13 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tidak Abal-abal

Oleh Ardiansyah Hana updated Senin, 22 Mei 2017 | 11:45

image via alufoil

Kesalahan dalam memilih bengkel mobil berpotensi mengakibatkan hal yang fatal pada mobil kesayangan Anda.

Alih-alih ingin menghemat pengeluaran uang, bengkel yang tidak kompeten bisa menimbulkan kerusakan yang bertambah parah. Akibatnya Anda memerlukan perbaikan yang lebih banyak dan tentu saja menghabiskan lebih banyak uang.

Untuk membantu Anda yang ingin melakukan perbaikan mobil, servie dan lainnya, kali ini kami akan memberikan tips untuk memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal.

Ketersediaan Suku Cadang Lengkap

Saat memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal, pastikan Anda mengetahui bahwa bengkel tersebut menyediakan suku cadang mobil yang lengkap dengan berbagai macam pilihan. Kemudian, Anda bisa memilih sendiri suku cadang yang disediakan mengikuti budget yang dimiliki.

Bengkel dengan Teknisi Profesional

Tak kalah penting, pastikan bahwa bengkel  yang akan Anda datangi memiliki teknisi yang profesional dan bersertifikat. Dengan adanya teknisi andal tersebut, perbaikan mobil Anda akan terjamin karena teknisi memiliki pengetahuan yang detail mengenai seluk beluk mobil.

image via toyotaofclermont

Bengkel dengan SOP dan QC Berkualitas

Memilih bengkel yang mempunyai  SOP (standard operating procedure) dan QC (Quality Control) berkualitas untuk memperbaiki mobil Anda akan mendatangkan banyak keuntungan. Dengan begitu, bengkel tersebut akan mendiagnosa permasalahan mobil Anda dengan akurat dan mengerjakannya dengan profesional.

Bengkel Mudah Didatangi Kapanpun

Sejumlah bengkel memiliki jam operasional tersendiri,  beberapa diantaranya tutup pada hari Minggu atau tanggal merah. Namun, ada juga bengkel yang tetap beroperasi saat hari Minggu dan tanggal merah. Untuk itu, pilihlah bengkel dengan waktu operasional yang sesuai dengan waktu yang Anda miliki.

Pantau Bengkel Terlebih Dulu

Tips ini berlaku untuk Anda yang sedang berada di luar kota. Saat Anda ingin mengunjungi sebuah bengkel, cari tahulah terlebih dahulu mengenai pelayanan di bengkel tersebut. Dalam hal ini, tidak ada salahnya untuk bertanya ke kerabat terdekat mengenai kualitas dari bengkel tersebut.

Gunakan Pelayanan Bengkel Paling Mudah

Sebelum Anda menggunakan jasa bengkel untuk memperbaiki mobil yang kerusakannya cukup berat, ada baiknya untuk mencoba pelayanan bengkel yang paling mudah terlebih dulu. Anda bisa melakukan perbaikan oli, spooring-balancing atau pelayanan mudah lainnya untuk mengetahui kualitas bengkel tersebut. Jika merasa puas, maka Anda bisa melanjutkan proses perbaikan mobil yang cukup berat.

Ajak Diskusi Teknisi

Saat ingin memperbaiki mobil, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan teknisi mengenai pengerjaan perbaikan mobil Anda. Disini, Anda bisa mengetahui dan menilai kemampuan teknisi mengenai dunia perbaikan mobil.

image via qualityexpresscarcarecenter

Tanyakan ke Komunitas

Hal ini memang terdengar sulit, terlebih jika Anda tidak bergabung dengan komunitas mobil. Namun, tips memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal ini bisa Anda coba karena umumnya komunitas mobil memiliki pengetahuan soal bengkel mobil dimana saja yang terpercaya dan bagus. Bisa jadi, Anda mendapatkan diskon khusus karena anggota dari sebuah komunitas.

Bengkel Ramai Bisa Menjadi Indikasi

Biasanya, bengkel mobil bagus dan berkualitas akan dipadati oleh banyak konsumen, terlebih saat hari libur. Meskipun hal ini bukan jaminan, tetapi hal ini bisa menjadi indikasi karena bengkel ramai tersebut kemungkinan besar memiliki reputasi bagus dan terjamin.

Catatan Service Mobil Terperinci

Jangan ragu untuk mengandalkan bengkel mobil dengan catatan service yang terperinci karena catatan tersebut akan dibutuhkan saat Anda melakukan perbaikan. Dengan catatan service mobil, Anda bisa mengetahui akar masalah yang terjadi pada mobil, serta membantu Anda untuk menghitung anggaran perbaikan mobil yang pernah dikeluarkan.

Andalkan Bengkel Rekanan Perusahaan Asuransi

Biasanya, perusahaan asuransi mobil menjalin kerjasama dengan bengkel berkualitas untuk mempermudah proses klaim konsumen. Anda bisa menjadikan acuan bengkel yang menjadi perusahaan resmi untuk mendapatkan pelayanan berkualitas, sekaligus terhindar dari kecurangan bengkel abal-abal.

image via consumerguide

Manfaatkan Bengkel Online

Tanpa mengandalkan bantuan komunitas mobil, Anda pun bisa menggunakan jasa bengkel online yang saat ini banyak tersedia di sejumlah kota. Bengkel online biasanya menyediakan konsultasi gratis sehingga Anda bisa menanyakan kerusakan yang terjadi pada mobil kesayangan, suku cadang apa saja yang perlu diganti dan mendapatkan informasi harga secara detail sehingga bisa melakukan perbandingan.

Jadikan Bengkel Resmi Sebagai Acuan

Pilihan paling aman agar terhindar dari bengkel mobil yang abal-abal tentu saja adalah bengkel resmi. Bengkel resmi tentu saja menyediakan suku cadang asli dan teknisi yang profesional, serta memegang kontrak dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (APTM) dari sang produsen. Meskipun suku cadang mobil asli harganya lebih mahal, namun budget tersebut akan sebanding dengan kualitasnya yang berdampak pada umur dari mobil kesayangan Anda.

13 tips memilih bengkel mobil yang tidak abal-abal diatas bisa dilakukan sehingga perbaikan mobil kesayangan Anda bisa dilakukan dengan tepat dan terjamin. Untuk itu, jangan asal memilih bengkel mobil sembarangan karena hasilnya bisa merugikan Anda!

Baca juga artikel :
11 Kebiasan Sederhana Ini Buat Masa Pakai Ban Mobil Jadi Panjang
Jika Merasakan 7 Gejala Ini, Berarti Mobil Anda Harus Segera Diservis
7 Mobil Keluarga yang Bisa Kamu Cicil Pakai THR Pertama Kamu

 

Artikel Lainnya

Komentar