Istilah-Istilah Teknologi TV yang Membingungkan Pembeli

Oleh Imam Ali updated Selasa, 26 Mei 2020 | 12:07


Saat berada di toko elektronik hendak membeli sebuah TV banyak orang yang bengong saat ditanya oleh SPG, bukan karena cantiknya, namun tidak paham dan bingung dengan istilah yang digunakan SPG tersebut.

Misalnya “Bapak mau membeli TV HD, full HD, UHD atau yang 4K?” Nah loh! Oleh sebab itu, kenali dulu istilah-istilah teknologi TV sebelum pergi ke toko elektronik.

Berikut ini ada beberapa istilah TV yang sering digunakan, namun membingungkan artinya.

Istilah Teknologi TV yang Membuat Bingung

  • SUHD
  • Super UHD
  • uLED
  • Signature
  • Triluminos
  • Spectros
  • Quantum Dots
  • Nits
  • UHD Alliance Premium Certified

Mari kita bahas satu persatu istilah teknologi TV yang sering kita jumpai ketika ingin membeli TV di toko.

1. SUHD (Samsung)

istilah teknologi televisi

Istilah ini hanya ada di TV keluaran Samsung. Istilah yang mulai dipopulerkan setahun yang lalu ini sebenarnya hanyalah istilah untuk mendongkrak penjualan TV milik Samsung.

SUHD adalah produk TV Samsung papan atas yang menawarkan resolusi UHD atau 4K (keduanya sama artinya), Quantum dots dan Local Dimming.

TV SUHD juga menawarkan teknologi HDR (High Dynamic Range) yang menyuguhkan gambar yang lebih realistis. Sayangnya hal di atas yang ditawarkan pada TV SUHD Samsung juga telah ditawarkan pada hampir semua TV 4K dipasaran. Bahkan beberapa sumber menyebut huruf 'S' pada SUHD tak mempunyai kepanjangan sama sekali.

2. Super UHD (LG)

Produsen TV yang meniru taktik Samsung adalah LG. LG mulai mengeluarkan istilah “bombastis”, Super UHD di ajang CES 2016 untuk mendongkrak penjualan produk TV mereka.

Hal ini sepertinya tak mengherankan karena selain Samsung dan LG berasal dari negara yang sama, keduanya juga merupakan saingan berat satu sama lain.

Super UHD sebenarnya sama saja dengan SUHD, hanya merupakan istilah marketing semata untuk produk TV papan atas milik LG. Disebutkan Super UHD milik LG menawarkan kompatibilitas dengan teknologi HDR yang mereka sebut dengan “HDR Plus”. Teknologi ini mampu menghadirkan warna yang lebih baik, kecerahan yang lebih tinggi, dan kontras yang luar biasa.

Tak lupa Super UHD TV milik LG menghadirkan pula “TruMotion 240Hz”, sebuah nilai refresh rate yang paling tinggi di pasaran. TV standar biasanya hanya memiliki refresh rate sebesar 60Hz. Sayangnya, teknologi yang disebutkan di atas juga telah dimiliki oleh TV 4K/UHD merek lain.

Melihat penjelasan di atas, OLED TV milik LG tak bisa disebut Super UHD TV, walaupun menghadirkan kualitas gambar yang jauh lebih baik dari UHD TV.

3. uLED (Hisense)


Bergeser dari produsen Korea Selatan ke Cina, Hisense adalah salah satu produsen TV yang saat ini berkembang dengan cepat karena mempunyai strategi marketing yang cukup agresive. Hisense menawarkan produk papan atas mereka ke pasar Amerika dengan branding uLED TV.

uLED TV, seperti halnya SUHD dan Super UHD, hanyalah istilah marketing saja untuk menamai produk TV 65 inci mereka yang menawarkan resolusi 4K dengan teknologi local dimming dan quantum dots

4. Signature (LG)

lg signature oled tv

Signature adalah istilah yang dipopulerkan oleh LG untuk salah satu produk TV andalan mereka. Yang ditawarkan oleh Signature TV produksi LG adalah TV dengan teknologi layar OLED seri G6 dan E6, di mana keduanya menawarkan resolusi 4K untuk layar mereka dan fasilitas HDR serta dilengkapi dengan teknologi Dolby Vision.

Istilah Signature juga dipakai pada seri B6 serta C6 yang notabene dijual dengan harga yang lumayan lebih murah.

5. Triluminos (Sony)

sony triluminos tv
TV Sony berteknologi Triluminos via japanbullet.com

Istilah yang satu ini sudah sering kali terdengar karena digunakan pula pada beberapa smartphone produksi Sony. Triluminos secara umum dipakai Sony untuk merujuk pada beberapa teknologi warna yang mereka ciptakan.

Beberapa teknologi yang berhasil diciptakan oleh Sony dibawah bendera Triluminos adalah RGB LEDs serta Quantum dots. Kedua teknologi ini sekarang tak lagi menjadi eksklusif dibawah Sony namun telah pula digunakan oleh beberapa produsen lain seperti Samsung.

6. Spectros (Sharp)

lg spectros
TV LG Spectros via techhive.com

Spectros sekilas mirip dengan istilah “spektrum”. Pada dasarnya Spectros digunakan untuk menyebut teknologi Quantum dots milik mereka. Seperti halnya SUHD dan Super UHD, Spectros hanyalah strategi marketing Sharp untuk mendongkrak penjualan produk mereka, khususnya adalah TV seri 9100 dan 9000 yang telah dibekali dengan teknologi quantum dots.

7. Quantum Dots (Samsung)

samsung quantum dots
TV Samsung QUantum Dots via digitaltrends.com

Tak seperti SUHD dan Super UHD, Quantum Dots bukan hanya sekedar istilah marketing untuk mendongkrak penjualan. Quantum Dots adalah sebuah nama untuk teknologi yang dikembangkan Samsung. Quantum Dots adalah penamaan untuk partikel nano super kecil yang ketika dialiri dengan energi akan memancarkan spektrum cahaya tertentu.

eknologi ini sangat pas untuk menciptakan sebuah TV dengan jangkuan range warna yang luas (wide color gamuts). Sebelumnya, Samsung menyebut teknologi ini dengan nama “Nano-Crystal”, pernah dengar bukan? Dengan mempergunakan nama baru Quantum Dots, Samsung menjual produk mereka dengan harga yang jauh lebih mahal.

8. Nits (Semua Merek TV)

Seperti halnya Quantum Dots milik Samsung, bukan hanya pepesan kosong untuk mendongkrak penjualan. Nama Nits merujuk pada teknologi tingkat kecerahan layar TV. Nits mengacu pada “Candela per square meter) (cd/m2).

Penyebutan Nits hampir mirip dengan istilah Lumens di mana Lumens digunakan untuk menghitung tingkat kecerahan pencahayaan pada proyektor sementara Nits digunakan untuk layar TV dan berbagai monitor.

Pada umumnya istilah Nits digunakan pada teknologi HDR (High Dynamin Range) sebuah TV. Semakin tinggi Nits sebuah TV maka tingkat kecerahan pencahayaan juga semakin tinggi. Sebagai contoh SUHD Samsung mempunyai tingkat kecerahan 1000Nits atau 2x lipat kecerahan TV OLED milik LG.

Namun sayangnya Nits tidak begitu signifikan saat membeli sebuah TV yang sudah dibekali dengan teknologi 4K dan HDR.

9. UHD Alliance Premium Certified

UHD Alliance Premium Certified

Istilah ini agak jarang digunakan karena kebanyakan hanya dipakai oleh perusahaan pembuat TV yang tidak terkenal, beberapa studio Hollywood serta beberapa perusahaan teknologi saja. Mereka menyebut UHD Alliance Premium Certified adalah generasi penerus teknologi 4K, HDR dan WCG.

Embel-embel “Premium Certified” hanyalah semacam pemanis saja karena tak banyak perusahaan produsen TV yang tergabung dalam ‘Alliance”.

Artikel Terkait

Komentar