Diperbaharui pada Kamis, 16 April 2020 | 15:18

Helm Bau Apek? Bikin Wangi Pake Ini

Helm jadi aksesoris wajib untuk dipakai semua pengendara motor. Helm berguna sebagai alat keselamatan, karena kepala akan terlindungi saat berkendara di jalanan.

Tak hanya sebagai alat keselamatan, helm pun bisa membuat penampilan Anda menjadi lebih keren di jalanan. Namun, tampilan tersebut tak selamanya keren jika helm yang Anda gunakan bau apek.

Menjaga helm dalam kondisi baik sangat disarankan tetap wangi, bebas apek dan tidak berjamur. Alih-alih menggunakan minyak wangi untuk hilangkan bau pada helm, justru membuat helm kesayangan Anda berjamur dan mengeluarkan bau tak sedap karena tercampur dengan keringat.

Untuk itu, lakukan langkah di bawah ini secara rutin supaya helm kesayangan tetap wangi, bebas apek dan tidak berjamur!

Gunakan Helm Saat Rambut Kering

Anda biasa menggunakan minyak rambut, conditioner atau pomade? Jangan buru-buru mengenakan helm. Pasalnya, rambut Anda yang lembab dan basah bisa membuat helm kesayangan mudah bau apek dan jamuran.

Agar helm tetap bersih dan bebas jamur, pakailah helm saat rambut dalam kondisi kering. Anda bisa menunggu minyak rambut menyerap atau agak mengering, bisa juga menggunakannya jauh-jauh sebelum berangkat supaya helm tak bau apek.

Gunakan Penutup Kepala Saat Rambut Basah

Jika Anda tak bisa menunggu rambut kering untuk berangkat,cara mengatasinya adalah mengenakan balaclava atau tutup kepala. Anda bisa memilih balaclava dengan bahan kain yang adem, berfungsi untuk menghindari kontak langsung antara rambut dan busa helm. Dengan demikian, helm kesayangan Anda tidak mudah jamuran.

Bersihkan Saat Terkena Air Hujan

Kondisi jalanan memang tidak bisa ditebak. Saat hujan misalnya, dimana air hukan mempunyai kadar asam tinggi yang bikin helm cepat berjamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengeringkan sisa air hujan di kaca dengan lap kering agar resiko helm jamuran bisa terhindari.

Bersihkan dengan Cara Benar

Jika Anda ingin mencuci helm sendiri, jangan asal-asalan saat melakukannya. Anda harus melakukannya dengan benar, seperti saat membersihkan kaca helm yang kotor dengan menyemprotkan cairan pembersih dan mengelapnya dengan kain untuk menghindari goresan.

Sementara itu, bagian busa pun harus Anda cuci dengan rutin layaknya pakaian. Agar busa helm kembali wangi, Anda bisa melepas busa helm menggunakan obeng.

Rendam busa tersebut dalam air hangat yang sudah tercampur detergen tanpa harus mengucek dan memerasnya karena bisa merusak bentuk busa. Jika sudah, angin-anginkan sampai kering dan lakukan setidaknya 2 minggu sekali.

Simpan dengan Cara benar


Selain mencucinya, Anda pun harus menyimpan helm dengan cara yang benar agar tidak bau apek. Untuk itu, hindari menyimpan helm asal-asalan, meletakannya di tempat sejuk secara terbalik agar keringat cepat menguap.

Jangan Simpan di Tempat Lembab

Setelah Anda menggunakan helm kesayangan selama seharian, hindari penyimpanan helm di tempat lembap. Untuk itu, usahakan untuk selalu menyimpan helm di tempat yang tidak lembap, ruangan terbuka lebih baik.

Buka Kaca Helm

Meletakkan helm di tempat sejuk dan tidak lembap saja tidak cukup. Saat menyimpannya, jangan lupa untuk membuka kaca helm agar udara bisa masuk dan tidak pengap.

 
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.