Diperbaharui pada Rabu, 6 Maret 2024 | 15:28

7 Tips Memilih Rice Cooker untuk Setiap Kebutuhan Berbeda

cara memilih rice cooker yang tepat

Saat menanak nasi dengan rice cooker, seringkali nasi yang disajikan kurang nikmat karena kita memilih jenis rice cooker yang salah. Karenanya lah, kita perlu memilih jenis rice cooker yang tepat untuk mendapatkan nasi yang pulen, tidak lengket, dan tahan lama.

Ketersediaan produk rice cooker di pasaran saat ini kebanyakan produk multifungsi yang tidak hanya dapat bekerja untuk menanak nasi saja, melainkan menghangatkan, mengukus dan memasak masakan.

Tips Memilih Rice Cooker yang Tepat

Pada dasarnya, rice cooker dirancang untuk memudahkan pengguna menanak nasi dengan hasil sempurna. Alat ini dapat memasak nasi dengan metode penyerapan, tentu saja Anda harus mengukur beras dan air secara tepat agar hasilnya bagus.

Bekerja secara otomatis, proses akhir dari menanak nasi ditunjukan dengan cairan yang sepenuhnya terserap ke dalam beras, kemudian modus berpindah ke penghangatan agar bisa dinikmati kapan saja.

Banyaknya produk rice cooker di pasaran memiliki cara kerja yang sama. Lantas, bagaimana cara memilih rice cooker yang tepat?

1. Pilih Berdasarkan Kapasitas

Pertimbangan pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertimbangkan kapasitas dari rice cooker dalam memasak nasi sekaligus. Jika untuk kebutuhan di rumah, rice cooker berkapasitas kecil atau sedang dapat dipilih.

Sedangkan jika Anda menjalankan usaha, pemilihan rice cooker berukuran besar dapat dipertimbangkan agar menghemat tenaga dan penggunaan listrik.

2. Perhatikan Fiturnya

Tidak semua rice cooker memiliki fitur sama. Beberapa diantaranya hanya bisa dipakai untuk menanak nasi saja, ada pula yang sekaligus penghangat, bahkan beberapa produk dapat pula digunakan untuk memasak kue.

Selain itu, ada pula penggunaan fitur seperti steam tray, slow cook, quick cook, keep warm dan delay timer logic smart pada rice cooker, dimana fitur tersebut akan berdampak pada harga jual, disarankan Anda memilih produk yang benar-benar sesuai kebutuhan saja.

3. Perhatikan Jenis Tutup Rice Cooker

Tutup rice cooker merupakan bagian penting karena bekerja untuk mengatur uap nasi. Untuk itu, pilihlah produk rice cooker dengan tutup yang mudah dilepas pasang agar mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, beberapa produk pun saat ini memiliki tutup rice cooker berbentuk transparan yang tentu saja memungkinkan Anda dapat memonitor langsung proses memasak nasi.

4. Pastikan Kemudahan Penggunaan

Menggunakan rice cooker  memang tidak terlalu sulit. Namun saat ingin membeli, Anda tetap harus memperhatikan sejumlah hal seperti tingkat kesulitan dalam pembersihan mangkuk anti lengket, pegangan yang mudah diangkat dan dipindahkan, kabel yang dapat dilepas, kontrol yang mudah di mengerti dan instruksi manual yang jelas dan sederhana.

5. Lihat Kelengkapan Aksesoris

Kebanyakan, rice cooker menyediakan sejumlah aksesoris dalam paket penjualan berupa spatula atau sendok untuk nasi, panci untuk menanak nasi dan gelas untuk menakar beras dan air.

6. Pertimbangan Harga


Semakin besar kapasitas rice cooker dan semakin komplit fitur yang tersedia, maka harga alat tersebut akan semakin mahal. Sejauh ini, Anda dapat membeli rice cooker dengan harga termurah Rp 110 ribu sampai harga termahal Rp 3 jutaan.

7. Pertimbangan Merek

Selain harga, ketersediaan produk rice cooker di pasaran hadir dari berbagai merek. Sebaiknya, Anda memilih rice cooker yang dibuat oleh produsen populer untuk menjamin kualitas, seperti Yong Ma, Miyako, Panasonic, Philips, Sanken, atau Electrolux.

Terakhir, jangan lupa perhatikan masa garansi yang diberikan pada produk yang akan dibeli. Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya, selamat memilih!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.