Diperbaharui pada Rabu, 31 Mei 2017 | 10:46

Bingung Milih Harddisk External yang Bagus? Cek Aja di Pricebook!

Di tengah beragam nya kebutuhan multimedia anda, kadang kala harddisk yang tersedia di laptop ataupun PC anda tak mencukupi untuk menyimpan berbagai jenis file yang anda miliki. Mulai dari dokumen kerja, foto liburan, film bahkan game tentunya membuat harddisk di laptop atau anda menjadi penuh sesak dan tak tersedia ruang kosong.

Hal itu tentu saja akan berimbas pada performa laptop dan PC anda menjadi lebih lemot dari biasanya. Solusi alternatif nya adalah dengan menggunakan harddisk external. Selain dapat memuat file yang lebih banyak karena kapasitasnya yang lumayan besar harddisk external juga memiliki kelebihan dari segi ukuran sehingga membuatnya dapat mudah dibawa dalam berpergian. Berikut kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih harddisk external yang bagus.

HDD vs SSD

Image via DigitalTrends

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data anda hal pertama yang harus diketahui adalah harddisk external terdapat dua jenis yaitu HDD dan SDD. HDD merupakan kependekan dari Harddisk Drive, sedangkan SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. HDD tersusun atas komponen mekanik dan elektronik.

Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik yang mengolah (baca dan tulis) data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan data.

Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melwati proses booting dalam hitungan detik, pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan HDD lebih lama tergantung dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat bila dibandingkan dengan SSD.

Ketahui Sistem Operasi yang Dipergunakan

Selain menentukan jenis harddisk yang diinginkan anda juga harus memperhatikan sistem operasi serta kompatibel atau tidak-kah harddisk dengan perangkat laptop atau PC anda. Jika anda pengguna Windows atau Machintosh anda harus mengetahui bahwa ada perbedaan antara MAC dan PC dalam hal format hard disk yang digunakan.

Jika perangkat milik anda adalah Machintosh, maka  memakai HFS+. Namun jika PC anda berbasis Windows, maka akan menggunakan hard disk berformat NTFS. Atas dasar hal itu, para developer umumnya mengeluarkan versi berbeda berdasarkan penggunanya. Sebenarnya sangat memungkinkan Meski OS X bisa membaca NTFS. Namun kita tidak bisa mengedit dan menulis di dalamnya. Sehingga menentukan pilihan hard disk yang akan digunakan berdasarkan Sistem operasi ini, menjadi hal yang cukup penting karena akan sangat percuma bila anda tidak memperhatikan hal tersebut.

Kinerja Harddisk

Kinerja HDD ditentukan oleh banyak faktor, tapi yang terpenting adalah RPM (revolutions per minute atau putaran per menit). RPM yang tinggi berarti bisa mentransfer data lebih cepat ke drive lain. Selain itu jangan pedulikan kecepatan SATA. Misalnya, drive modern biasanya bertuliskan 3.0GB dan 7200 RPM. Tidak ada HDD yang bisa mencapai kecepatan 3.0GB, tapi drive 7200 RPM selalu lebih cepat dari drive 5400 RPM.

Selain itu, HDD memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja, seperti waktu yang dibutuhkan melakukan proses read dan write ke drive. Tapi ada pula dua HDD yang memiliki 7200 RPM tapi salah satu dari mereka yang lambat ketika melakukan reposisi read. Tak ada standart yang bisa membandingkan access time. Tapi sebagian besar hardisk hari ini berada di tingkat yang sama.

Disisi lain kalau kamu mencari yang bisa read dan write dengan cepat, SSD adalah jawabannya. Selama kecepatan konektor SATA mendukung, maka SSD bisa mencapai kecepatan maksimal.

Kapasitas Harddisk Eksternal

Selanjutnya adalah soal kapasitas harddisk yang dibutuhkan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan penyimpanan data, sebaiknya anda mempertimbangkan kapasitas yang sesuai. Jangan sampai kita membeli hard disk yang ternyata belum mampu menampung file-file milik kita. Pasti akan rugi kan? Maka ketahuilah dulu seberapa besar file yang akan tertampung di dalamnya.

HDD memiliki banyak pilihan kapasitas penyimpanan, untuk saat ini yang paling besar adalah 4TB. Di sisi lain, SSD sangat kecil dan belum bisa mencapai 1TB. Harddisk berukuran 1TB misalnya, bisa menjadi pilihan. Sebagai bayangan saja, Ukuran hard disk 1TB dapat menampung 200 ribu foto yang kita ambil dengan kamera berukuran 6 MP. Selain itu dapat juga menampung 250 ribu lagu dengan kualitas 128kbps MP3. Namun jika kapasitas tersebut dirasa belum mencukupi anda dapat membeli harddisk dengan kapasitas yang lebih besar, biasanya dipergunakan untuk menyimpan file video, software berukuran besar serta untuk menyimpan game.

Harga

Setelah mempertimbangkan beberapa faktor diatas dan juga mempertimbangkan faktor kebutuhan anda. Maka hal terakhir yang paling penting adalah soal harga. Akan sangat percuma jika anda membeli harddisk external dengan kapasitas yang besar dan transfer data yang mumpuni namun keperluan anda hanya sekedar untuk menyimpan dokumen serta beberapa file lain yang ukurannya tidak terlalu besar. Berikut kami memberikan beberapa rekomendasi harddisk external yang ada di www.Pricebook.com yang menjadi alternatif buat Anda.

Nama Harga di Pasaran
Hitachi Touro 1TB Rp 900.000
Western Digital Elements 1TB Rp 600.000
Western Digital Elements 500GB Rp 330.000
Toshiba Canvio Basic 1TB Rp 576.000
Hitachi Touro 2TB belum ada harga

Setelah melihat ulasan diatas, semoga menambah referensi Anda dalam memilih harddisk external yang baik dan berkualitas. Selamat memilih!

Baca juga artikel:
10 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Populer Dalam Pencarian Pricebook
Mengenal Ciri Harddisk yang Rusak Serta Solusi Memperbaikinya
Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Hard Disk Untuk Gaming
Like us!
Yudhi Tri Perwira
36 Posts