Diperbaharui pada Selasa, 2 Januari 2018 | 12:42

Manfaat Kartu Kredit yang Bisa Didapatkan Pemiliknya

Membicarakan kartu kredit dan fungsinya bagi kehidupan kita dewasa ini seakan tak ada habisnya. Mulai dari apa sih kartu kredit itu? Oh, ternyata kartu kredit itu ada jenis-jenisnya, ya? Hingga perdebatan benarkah kartu kredit ada manfaatnya selain membuat orang makin konsumtif?

Jika Anda masih ragu untuk memiliki kartu kredit dan berpikir kartu kredit hanya membuat kita tergoda untuk berutang, simak beberapa manfaat kartu kredit yang bisa didapatkan pemiliknya berikut ini:

Manfaat Kartu Kredit

manfaat kartu kredit
kartu kredit memberi banyak manfaat via loansindubai.net

1. Memberi Akses Untuk Bertransaksi ke Belahan Dunia Manapun

Kartu kredit dapat mengaburkan batas-batas geografis dan membantu Anda bertransaksi secara online. Sebagai contoh, Anda ingin mengikuti kelas menulis, sementara pengajar tinggal di negara lain. Jika Anda memiliki kartu kredit dan pengajar membuka kelas menulis online, Anda dapat menggunakannya untuk membayar keikutsertaan dalam kelas online-nya.

Dengan demikian, kartu kredit dapat Anda manfaatkan tak hanya untuk keperluan konsumtif saja, tetapi juga untuk mengikuti kata pepatah, “Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina.”

2. Menjadi Dana Darurat

Anda mungkin sudah mengatur anggaran pengeluaran, termasuk menyisihkan dana darurat, setiap bulan. Namun, ada kalanya sesuatu yang di luar rencana kita terjadi. Misal, Anda sedang pergi berlibur ke Belitung.

Ketika di pantai, tak sengaja handphone Anda terjatuh ke laut sehingga rusak. Mungkin Anda sudah menyediakan dana darurat untuk menanggulangi hal tak terduga seperti ini. Namun bagaimana jika dana yang ada belum mencukupi? Di saat seperti inilah peran kartu kredit terasa begitu penting. Karena untuk menanggulanginya, Anda bisa menggunakan kartu kredit Anda terlebih dahulu.   

3. Lebih Aman Dibandingkan Uang Tunai

Salah satu keunggulan kartu kredit dibanding uang tunai adalah tingkat keamanannya. Ketika Anda hendak membeli sesuatu ke tempat yang cukup jauh, membawa uang tunai dalam jumlah besar akan sangat riskan. Jika di perjalanan Anda mengalami musibah pencurian, uang tunai di dalam dompet sudah pasti tidak akan kembali lagi.

Akan tetapi, Anda masih punya waktu untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit Anda dengan menelepon layanan pengguna bank penerbit kartu. Laporan akan segera ditindaklanjuti dengan memblokir kartu Anda agar tidak dapat digunakan oleh pihak yang tak berwenang.

4. Memudahkan Membayar Tagihan Bulanan Anda

Jika Anda termasuk orang yang mudah lupa, kartu kredit dapat membantu mengingatkan Anda untuk melunasi tagihan bulanan tepat waktu. Mulai dari tagihan handphone, telepon rumah, listrik, hingga angsuran kendaraan dan angsuran rumah, Anda bisa mendaftarkan semuanya ke tagihan kartu kredit Anda dan membayarnya ketika tagihan datang. Tidak ada yang terlewat maka tidak ada tambahan denda yang harus Anda bayar karena Anda berhasil membayar semuanya tepat waktu.

5. Memberi Penawaran yang Menguntungkan

Beragam penawaran yang diberikan kartu kredit Anda, seperti diskon, pengumpulan poin ataupun rewards, mungkin dilihat sebagian orang sebagai godaan yang justru membuat Anda menjadi konsumtif dan terlilit cicilan.

Sebenaranya, kalau Anda dapat memanfaatkan penawaran ini dengan bijak dan penuh persiapan, beragam diskon dan rewards yang disediakan khusus untuk pemengang kartu kredit justru bisa membantu Anda lebih hemat dan malah mendapatkan keuntungan.

Misal, Anda memang sudah berencana ingin membuka usaha laundry dan toko barang-barang elektronik pun sedang memberikan promo diskon bagi pemegang kartu kredit tertentu. Jika Anda memang sudah menganggarkannya, tak ada salahnya memanfaatkan promo ini untuk membeli mesin cuci yang kelak menjadi modal usaha Anda.

Jadi, pintar-pintarlah memanfaatkan promo ini. Jangan sekadar memanfaatkan promo untuk membeli barang yang tidak akan memberikan keuntungan kembali untuk Anda, atau setidaknya pastikan Anda memang membutuhkan barang tersebut. Hindari menuruti nafsu semata.

6. Membantu Membangun Histori Kredit Anda

Di masa depan, ketika Anda membutuhkan pinjaman atau Kredit Multiguna, bank atau perusahaan pembiayaan lainnya akan mencari tahu histori kualitas kredit Anda sebagai bahan pertimbangan. Jika sebelumnya Anda memiliki kartu kredit dan tak pernah mengalami gagal bayar, kemungkinan pengajuan kredit Anda diterima akan lebih besar karena Anda memiliki riwayat kredit yang meyakinkan sebelumnya.

Ini berarti kreditur dapat mempercayai kemampuan Anda dalam membayar kembali kredit yang Anda ajukan. Di Indonesia, laporan kredit Anda dihimpun dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia (SDI BI) dan dikelola oleh salah satu bagian BI, yaitu Biro Informasi Kredit.

Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kartu Kredit

manfaat kartu kredit
Anda juga harus hati-hati dalam menggunakan kartu kredit via wordpress.com

Itulah beberapa manfaat kartu kredit yang bisa didapatkan pemiliknya. Selama Anda bijak menggunakannya, kartu kredit dapat membawa keuntungan untuk Anda. Ingin lebih memanfaatkan kartu kredit Anda? Hindari menggunakan kartu kredit untuk hal-hal berikut ini:

1. Lakukan Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

Beberapa melihat fungsi kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai sebagai salah satu manfaat kartu kredit. Jangan salah. Melakukan tarik tunai justru bisa membuat Anda rugi. Penyebab utamanya tentu saja biaya administrasi penarikan yang terlalu besar dibebankan kepada pemegang kartu.

Namun, ada efek lain yang membuat tarik tunai dengan kartu kredit merugikan Anda. Kegiatan tarik tunai Anda melalui kartu kredit akan dicatat dalam laporan kredit Anda. Akibatnya, jika Anda hendak mengajukan pinjaman, kreditur dapat melihat histori ini sebagai salah satu tanda kondisi finansial Anda tidak sehat. Catatan ini tentu dapat memengaruhi keputusan kreditur dalam memberikan kredit kepada Anda.

2. Membeli Mata Uang Asing, Voucher, dan Gift Card

Hindari membeli mata uang asing, voucher, dan gift card dengan menggunakan kartu kredit Anda. Penyebabnya, Anda dapat dikenakan biaya administrasi dan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan membelinya langsung dengan uang tunai.

Selain itu, ketika tagihannya datang, sekalipun Anda membayarnya secara penuh tanpa mencicil, Anda dapat dikenakan bunga tagihan. Kalau sudah begini, bukan manfaat, tetapi justru kerugian yang Anda dapatkan dari kartu kredit Anda.

Jangan Ragu Gunakan Kartu Kredit

Nah, apakah Anda masih ragu untuk memiliki kartu kredit? Tentu saja beberapa manfaat yang dijabarkan di atas masih bersifat umum. Bank penerbit kartu kredit yang Anda inginkan mungkin menawarkan beragam manfaat dan promo eksklusif lainnya. Jadi, tugas Anda adalah teliti mencari tahu lebih lanjut penawaran beserta aturan main penggunaan kartu kredit yang diberikan oleh bank tujuan Anda.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts