Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 14:14

Manfaat Kredit Multiguna yang Anda Rasakan Jika Menggunakannya

manfaat kredit multiguna

Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Apa yang Anda lakukan jika sedang membutuhkan sesuatu, namun tidak memiliki dana yang cukup? Kredit atau pinjaman menjadi salah satu jawabannya.

Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis produk dan metode pinjaman yang banyak ditawarkan dan disediakan oleh pihak bank atau berbagai lembaga penyedia pinjaman di Indonesia. Mulai dari pinjaman tanpa jaminan hingga pinjaman dengan jaminan atau biasa disebut Kredit Multiguna (KMG). Anda bebas memilih jenis pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Salah satu jenis pinjaman yang sering digunakan oleh masyarakat adalah Kredit Multiguna (KMG). Apa yang Anda ketahui dari kredit multiguna? Berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit multiguna atau kredit dengan agunan adalah produk pinjaman yang diberikan kepada masyarakat dengan syarat menyerahkan aset berharga yang dimiliki sebagai jaminan.

Salah satu alasan banyak orang mengandalkan kredit multiguna adalah pencairan dana yang cepat. Hal ini dikarenakan pihak bank memegang aset berharga Anda sebagai jaminan sehingga risiko yang ditanggung pihak bank lebih kecil dibandingkan kredit tanpa agunan.

Bahkan, ada beberapa perusahaan penyedia layanan kredit multiguna yang dapat mencairkan dana dalam kurun waktu 24 jam. Oleh karena itu, kredit multiguna sangat sesuai bagi Anda yang membutuhkan dana cepat untuk keperluan usaha, dana pendidikan, maupun biaya kesehatan.

Apakah Anda pernah mengajukan kredit multiguna? Mengapa Anda harus menggunakan kredit multiguna? Tentunya Anda harus menyesuaikan dan mempertimbangkan kebutuhan dan keuangan sebelum mengajukan kredit multiguna. Pengguna kredit multiguna memang belum sebanyak pengguna kredit tanpa agunan.

Namun, ada beberapa manfaat kredit multiguna yang tidak dapat Anda temukan di kredit tanpa agunan. Apa sajakah manfaat itu? Berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika Anda mengajukan kredit multiguna.

1. Kredit Multiguna Bersifat Fleksibel

manfaat kredit multiguna
Kredit Multiguna itu fleksibel digunakan via businessfirstfamily.com

Kredit multiguna cenderung lebih fleksibel dibandingkan kredit tanpa agunan. Fungsi fleksibilitas ini banyak dimanfaatkan sebagian besar orang sebagai solusi pembiayaan untuk berbagai keperluan yang bersifat konsumtif atau nonkonsumtif, terutama kegiatan usaha atau investasi, pembelian kendaraan bermotor atau properti, hingga biaya pendidikan.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan aset karena pihak bank akan langsung mengembalikan aset yang diagunkan ketika sudah menyelesaikan masa cicilan dan melunasi pinjaman. Hal ini dapat membuat Anda jauh lebih tenang dan nyaman dalam menjalani masa cicilan.

2. Bunga Pinjaman Kredit Multiguna Ringan

manfaat kredit multiguna
bunga Kredit Multiguna relatif ringan via investmentu.com

Kredit multiguna menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah dibandingkan kredit tanpa agunan. Hal tersebut dikarenakan Anda telah menyerahkan aset sebagai jaminan sehingga pihak bank tidak terlalu khawatir jika suatu saat nasabah mengalami gagal bayar.

Bunga pinjaman yang ringan sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi Anda sehingga uang cicilan dan bunga yang harus dibayar setiap bulannya tidak terlalu besar. Hal ini juga bermanfaat dalam meringankan beban keuangan Anda sehingga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selain itu, Anda juga dapat mengelola sektor keuangan lain dalam hidup dengan sebaik-baiknya.

Melalui kredit multiguna, Anda bisa memilih bunga pinjaman yang tentu saja paling sesuai dengan kemampuan. Usahakan jangan memilih cicilan yang melebihi sekitar 30% dari penghasilan Anda setiap bulan. Hal ini tentu saja dapat memberatkan Anda dalam membayar angsuran. Jangan sampai Anda mengalami gagal bayar dan akhirnya berdampak pada penyitaan aset berharga yang diserahkan sebagai jaminan.

3. Masa Cicilan Kredit Mutiguna Panjang

manfaat kredit multigunamasa tenor Kredit Multiguna lebih panjang via squarespace.com

Pemilihan lamanya masa cicilan sangat menentukan biaya cicilan dan bunga yang harus Anda bayar setiap bulannya. Semakin lama masa cicilan yang Anda pilih biasanya semakin kecil pula biaya cicilan dan bunga pinjaman setiap bulannya. Kredit multiguna menawarkan fasilitas masa cicilan jangka panjang jika dibandingkan kredit tanpa agunan. Lamanya masa cicilan kredit multiguna bisa mencapai 15 tahun. Bahkan, beberapa lembaga menawarkan jangka waktu angsuran hingga 20 tahun.

Masa cicilan yang panjang tersebut tentunya sangat bermanfaat dan membantu peminjam dalam menentukan jumlah cicilan dan bunga yang paling sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, manfaat ini juga membantu peminjam dalam pengelolaan keuangannya setiap bulan. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan kredit tanpa agunan yang biasanya memiliki masa cicilan singkat.

4. Limit Kredit Multiguna Jauh Lebih Besar

manfaat kredit multiguna
limit Kredit Multiguna lebih tinggi via commons-images.com

Melalui kredit multiguna, Anda dapat mengajukan limit pinjaman hingga nilai yang jauh lebih besar dibandingkan kredit tanpa agunan. Pihak bank atau lembaga penyedia pinjaman mampu menawarkan besar pinjaman mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp2.000.000.000.

Bahkan, sekarang ini dapat ditemukan beberapa bank maupun lembaga penyedia kredit yang menawarkan limit pinjaman hingga Rp5.000.000.000. Namun, besarnya pinjaman yang diberikan pihak bank atau lembaga tetap harus mempertimbangkan nilai dari jenis aset berharga yang diberikan peminjam sebagai jaminan.

Semakin besar nilai aset yang dijadikan sebagai jaminan makan semakin besar pula pinjaman yang bisa diperoleh. Jumlah pinjaman yang sangat besar tersebut tentu saja dapat dimanfaatkan peminjam yang sedang membutuhkan dana cepat dan besar untuk berbagai kebutuhan, terutama modal bisnis.

Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa semakin besar nilai pinjaman maka semakin besar pula cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda tetap harus bijak dan berhati-hati dalam mengelola keuangan selama masa cicilan berlangsung. Jangan sampai Anda justru terjerat utang besar dan berdampak pada penyitaan aset.

Tertarik Menggunakan Kredit Multiguna?

Demikian beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika memutuskan untuk mengajukan kredit multiguna. Apakah Anda tertarik untuk mengajukan dan menggunakan produk kredit ini? Kredit multiguna memang jawaban yang tepat ketika Anda sedang membutuhkan dana besar dan cepat. Tentunya Anda harus memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan sebagai persyaratan utama.

Namun, fleksibilitas yang dimiliki kredit multiguna menjadi nilai tambah tersendiri. Masyarakat diberi kesempatan untuk menghitung dan mengelola biaya cicilan dan bunga yang harus mereka bayar setiap bulannya dengan mempertimbangkan kondisi keuangan. Dengan demikian, tetaplah jadi pribadi yang cermat dan bijak dalam mengajukan kredit dan mengelola keuangan.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts