Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 16:55

Tips Menggunakan Kartu Kredit Bagi Para Pemula

menggunakan kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang paling efektif dan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai kelebihan yang dimiliki dan penawaran-penawaran menarik yang diberikan telah memicu banyak orang untuk segera memiliki kartu kredit. Namun, pada kenyataannya, membuat kartu kredit tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak orang yang telah mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit berujung pada penolakan dari pihak bank penerbit. Apakah pengajuan kartu kredit Anda pernah ditolak? Bagi yang pernah atau mungkin selalu mengalami penolakan, membuat kartu kredit memang dapat dikatakan sebagai suatu perjuangan.

Namun, jika Anda mengetahui tips dan benar-benar memenuhi persyaratan, pihak bank tidak akan ragu untuk menerima pengajuan kartu kredit Anda. Bagi Anda yang permohonan pembuatan kartu kreditnya diterima oleh bank untuk pertama kalinya, pasti ini serasa seperti sebuah kemenangan. Berbagai rencana dan angan-angan untuk melakukan banyak hal dengan kartu kredit pasti telah terlintas di kepala Anda.

Namun, ada satu hal yang perludiingat sebelum bersenang-senang dengan ‘teman baru Anda’, kartu kredit adalah kartu utang. Jangan lupa dengan laporan tagihan yang akan mendatangi setiap bulannya dengan angka-angka yang mungkin saja akan membuat Anda terkejut sejenak, kemudian menyadari hal tersebut memang benar adanya.

Lalu,  apa yang harus dilakukan dengan kartu kredit Anda? Tentu saja Anda bisa tetap menggunakannya untuk berbagai hal. Jangan sampai perjuangan Anda membuat kartu kredit sia-sia. Selain itu, janganlah takut untuk menggunakan kartu kredit karena pada dasarnya permasalahan utama bukan terletak pada kartu kredit, melainkan bagaimana Anda menggunakan dan mengelola kartu kredit dengan sebaik-baiknya dan penuh pertimbangan.

Sejak awal mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit, Anda pasti telah menyadari bahwa setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit adalah utang. Jika telah menanamkan pikiran tersebut sejak dini maka Anda tidak perlu khawatir karena risiko terjerat utang akan jauh lebih kecil dan Anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Apakah Anda sudah menggunakan kartu kredit dengan benar? Lalu, bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas? Bagi yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit maka Anda harus memiliki komitmen yang kuat dan pertimbangan yang matang setiap kali melakukan transaksi dengan kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menggunakan kartu kredit.

1. Selalu Teliti dalam Bertransaksi

menggunakan kartu kredit
telitilah dalam menggunakan kartu kredit via aarp.net

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit, selalu berhati-hatilah dalam melakukan setiap transaksi, terutama transaksi secara online. Penggunaan kartu kredit melalui transaksi online memang selalu mengandung risiko tinggi terhadap keamanan data dan dana yang dimiliki dalam kartu kredit. Pastikan Anda melakukan transaksi di situs online yang aman, terpercaya, dan memiliki reputasi baik.

Tidak hanya situs online, Anda juga dituntut selalu cermat dan teliti ketika berbelanja secara langsung di sebuah toko. Pastikan penjaga kasir menggunakan kartu kredit dengan benar pada mesin EDC sehingga Anda terhindar dari tindak penyalahgunaan. Jangan sampai lengah dan hanya akan mendatangkan kerugian di kemudian hari.

2. Manfaatkan Berbagai Keuntungan Kartu Kredit

Kartu kredit selalu memberikan penawaran menarik yang dapat dimanfaatkan secara maksimal pada saat yang tepat. Anda bisa menggunakan promo atau potongan harga untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Penawaran ini tentu saja akan sangat membantu Anda dalam melakukan penghematan.

Namun, satu hal yang perlu diingat bagi Anda pengguna baru kartu kredit, jangan sampai tergoda dengan berbagai penawaran menarik yang mendorong Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal ini hanya akan menyebabkan pemborosan dan menambah daftar utang Anda dalam tagihan kartu kredit.

3. Manfaatkan Sistem Cicilan dalam Bertransaksi

menggunakan kartu kredit
manfatkan layanan cicilan kartu kredit via debt.org

Salah satu keunggulan dan kemudahan yang diberikan kartu kredit kepada penggunanya adalah sistem cicilan (installment). Anda dapat membeli barang yang benar-benar dibutuhkan melalui sistem cicilan setiap bulan. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam mengelola pengeluaran per bulan sehingga tidak mengganggu pengeluaran wajib setiap bulannya.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan dan memperhitungkan beberapa hal sebelum menggunakan sistem cicilan, yaitu suku bunga dan periode cicilan. Ada beberapa kartu kredit yang menawarkan cicilan 0% untuk periode cicilan 3–6 bulan.

Tidak sedikit pula, kartu kredit yang memberlakukan suku bunga cukup tinggi setiap bulannya terhadap beberapa jenis barang. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan perbandingan dan perhitungan terlebih dahulu sebelum mengambil cicilan.

4. Hindari Tarik Tunai Menggunakan Kartu Kredit

Bagi Anda pengguna baru kartu kredit, sebaiknya dapat membedakan fungsi kartu debit dan kartu kredit. Satu hal yang perlu diingat, hindari melakukan tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit. Mengapa demikian? Karena setiap transaksi tarik tunai dengan kartu kredit akan dikenakan biaya penarikan sebesar 4% atau minimal Rp50.000.

Biaya ini tergolong cukup besar dan sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali jika ingin melakukan tarik tunai dari kartu kredit Anda.

5. Jadikan Laporan Transaksi untuk Memantau Penggunaan Kartu Kredit

menggunakan kartu kredit
pantau terus penggunaan kartu kredit Anda via businessinsider.com

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda pasti menerima laporan yang mencantumkan setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit selama sebulan penuh. Melalui surat tagihan ini, Anda dapat mengetahui apakah transaksi yang dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan atau hanya sekadar lapar mata sesaat.

Jika ada yang tidak sesuai kebutuhan maka laporan tagihan bulan ini dapat digunakan untuk merencanakan dan mengatur pengeluaran di bulan selanjutnya. Laporan tagihan kartu kredit juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengendalikan dan mengelola keuangan bagi Anda yang cukup sibuk sehingga tidak sempat mencatat keuangan sehari-hari.

Kelola Penggunaan Kartu Kredit dengan Baik

Kartu kredit memang memberikan kemudahan dan berbagai penawaran menarik bagi kita yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit. Di sisi lain, penggunaan kartu kredit juga memiliki risiko yang cukup tinggi bagi orang yang tidak cermat dalam menggunakannya. Sesungguhnya, Anda hanya perlu fokus pada dua hal saja dalam memanfaatkan kartu kredit, yaitu pengelolaan dan komitmen.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan komitmen untuk selalu disiplin dalam menggunakan kartu kredit maka Anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, gunakan kartu kredit dengan bijak, hindari utang, dan bayarlah tagihan tepat waktu sehingga keuangan tetap terkendali.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts