menonton TV, baik itu di ruang tamu maupun ruang keluarga. Dengan begitu, seluruh keluarga dapat menikmati aktivitas menonton TV kapan pun diinginkan.

Ada pun jarak yang ideal antar TV dan sofa yang disarankan sedikit berbeda, tergantung dengan lebar layat TV LED yang Anda miliki. Akan tetapi, standar yang ditetapkan untuk jarak TV minimum yang disarankan dapat diukur dengan rumus ukuran diagonal TV dikalikan dengan 6.

TVDengan jarak yang ideal menonton jauh lebih nyaman

Misalnya, jika TV LED yang Anda miliki berukuran 24 inci, maka jarak minimum yang dibutuhkan antara sofa dan TV adalah 3,6 meter. Semakin besar ukuran TV yang Anda miliki, maka semakin jauh pula jarak ideal yang dibutuhkan.

Nah, setelah Anda mengetahui seluk beluk terkait cara mengatur letak TV di dinding, mulai dari cara pemasangan hingga jarak yang ideal, sudah waktunya Anda langsung mempraktikkannya. Perlu diingat agar kegiatan menonton dilakukan secukupnya ya. Sehingga, Anda pun dapat menikmati hiburan tersebut dengan pengalaman yang lebih optimal. Selamat mengatur letak TV di dinding rumah!

Artikel Lainnya

Komentar