Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 15:33

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Cari di 4 Bank Ini

Kebutuhan hidup akhir-akhir ini meningkat, seiring dengan gaya hidup dan harga kebutuhan pokok yang juga ikut meningkat. Banyak orang mengakalinya dengan cara mengajukan pinjaman ke bank. Terlebih bank menyediakan beragam jenis pinjaman untuk memudahkan nasabahnya, salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA memang menjadi produk keuangan populer belakangan ini, hal ini karena jenis pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan agunan untuk menikmatinya. Berbeda dengan jenis pinjaman Kredit Multi Guna (KMG) atau jenis pinjaman lainnya yang mengharuskan peminjam menjaminkan aset berupa tanah, rumah, mobil dan lain sebagainya.

Uang pinjaman KTA ini pun bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari biaya mendesak, biaya pengobatan, biaya pendidikan anak, pelunasan utang, biaya pernikahan, biaya renovasi rumah hingga modal usaha.

Seiring kepopuleran KTA, banyak bank menyediakan fasilitas ini dengan beragam penawaran terbaik yang mereka berikan. Baik bank BUMN dan bank swasta memiliki fasilitas ini. Tentu saja hal ini menguntungkan karena Anda memiliki banyak pilihan untuk mengajukan KTA. Namun, jika banyak pilihan, terkadang kita juga bingung untuk menentukan. Untuk itu, ada 4 pilihan bank yang direkomendasikan dalam urusan KTA ini. Berikut ulasannya.

1. MayBank

mengajukan kta
Bank Maybank via todayonline.com

MayBank adalah salah satu bank swasta yang bisa dijadikan pilihan dalam mengajukan KTA. Lewat produknya PITA, Pinjaman Tanpa Agunan, Anda yang bergaji minimal Rp2 juta per bulan dapat mengajukan KTA di bank ini. Ringan sekali bukan syaratnya? Tapi, syarat tersebut hanya berlaku bagi karyawan yang berada di luar Jabodetabek. Sedangkan, untuk pegawai yang bekerja di Jabodetabek, harus memiliki gaji minimal Rp2.5 juta per bulan.

Lalu bagaimana dengan wiraswasta? Tidak perlu khawatr, PITA menyaratkan penghasilan minimal Rp4 juta per bulan bagi wiraswasta yang ingin mengajukan KTA. Belum memiliki rekening dari MayBank? Segera buat dan ajukan KTA.

2. Standard Chartered

pinjaman tanpa jaminan
Bank Standard Chartered via abc.net.au

Standard Chartered bisa dijadikan salah satu pilihan dalam mengajukan KTA, bahkan sangat dianjurkan. Bank universal yang berpusat di London, Britania Raya ini memberikan banyak penawaran menarik bagi Anda yang ingin mengajukan KTA lewat bank ini.

Apa saja penawaran yang diberikan Standard Chartered? Salah satu penawaran yang diberikan oleh bank universal ini adalah limit pinjaman yang bisa mencapai Rp300 juta, di mana bank lain pada umumnya hanya memberikan limit Rp200 juta. Selain itu, tenor yang diberikan Standard Chartered bisa mencapai 60 bulan atau setara dengan 5 tahun.

Proses pengajuannya juga terbilang cepat, Anda hanya perlu menunggu sekitar 2-3 hari, dana pinjaman akan cair. Selain itu, Standard Chartererd juga menyediakan pinjaman KTA online untuk lebih memudahkan nasabahnya mendapat pinjaman.

3. Bank Mandiri

bank mandiri
Bank Mandiri via wordpress.com

Bank selanjutnya yang direkomendasikan dalam mengajukan pinjaman KTA adalah Bank Mandiri. Bank plat merah ini merupakan bank terbesar dalam hal aset, pinjaman hingga deposito.Oleh karena itu, tidak usah diragukan lagi kemampuan Bank Mandiri dalam memberikan pinjaman kepada para nasabahnya.

Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh bank milik negara ini adalah asuransi yang diikutsertakan dalam KTA. Artinya, dengan melakukan pinjaman KTA lewat Bank Mandiri, debitur diberikan manfaat berupa perlindungan asuransi jiwa.

Hal ini sebagai sarana antisipasi dari risiko yang berkemungkinan terjadi, misalnya debitur terkena musibah yang mengakibatkannya tidak dapat bekerja untuk melunasi utang KTA. Asuransi akan memberikan ganti rugi, sehingga si peminjam dapat membayar pinjamannya.

4. Bank BRI


Bank BRI

Bank milik negara lainnya yang dapat dijadikan pilihan dalam mengajukan pinjaman tanpa agunan, KTA, adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, jadi kredibiltasnya dalam melayani konsumen sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, apalagi Bank BRI sudah lebih dari 120 tahun melayani rakyat Indonesia.

Lalu apa keuntungan mengajukan KTA lewat Bank BRI? Bank BRI memberikan kenyamanan lebih untuk para nsabahnya, lewat fasilitas pinjaman tanpa agunannya yang dinamai BRIGuna si debitur akan mendapatkan asuransi jiwa. Jadi selama masa pinjaman, peminjam memiliki perlindungan asuransi yang akan melindunginya dari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Untuk mengajukan KTA di Bank BRI, persyaratannya cukup mudah. Anda harus memiliki gaji minimal Rp2 juta per bulan agar pinjaman disetujui. Sedangkan untuk wirausaha, Bank BRI mensyaratkan usaha yang sudah dikelola minimal sudah jalan selama 2 tahun. Mudah bukan?

Pinjaman dari Lembaga Keuangan Non-Bank

Selain mengajukan KTA lewat lembaga perbankan, Anda juga dapat mengajukannya lewat lembaga keuangan lainnya yang menawarkan produk serupa. Saat ini banyak sekali lembaga keuangan non-bank yang menawarkan produk KTA. Jadi Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari pinjaman tanpa agunan.

Namun, banyaknya lembaga yang menyediakan pinjaman KTA membuat Anda bingung juga. Bagaimana caranya dan bagaimana prosedurnya. Secara keseluruhan cara mengajukan KTA lewat lembaga non-bank hampir sama dengan bank, ditambah adanya pengajuan secara online. Untuk itu, perhatikan hal berikut untuk mengajukan pinjaman lewat lembaga lainnya.

1. Siapkan Dokumen

Dokumen yang dipersyaratkan untuk melakukan pinjaman tanpa agunan di lembaga penyedia pinjaman lain hampir sama simpelnya dengan di bank. Berikut adalah dokumen yang harus dipersiapkan.

  • Fotokopi KTP atau Kartu Identitas Lain
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  • Slip Gaji/SKP/SPT
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk peminjam profesi)
  • Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)

2. Warga Negara Indonesia

Salah satu syarat mengajukan pinjaman tanpa agunan lewat lembaga penyedia pinjaman lainnya adalah Anda harus memiliki berkewarganegaraan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menunjukkan KTP.

  • Usia Peminjam Cukup

Berapa usia minimal untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan? Minimal usia peminjam adalah 21 tahun. Akan tetapi, ada beberapa lembaga yang memberi kelonggaran, usia 18 tahun sudah boleh mengajukan KTA. Namun, hal ini tidak disarankan, mengingat kematangan cara berpikir secara finansial si peminjam.

  • Penghasilan Memadai

Penghasilan minimal untuk mengajukan KTA di lembaga lain berbeda-beda. Hal ini mengacu pada kondisi ekonomi regional tempat si peminjam bekerja. Untuk itu Upah Minimum Regional (UMR) dijadikan standar gaji untuk mengajukan KTA.

  • Perhatikan Limit Pinjaman

Untuk pinjaman ringan, sekitar Rp3-5 juta, tenor yang disediakan hanya sebentar, yaitu 15-30 hari. Bunga yang dibebankan umumnya sekitar 1 persen. Jangan ajukan pinjaman yang membebankan bunga lebih dari 3 persen.

Pilih Lembaga yang Sesuai

Dalam memilih lembaga penyedia pinjaman, Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan. Caranya, lihat berapa besaran dana yang ditawarkan, tenor serta bunga. Selain itu, perhatikan juga persyaratan yang ditawarkan. Ada baiknya untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan yang persyaratannya dapat dipenuhi.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts