Diperbaharui pada Senin, 12 Oktober 2020 | 11:10

5 Hal Ini Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli Mirrorless!

Oleh Imam Ali

kamera mirrorless terbaik

Kehadiran kamera mirrorless menawarkan banyak hal, mulai dari harga, fitur dan desain, semua bisa Anda dapat. Tapi apakah dengan harga mahal sudah mewakili kamera yang Anda butuhkan?

Menyesuaikan dengan apa yang diperlukan memang hal utama, dan inilah yang akan menjadi ulasan awal dalam panduan memilih kamera mirrorless, tujuannya tentu agar Anda mendapatkan kamera yang dibutuhkan.

Jika Anda memerlukan kamera mirrorless, maka semua kamera mulai dari harga mahal dan harga yang paling murah akan memenuhi keperluan. Mulai dari merekam gambar atau video, karena sejatinya kamera memang untuk memotret atau merekam video.

Tetapi apakah kamera mahal memang benar-benar yang Anda butuhkan, atau kamera murah tersebut sudah mencukupi kebutuhan resolusi gambar atau perekaman video Anda?

Inilah mengapa perlu panduan memilih mirrorless agar nantinya tidak salah pilih dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Kamera Mirrorless

memilih kamera mirrorless yang bagus

Pilih kamera mirrorless yang sesuai dengan kebutuhan, tidak harus mahal atau murah. Meskipun fitur yang dimiliki setiap kamera mirrorless ditentukan oleh harga, namun fitur unggulan tersebut belum tentu mewakili dari kebutuhan Anda untuk memotret.

Jika Anda ingin kamera mirrorless untuk video travel blogger atau memotret street photography, maka Anda bisa memilih kamera mirrorless yang bagus bagi para pemula dengan resolusi 16MP untuk foto dan resolusi 1080p untuk video.

Fitur HD (high definition) sepertinya tidak terlalu diperlukan karena akan menambah berat kinerja post-processing untuk Anda melakukan upload video atau hasil foto.

Atau jika Anda membutuhkan kamera yang memiliki ketahanan luar ruang atau cipratan air karena pekerjaan Anda menuntut demikian maka pilih mirrorless yang telah memiliki lapisan pengaman air di bagian lensa atau waterproof dan dust proof.

Memang belum ada kamera mirrorless yang anti air penuh tetapi fitur tersebut bisa Anda pilih pada mirrorless yang harganya tidak harus mahal.

Sensor Kamera Mirrorless

Sensor kamera mirrorless

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kamera mirrorless agar tidak salah pilih adalah bagian sensor. Pastikan kamera mirrorless yang Anda pilih memiliki sensor yang baik, minimal adalah APS-C, dimana ada jenis sensor lain yakni CMOS, Fullframe serta Medium Format.

Umumnya APS-C dan CMOS adalah sensor yang banyak digunakan oleh produsen kamera, meskipun beberapa vendor kamera telah melansir sensor berukuran besar seperti Medium Format serta Fullframe.

Meski begitu, memilih sensor dengan jenis APS-C tidaklah salah, justru menyesuaikan kebuituhan Anda. Jika pengambilan gambar atau video hanya sebatas dokumentasi maka APS-C atau CMOS sudah sangat cukup.

Nah, berbeda ketika Anda membutuhkan hasil gambar dengan detail serta kualitas pembesaran yang maksimal. Agar tidak salah, Anda bisa pilih rekomendasi kamera mirrorless dengan sensor Fullframe atau Medium Format.

Dan perlu diketahui bahwa harga kamera dengan sensor besar juga lebih mahal dibanding dengan sensor APS-C, oleh sebab itu Anda perlu pertimbangkan panduan memilih kamera mirrorless yang bagus berikut ini agar tidak salah pilih.

Ketersediaan Lensa Kamera Mirrorless

Lensa kamera mirrorless

Yang tidak kalah penting dalam memilih kamera mirrorless yang bagus adalah ketersediaan lensa yang dimiliki. Dengan kecukupan lensa kamera maka Anda tidak perlu repot untuk menggunakan adapter ketika akan mengambil gambar dengan lensa khusus seperti telephoto atau makro. 

Selain pabrikan resmi kamera dan mirrorles, beberapa produsen third-party seperti Tamron, Tokina, atapun Samyang juga ikut memproduksi lensa untuk mirrorless. Jadi, tak ada salahnya jika panduan memilih mirrorless agar tidak salah pilih ini memperhatikan untuk ketersediaan lensa.

Pasalnya ketika Anda memilih kamera dengan sensor fullframe misalnya, pastinya kurang apik jika digunakan untuk medium format. Begitu juga untuk medium format, lensa yang digunakan juga harus sesuai.

Inilah yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih kamera mirrorless yang bagus.

Fitur Tambahan

kamera mirrorless

Mengapa fitur tambahan dalam mirrorless menjadi perhatian dan masuk dalam panduann memilih mirrorless agar tidak salah pilih, alasannya tentu untuk memperkaya ekplorasi pengguna ketika memiliki kamera tersebut.

Dengan tersedianya fitur NFC dan WiFi pada kamera mirrorless Canon EOS M10 misalnya, maka akan mempermudah penguna ketika mengirim gambar ke oran lain dengan bantuan internet atau perangkat pintar lain yang ada.

Kemudian ada fitur Classic Chrome pada Fujifilm XA2 yang akan membuat pengguna bisa memberikan gambar berbeda dan lebih unik ketimbang gambar yang diambil dengan komposisi normal dengan bantuan speed, ISO dan aperture.

Artinya jika beberapa poin seperti lensa, sensor ataupun hal lain telah terpenuhi maka Anda perlu melihat fitur tambahan yang dimiliki, jika bagus dan diperlukan maka tak ada salahnya untuk memiliki kamera mirrorless tersebut.

After Sales

memilih kamera mirrorless yang bagus

Inilah yang paling penting dalam panduan memilih mirrorless agar tak salah pilih, tak hanya produk kamera, layanan purna jual ini sangat diperhitungkan oleh konsumen, dimana ada banyak tempat dimana mendapatkan informasi ketika bermasalah, maka inilah yang bisa memberikan kenyamanan sehingga Anda tak perlu sungkan untuk memilih kamera mirrorless.

Canon misalnya, melalui PT Datasscrip, pusat seris dan penjualan sengaja diperbanyak di kota-kota besar seluruh tanah air, dan ini perlu dilakukan oleh vendor lain seperti Nikon, Fujifilm, Sony dan sebagainya.

Sepertinya itu saja yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli kamera mirrorless, meski ada banyak hal faktor lainnya.

Terlepas dari merk ataupun desain mungkin, namun panduan memilih kamera mirrorless yang bagus dari sisi harga, sensor dan lensa ini bisa Anda pertimbangkan.

Daftar Harga Kamera Mirrorless Terpopuler Bulan Ini

 

Like us!

Komentar