Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 16:57

Asuransi Kesehatan Terbaik, Begini Cara Menemukannya

Kesehatan itu mahal harganya, pepatah ini memang benar adanya. Hal ini karena ketika kita sakit, akan banyak biaya yang dibutuhkan agar bisa kembali sehat seperti semula. Belum lagi, sakit membuat seseorang tidak bisa bekerja dan beraktivitas seperti biasa. Tentu banyak sekali kerugian yang diderita ketika sakit.

Oleh sebab itu, perlindungan asuransi sangat dibutuhkan untuk Anda dan keluarga. Asuransi seperti apa yang dibutuhkan? Tentu saja asuransi kesehatan. Dengan menggunakan asuransi kesehatan kita bisa mengantisipasi risiko-risiko yang berkemungkinan terjadi pada tubuh.

Misalnya saja, ketika sakit, asuransi kesehatan bisa menjadi tameng akan biaya berobat yang mahal sesuai polis yang tertuang di awal. Singkat kata, asuransi kesehatan memberikan jaminan finansial kepada penggunanya. Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk Anda dan keluarga? Simak ulasan berikut.

1. Pahami Jenis Asuransi yang Ditawarkan

asuransi kesehatan terbaik

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu jenis asuransi mana yang akan dipilih. Hal ini dilakukan agar tidak salah memilih. Sejauh ini ada dua tipe asuransi kesehatan yaitu hospital benefit dan hospital cash plan.

Hospital benefit adalah jenis produk asuransi kesehatan yang akan memberikan ganti rugi biaya pengobatan dan biaya rumah sakit sesuai dengan detail biaya yang dikeluarkan saat nasabah sakit. Mudahnya, jenis asuransi ini akan mengganti semua pengeluaran Anda untuk berobat.

Hospital cash plan adalah jenis produk asuransi kesehatan yang akan memberikan uang dengan besaran tertentu dan dalam waktu tertentu saat Anda sakit. Hal ini disesuaikan dengan polis di awal. Misalnya, ketika sakit, asuransi akan memberikan uang sebesar Rp1 juta per hari, tidak peduli dengan biaya yang sebenarnya dikeluarkan untuk berobat.

2. Pahami Cara Klaim Asuransi

Untuk melakukan klaim asuransi kesehatan saat Anda sakit ada dua cara yang dikenal, yaitu dengan metode cashless dan reimbursement. Keduanya memiliki keuntungannya masing-masing, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Cashless merupakan metode klaim asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu asuransi sebagai tanda Anda mengikuti asuransi. Misalnya, ketika berobat ke rumah sakit, Anda tinggal tunjukan kartu tersebut ke rumah sakit, maka seluruh tagihan akan dialihkan ke perusahaan asuransi.

Reimbursement merupakan metode klaim asuransi kesehatan dengan cara Anda membayar terlebih dahulu semua biaya pengobatan yang ada. Kemudian, perusahaan asuransi akan menggantinya nanti. Caranya, Anda tinggal memberikan struk tagihan sebagai bukti, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana sesuai yang sudah Anda keluarkan.

3. Pelajari Manfaat dari Asuransi

Hal ini sangat penting sebelum mengajukan asuransi kesehatan. Anda harus tahu terlebih dahulu manfaat apa yang didapatkan saat menggunakan asuransi. Misalnya, manfaat ketersediaan dana dari perusahaan asuransi yang siap me-cover biaya kesehatan yang dibayarkan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat saat menggunakan asuransi kesehatan, seperti ketenangan jiwa, sebagai investasi, meminimalkan kerugian dan manfaat mengatur keuangan.

4. Jaringan Rumah Sakit Luas

asuransi kesehatan terbaik
jaringan rumah sakit harus luas via okezone.com

Selanjutnya adalah mengetahui rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan asuransi kesehatan Anda. Atau bisa digunakan di rumah sakit mana saja asuransi tersebut. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak salah memilih rumah sakit saat klaim asuransi.

Pilihlah asuransi yang bisa klaim di rumah sakit mana saja. Selain itu, pastikan rumah sakit di dekat rumah, atau rumah sakit tempat Anda berobat termasuk ke dalam jaringan rumah sakit perusahaan asuransi.

5. Perawatan Rumah Sakit yang Diberikan

Pada umumnya, ada dua jenis perawatan dari rumah sakit yang diberikan, yaitu perawatan rawat jalan (out-patient) dan rawat inap (in-patient). Pastikan bahwa asuransi yang akan dipilih memiliki pelindungan dari dua jenis perawatan ini. Atau, pilih perawatan rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena ada perusaahan asuransi yang juga menanggung biaya persalinan dan perawatan gigi.

6. Pastikan Penyakit yang Diderita Masuk Asuransi

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, pastikan asuransi kesehatan yang dipilih menanggung hal tersebut. Jangan sampai penyakit tersebut di luar tanggungan asuransi. Percuma saja memiliki asuransi, jika nantinya Anda tetap membayar lebih untuk berobat.

7. Pilih Premi yang Terjangkau

asuransi kesehatan terbaik
harga premi relatif terjangkau via amazonaws.com

Berapa pendapatan Anda per bulan? Berapa premi asuransi yang ditawarkan? Kedua hal tersebut harus diperhatikan sebelum mengajukan asuransi kesehatan agar tidak keteteran. Pilihlah premi asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Ada baiknya untuk memilih premi asuransi yang tidak lebih dari 10% dari pendapatan per bulannya. Hal ini dilakukan agar kebutuhan pokok bisa terpenuhi dengan baik. Jangan sampai uang yang didapatkan hanya habis untuk membayar asuransi saja.

Akan tetapi, Anda juga harus ingat, semakin lengkap perlindungan yang diberikan, semakin tinggi juga premi yang diberikan. Oleh karena itu, sesuaikan juga perlindungan-perlindungan yang ingin dimiliki. Pilihlah perlindungan yang potensi terjadinya pada Anda tinggi.

8. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Berhati-hatilah dalam memilih perusahaan asuransi. Banyak perusahaan asuransi abal-abal yang memberikan seribu satu macam janji, padahal kenyataannya tidak. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel.

Bagaimana cara membedakan perusahaan asuransi yang kredibel? Perusahaan asuransi kredibel biasanya sudah punya nama.  Pelanggannya juga sudah banyak. Oleh sebab itu, teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan perusahaan asuransi mana yang akan dipilih.

Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan lewat internet untuk memastikan perusahaan asuransi tersebut terpercaya atau tidak. Caranya, lihat testimoni dari orang yang sudah pernah mengajukan asuransi dari perusahaan tersebut. Selai itu, cari tahu juga rekam jejak dari perusahaan tersebut. Sudah berapa lama berdiri dan pernah terkena kasus atau tidak.

9. Proses Klaim Lancar

Pilihlah perusahaan asuransi yang terkenal mudah dalam melakukan klaim. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada perusahaan asuransi bagaimana cara klaimnya dan apa persyaratannya.

10. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

asuransi kesehatan terbaik
gunakan asuransi kesehatan murni via netdna-cdn.com

Jika anggaran terbatas, tapi tetap ingin memiliki perlindungan dari asuransi, pilihlah asuransi kesehatan murni. Hal ini karena preminya lebih rendah. Hal ini karena premi tidak dibagi-bagi untuk investasi dan lain sebagainya.

Bandingkan dengan Asuransi Lain Sebelum Mengajukan

Lakukan perbandingan premi dan manfaat yang diberikan dari setiap perusahaan asuransi. Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran perusahaan asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Hal tersebut bisa dilakukan lewat berbagai situs pembanding di internet. Pilihlah asuransi yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kondisi finansial.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts