Diperbaharui pada Jumat, 22 Januari 2021 | 10:23

Cara Mudah Parkir Mobil Mundur dan Pararel Sejajar Buat Pemula

Oleh Imam Ali

Image via Carparkit.com.au

Memarkirkan mobil bisa jadi momok bagi sebagian orang, terutama bagi para pengemudi pemula yang baru mahir menjalankan sebuah mobil.

Terlebih lahan parkir yang ada jumlahnya semakin terbatas dari waktu ke waktu. Alhasil diperlukan teknik-teknik tertentu agar kamu bisa memarkirkan kendaraanmu secara tepat dan mudah.

Untuk itulah kali ini Pricebook akan membahas teknik-teknik dasar memarkirkan mobil. Pada artikel ini teknik memarkirkan mobil yang akan dibahas hanya 2, yakni cara memarkirkan mobil secara berjajar (tegak lurus) dan cara memarkirkan mobil secara paralel.

Pahamilah teori dibawah ini dengan baik agar ketika prakteknya nanti kamu sudah memiliki bayangan tentang bagaimana cara melakukannya

Teknik Parkir Mobil Mundur

Untuk teknik parkir yang satu ini, biasanya posisi parkir ada di samping mobil kamu dengan arah parkir tegak lurus arah jalan. Misal tempat parkirnya ada di sebelah kiri mobil kamu.

Teknik dasar pertama yang harus kamu lakukan ialah membelokkan mobil kamu sedikit menyerong ke sebelah kiri (di dekat area parkir) kemudian langsung membelokkannya ke kanan lagi.

Atur posisi kurang lebih 2 meter lebih jauh dari area parkir yang diinginkan. Agar lebih jelas coba kamu perhatikan gambar berikut.

Setelah mendapatkan ancang-ancang yang cukup, set gigi transmisi mobil kamu ke R (mundur). Kemudian mulailah mundur secara perlahan sambil membelokkan setir penuh ke kiri.

Tengoklah ke belakang beberapa kali untuk memastikan posisi mobil. Apabila referensi kanan dan kiri pada bagian belakang mobil sudah terlihat cukup simetris (dilihat dari kaca spion), kamu bisa meluruskan setir kemudi kamu dan mulai bergerak maju atau mundur hingga mencapai posisi yang sesuai.

 

Untuk keluar dari slot parkir semacam ini, pastikan kamu sudah memajukan mobil kamu terlebih dahulu beberapa meter sebelum berbelok ke kanan atau ke kiri.

Kalau kamu berbelok terlalu cepat, bagian samping mobil kamu akan rawan menabrak mobil atau objek lain yang ada didekatnya. Kunci menguasai teknik ini tentu dengan sering-sering latihan.

Agar semakin mahir, kamu bisa melatih teknik parkir berjajar ini dengan dua posisi sekaligus yakni lurus dan serong.

Teknik Parkir Mobil Paralel

Adapun dalam teknik parkir paralel diperlukan latihan yang lebih banyak agar bisa menguasai teknik tersebut. Ketika mendapati area parkir semacam ini, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah memastikan kalau ruang parkir yang ada lebih besar daripada panjang mobil yang ingin kamu parkirkan.

Jika sudah yakin, majukan mobil kamu hingga sejajar dengan mobil lain yang parkir di area tersebut. Berusahalah untuk membuat jarak yang cukup (sekitar 1 meter) dengan mobil lain tersebut agar kamu lebih mudah dalam memarkirkannya. 

Set gigi transmisi ke R (mundur), kemudian putarlah stir kemudi ke sisi arah tempat parkir. Mundurkanlah secara perlahan sambil terus memperhatikan sudut bagian belakang dari mobil lain yang diparkir.

Apabila posisi mobil sudah cukup miring (sekitar 45 derajat), luruskan stir kemudi kamu lalu mundurlah pelan-pelan.

Nah ketika bagian belakang mobilmu sudah mendekati batas area parkir, putar balik stir kemudinya ke arah luar. Tetap gerakkan mobil kamu mundur secara perlahan.

Jika kamu merasa posisi mobil kamu sudah cukup sesuai, set transmisi mobil kamu ke gigi 1 atau D (untuk transmisi matic). Kemudian belokkan stir kemudinya ke arah dalam agar posisi mobilmu menjadi lurus.

Terakhir kamu cukup mengatur jarak antara mobilmu dengan 2 mobil yang ada di depan dan di belakang. Aturlah sedemikian rupa supaya jarak bagian depan dan belakang relatif sama.

Itulah teknik-teknik dasar memarkirkan mobil. Kunci mahir memarkirkan mobil ialah latihan yang cukup sering. Jangan malas untuk latihan mandiri jika terdapat area yang cukup luas disekitar rumah.

Ajak saudara atau keluarga yang sudah lebih mahir untuk menemani agar kamu bisa mendapatkan bimbingan teknis secara langsung. Selamat berlatih!

Like us!

Komentar