Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 15:29

Aplikasi Online Kartu Kredit Anda Ingin Disetujui? Lakukan Cara Ini

Kartu kredit memang sudah seperti kebutuhan saat ini. Metode pembayarannya yang bisa dicicil membuat orang tergiur untuk membeli sesuatu dengan kartu kredit, apalagi adanya fasilitas pembayaran minimum 10% untuk Anda yang belum mau melunasinya.

Belum lagi beragam promo dan diskon menarik yang ditawarkan kartu kredit menambah kemudahan dan kenyamanan berbelanja. Tak heran jika pengajuan kartu kredit akhir-akhir ini meningkat. Belum lagi ditambah dengan adanya fasilitas pengajuan kartu kredit via online

Pengajuan kartu kredit via online dinilai lebih praktis dan mudah. Pengajuan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini sangat cocok dengan kebiasaan orang kota yang selalu disibukkan dengan pekerjaannya, sehingga untuk meluangkan waktu ke bank saja sulit.

Untuk itu, bagaimana cara mengajukan kartu kredit via online? Apakah prosedurnya sama dengan mengajukan secara konvensional? Mari simak ulasan berikut untuk menjawabnya.

1. Buka Website Bank

mengajukan pinjaman
buka dulu website bank via suntrustng.com

Sebagai penerbit kartu kredit, bank tentunya menyediakan fasilitas pengajuan kartu kredit pada websitenya. Untuk itu, Anda perlu memilih terlebih dahulu, di bank mana Anda akan mengajukan kartu kredit. Jika sudah, langsung berselancar ke website bank tersebut.

Pilih pengajuan aplikasi online pada website bank, kemudian pilih menu kartu kredit, maka Anda akan menerima formulir yang harus diisi. Hal ini sangatlah memudahkan, ketimbang harus datang ke kantor cabang bank terdekat. Selanjutnya, Anda akan diinformasikan langkah selanjutnya.

2. Ajukan Lewat Situs Pembanding

Selain langsung mengajukan pada website resmi bank, Anda juga dapat mengajukan kartu kredit lewat situs pembanding yang beredar di internet. Kelebihannya, dengan mangajukan kartu kredit lewat situs pembanding, Anda dapat membandingkan kelebihan kartu kredit dari satu bank dengan bank lainnya.

Misalnya, Anda akan mengajukan permintaan kartu kredit lewat suatu situs pembanding. Di sana Anda akan disuguhkan beraneka ragam kartu kredit dari setiap bank. Anda tinggal memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, situs pembanding sudah mengelompokkan kartu kredit menurut kebutuhannya. Perhatikan juga promo apa yang diberikan setiap kartu kredit.

Dengan mengajukan kartu kredit lewat situs pembanding, Anda jadi bisa menyesuaikan kebutuhan dengan kartu kredit. Contohnya, Anda akan lebih sering menggunakan kartu kredit untuk makan di restoran, maka pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan promo makan di berbagai restoran.

3. Perhatikan Persyaratan

Sudah tahukah Anda persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah kartu kredit? Jika belum, ada baiknya membaca terlebih dahulu persyaratan pengajuan kartu kredit dari suatu bank. Hal ini karena persyaratan dari bank bisa saja berbeda-beda. Namun, pada umumnya, syarat pengajuan kartu kredit adalah sebagai berikut.

  • Usia Minimal Pemegang Kartu Utama 21 Tahun
  • Usia Maksimal Pemegang Kartu Utama  60 tahun
  • Usia Pemegang Kartu Tambahan 17 Tahun
  • Penghasilan Minimal Rp5 juta per bulan
  • Pegawai atau Wirausaha

4. Jalani Proses

kartu kredit online
bank akan segera menghubungi Anda via gravismarketing.com

Jika sudah mengisikan data diri dan formulir yang disediakan pada website, baik di website resmi bank ataupun situs pembanding, selanjutnya adalah mengikut proses yang diarahkan. Biasanya, Anda akan dihubungi lewat telepon oleh pihak terkait sebagai tanda pengajuan Anda sedang diproses. Selain itu, Anda juga akan diwawancarai via telepon terkait dengan pengajuan kredit Anda. Selanjutnya, mereka akan meminta Anda melengkapi dokumen persyaratan.

5. Lengkapi Dokumen yang Diminta

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit? Dokumen yang dibutuhkan tidaklah sulit, umumnya Anda hanya perlu melengkapi dokumen berikut.

  • Fotokopi KTP atau Kartu Identitas Lain
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  • Slip Gaji/SKP/SPT
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk profesi)
  • Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)

6. Perhatikan Arus Kas Rekening Tabungan

Salah satu cara agar pengajuan kartu kredit Anda disetujui adalah arus kas rekening tabungan harus aman. Artinya, arus kas Anda di rekening lancar antara pendapatan dan pengeluaran di tiga bulan terakhir. Jangan sampai pengeluaran melebihi pendapatan.

Untuk itu, atur dengan baik keuangan tiga bulan sebelum mengajukan kartu kredit agar riwayat kas terlihat aman dan pengajuan disetujui.

7. Pilih Bank tempat Anda membuka Rekening Tabungan

kartu kredit online
pilih mengajukan kartu kredit di bank tempat Anda menabung via abc.net.au

Cara mudah untuk mendapat persetujuan bank dalam mengajukan kartu kredit adalah mengajukan kartu kredit di bank tempat Anda membuka rekening tabungan. Misalnya, Anda memiliki rekening tabungan pada Bank A, cobalah untuk menanyakan perihal pengajuan kartu kredit lewat call centre bank tersebut.

Dengan mengajukan kartu kredit di mana Anda sudah memiliki rekeningnya, bank akan menganggap Anda adalah nasabah yang loyal. Tentunya, aplikasi pengajuan kartu kredit Anda akan lebih mudah untuk disetujui.

Selain itu, jika mengajukan pada bank lain, ada kemungkinan bank tersebut meminta Anda membuka rekening di bank tersebut terlebih dahulu.

8. Pastikan Tidak Pernah Melakukan Kredit Macet

Apakah Anda pernah melakukan pinjaman kredit sebelumnya? Apakah pembayarannya lancar? Hal tersebut akan mempengaruhi pengajuan kartu kredit. Apabila pernah melakukan kredit macet, bank penerbit kartu kredit akan pikir-pikir untuk menyetujui permintaan kartu kredit Anda.

Hal ini karena, kartu kredit juga merupakan utang. Artinya, Anda akan memiliki utang untuk setiap pembelanjaan dengan kartu kredit yang bisa dibayar nanti. Jika cicilan pinjaman sebelumnya saja macet, bagaimana dengan pembayaran cicilan bulanan kartu kredit?

9. Pilih Kartu Kredit untuk Pemula

Berbagai bank menyediakan pilihan kartu kredit untuk aplikan pemula. Artinya, syarat yang diberikannya pun juga cukup mudah karena kartu kredit ini ditujukan untuk orang yang belum memiliki kartu kredit sebelumnya. Oleh karena itu, Bagi Anda yang belum pernah mengajukan kartu kredit sebelumnya, pilihlah kartu kredit untuk pemula.

Caranya, tanyakan pada bank, kartu kredit mana yang cocok untuk pemula. Selain itu, jangan ajukan kartu kredit tambahan jika belum memiliki kartu kredit utama. Hal ini karena persyaratan dalam mengajukan kartu kredit tambahan adalah harus memiliki kartu kredit utama.

10. Tunggu Bank Memberi Kabar Persetujuan

kartu kredit online
semoga pengajuan kartu kredit Anda disetujui via yimg.com

Bila Semua Proses sudah dilalui, selanjutnya adalah menunggu kabar persetujuan dari bank. Proses ini biasanya memakan waktu 7-14 hari kerja. Diterima atau ditolak bank akan tetap memberi kabar kepada Anda. Misalkan belum ada kabar selam 2 minggu, Anda dapat menghubungi pihak bank untuk menanyakannya.

Ajukan Kartu Kredit Bila Memang Butuh

Untuk mengajukan kartu kredit, pikirkan dulu kegunaannya. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jangan mengajukan kartu kredit karena hanya ingin ikut-ikutan saja. Ingat cicilan yang harus dibayar per bulannya.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts