Diperbaharui pada Selasa, 16 Maret 2021 | 10:45

18 Resep Masakan Instan Sehat Selama Bulan Puasa, Cukup Pakai Microwave

image by ewura.com

Microwave menjadi alat memasak praktis yang sering digunakan. Apalagi fungsi dari mikrowave sudah mampu menggantikan peran kompor. Biasanya kebanyakan orang memanfaatkan microwave untuk membuat berbagai jenis kue.

Bagi yang suka menggunakan mikrowave untuk membuat kue, ternyata alat ini bisa juga digunakan untuk memasak masakan lain yang sederhana dan enak.

Apalagi ketika berada dikantor dan memiliki waktu senggang. Bila di kantor Anda ada microwave, berikut beberapa resep masakan yang bisa di coba dengan microwave.

Resep Masakan Mac n’ Cheese

image by pinimg.com

Resep masakan makaroni bisa menjadi pilihan saat di kantor ada mikrowave. Caranya mudah, cukup sediakan cangkir, air, butter, keju cheddar parut, keju parmesan parut, susu, dan lada.

Setelah semua bahan tersedia, pertama campurkan macaroni dan air dalam mug, masak dalam microwave. Masukkan macaroni dalam cangkir, letakkan potongan mozarella atau keju parut di atasnya, lalu masukkan ke dalam mikrowave selama kurang lebih 12 menit.

Setelah matang buang airnya, tambahkan keju dan butter. Masukkan kembali ke dalam microwave selama 2 menit sambil aduk-aduk setiap 20 menit.

Terakhir masukkan susu dan lada, aduklah secara rata, masukkan kembali dalam mikrowave selama 10 detik, keluarkan dan nikmati selagi hangat.

Resep Masakan Ramen Microwave

Resep yang sangat praktis, yaitu memasak ramen dengan mikrowave. Caranya mudah kok. Siapkan mie instan lalu keluarkan mie dari kemasan, masukkan mie dalam mangkuk tahan microwave dan berilah air.

Masak selama 3-5 menit. Diamkan selama 3 menit setelah mie matang, jangan keluarkan secara langsung. Setelah itu campurkan bumbu dan aduklah hingga merata. Resep masakan mie ramen mikrowave siap dinikmati.

Resep Masakan Telur Ceplok Microwave

image by herviewfromhome.com

Memasak telur ceplok dengan miCrowave bisa jadi pilihan saat dikantor hanya ada alat ini. Siapkan mug atau mangkuk yang tahan mikrowave.

Oleskan minyak dipermukaan mangkuk. Pecahkan dan masukkan telur ke dalam mangkuk. Tuangkan air secukupnya di atas telur. Tutup mangkuk dengan bahan tahan panas.

Masak telur dalam mikrowave selama 1 menit dengan panas tertinggi. Keluarkan mangkuk dari mikrowave setelah didiamkan selama 3 menit dalam mikrowave. Setelah itu keluarkan telur dari mangkuk dan sajikan.

Resep Masakan Omelette Microwave

image by incredibleegg.org

Omelet juga bisa dibuat dengan microwave loh. Caranya sederhana dan mudah. Jangan lupa siapkan telur, daun bawang iris, bawang bombay iris, keju cheddar parut, tomat, potong dadu, lada dan garam.

Setelah bahan terkumpul langkah untuk memasaknya yaitu, masukkan semua bahan kecuali tomat tersebut dalam mug yang tahan mikrowave. Kemudian aduk dengan sendok sampai rata.

Setelah itu masukkan mug ke dalam mikrowave selama 2-3 menit. Keluarkan mug dari mikrowave setelah matang dan didiamkan beberapa saat.

Terakhir tambahnkan keju parut dan irisan tomat.

Resep Masakan Spagetti Microwave

Berikut langkah mudah membuat spagetti dengan menggunakan mikrowave. Pertama tuangkan air ke dalam mangkuk yang bisa untuk mikrowave, beri garam dan minyak lalu aduk secara merata.

Masukkan mangkuk dalam mikrowave dan tunggu sampai air mendidih. Keluarkan mangkuk tersebut, lalu masukkan spagetti.

Masak kembali dengan mikrowave selama satu menit. Aduk supaya tidak menggumpal. Setelah pasta bertekstur lembut sesuai keinginan angkat dan tiriskan. Jangan lupa campurkan dengan saus supaya lebih nikmat.

Resep Masakan Nasi Goreng Telur Microwave

Nasi goreng juga bisa dibuat dengan microwave, caranya siapkan mangkuk tahan microwave. Masukkan telur dalam mangkuk, lalu masukkan ke mikrowave selama 2 menit.

Setelah itu masukkan nugget dan panaskan selama 3 menit. Sembari menunggu camprkan nasi dengan bumbu, kecap, dan saus.

Setelah 3 menit masukkan nasi ke dalam mangkuk tadi dan aduklah secara merata selama 2 menit, setelah itu tunggu terdengar bunyi ting. Keluarkan dan sajikan.

Resep Masakan Pizza Microwave

Pertama buat dahulu adonan roti. Campurkan tepung, ragi, garam, dan gula. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil di uleni hingga adonan kalis.

Tambahkan sedikit minyak lalu uleni sebentar. Diamkan adonan hingga mengembang selama 20 menit. Sembari menunggu adonan mengembang siapkan taburannya, yaitu pertama tumis bawang bombay hingga harum.

Masukkan potongan sosis. Tambahkan garam lalu aduk hingga merata. Setelah adonan roti mengembang kempeskan lalu ambil setengah adonan, bulatkan pipih diatas nampan mikrowave dengan tangan.

Iris melingkar sekitar 2-3 cm untuk membuat pinggiran sossis. Tambahkan sossis yang sudah dipotong sesuai jumlah irisan lingkarang. Gulung dan putar ke kanan. Rapatkan hingga semua sossis tertutup.

Ditengah adonan oleskan saus sambal, beri tumisan sossis, taburi keju mozarella. Masukkan ke dalam microwave sekitar 15-20 menit.

Resep Masakan Lasagna Microwave

Cara membuatnya juga cukup mudah kok. Pertama bikin kulitnya, siapkan tepung terigu, garam, dan telur, campurkan dan uleni. Beri air sedikit demi sedikit sampai kalis. Diamkan selama 30 menit.

Sambil menunggu bahan kulit siapkan saus dagingnya. Tumislah baeang putih smpai harus. Masukkan daging cincang. Masak smpai kecoklatan lalu masukkan saus bolognesenya.

Aduk sampai kental. Matikan api lalu taburkan oregano dan basil leaves. Sisihkan. Kemudian buat saus kejunya. Lumerkan butter, masukkan tepung terigu lalu tuang susu perlahan. Aduk terus smpai terigu larut sehingga adonan mengental.

Masukkan keju parut. Aduk higga tercampur. Tambahkan garam dan lada. Sisihkan. Siapkan loyang lasagna untuk mikrowave.

Oles tipis butter pada loyang. Pertama diawali dengan saus daging, tumpuk dengab kulit lasagna, tumpuk dengan saus keju. Tumpuk lagi saus daging dan kulit. Begitu seterusnya sampai habis.

Beri mozarella di atasnya. Masukkan ke dalam mikrowave selama 30 menit.

Resep Masakan Potato Chips

Cemilan ini bisa kamu buat dengan praktis dan lebih sehat ketimbang membeli produk kemasan. Prosesnya mudah saja, kamu cukup memotong kentang dengan parutan khusus agar hasilnya tipis, cuci kentang hingga bersih, dan susun potongan kentang di piring khusus untuk microwave.

Lalu, oles dengan olive oil dan garam, dan masukan ke dalam microwave selama 3 menit di level high atau sampai potato chips berwarna keemasan.

Resep Masakan Cupcake

Membuat kue dalam waktu singkat memang terdengar tidak biasa. Namun, kamu bisa melakukannya dengan bantuan microwave untuk menghasilkan kue yang lezat dan sehat.

Sementara untuk membuatnya, kamu tinggal mencampurkan semua bahan dalam satu mug besar menggunakan garpu dan panggang dalam microwave selama 2 – 3 menit di level high. Jika kamu suka, kamu bisa menambahkan whipped cream di bagian atas kue.

Resep Masakan Nasi

Ketimbang menggunakan kompor, memasak nasi dengan sempurna bisa kamu lakukan dengan lebih cepat menggunakan microwave.

Untuk persiapannya, cuci beras sampai bersih,campurkan setengah cangkir air dan satu cangkir beras, masukan ke dalam wadah dan masak di dalam microwave selama 10 menit.

Resep Masakan Omelette

Resep masakan pakai microwave selanjutnya adalah omelette. Untuk membuatnya, matangkan smoke beef hingga renyah dan lelehkan mentega terlebih dulu. Masukkan telur, air, garam, lada dalam mangkok lalu kocok hingga tercampur.

Jika sudah, siapkan pinggan tahan panas dan olesi mentega hingga rata. Tuangkan telur yang sudah tercampur dengan berbagai macam bumbu, tutup dengan plastic wrap dan buat ventilasi kecil agar udara bisa masuk.

Matangkan dengan level high di dalam microwave selama 2 menit. Letakan daging asap dan parutan keju di setengah bagian omelette lalu lipat omelette menjadi dua.

Resep Masakan Ikan Salmon

Makanan yang mengandung banyak air sangat cocok dimasak dengan microwave. Nah, salah satu menu yang bisa kamu masak adalah ikan salmon. Pertama-tama, kamu bisa lelehkan 2 sendok makan mentega dalam microwave.

Campur dengan 2 sendok makan kaldu sayur atau anggur putih. Letakkan 4 fillet ikan salmon ke pinggan tahan panas. Taburi dengan garam, merica, irisan lemon dan rempah lain yang kamu sukai.

Tutup dengan plastic wrap dan masak selama 3 menit atau melihat kematangan ikan yang berubah warna menjadi pucat atau menusuknya menggunakan garpu.

Resep Masakan Milo Mug Cake

Resep masakan pakai microwave adalah Milo Mug Cake yang cara bikinnya simpel banget. Untuk membuatnya, campurkan semua bahan di dalam mug hingga rata. Masukkan ke dalam microwave selama 3 – 5 menit dalam level high. Tambahkan topping sesuai selera!

Resep Masakan Roasted Chicken

Dengan microwave, kamu pun bisa membuat menu ayam dengan persiapan yang cepat. Salah satu menu yang kamu bisa coba adalah roasted chicken.

Untuk membuatnya, siapkan pinggan tahan panas dan letekkan potongan bawang bombay di bagian dasar, lalu letakkan ayam utuh diatasnya.

Letakkan kentang yang sudah di potong di sekitar ayam, tuang salted butter leleh dan tabur italian herbs ke seluruh permukaan ayam. Taburi garam dan lada, lumuri dengan olive oil dan bawang putih parut, lalu panggang di dalam microwave selama 1 jam pada level high.

Resep Masakan Crackers Banana Marshmallow

Buat cemilan, kamu juga bisa bikin menu resep masakan pakai microwave Crackers Banana Marshmallow yang prosesnya hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Pertama-tama, silahkan oles crackers dengan nutella, lalu susun marsmallow dan pisang yang sudah dipotong diatasnya. Panaskan crackers di microwave selama 1 menit. Angkat dan tutup lagi dengan crackers pada bagian atasnya.

Resep Masakan S’more Marsmallow

Masih menu cemilan, kamu juga bisa bikin S’more Marsmallow dengan microwave. Pertama-tama, kamu harus mencairkan cokelat batang di dalam microwave, lalu sisihkan.

Hancurkan biskuit marie menggunakan sendok di dalam mangkok, lalu campurkan dengan cokelat batang yang sudah dicairkan. Jika sudah, letakkan marsmallow diatas cokelat dan biskuit marie, panggang di dalam microwave pada suhu 180 derajat selama 5 menit.

Resep Masakan Popcorn

Menu resep masakan pakai microwave terakhir sekaligus yang paling mudah adalah popcorn. Ya, menu ini bisa kamu jadikan sebagai cemilan saat di kantor baik saat bekerja ataupun bersantai.

Untuk membuatnya, campurkan ketiga bahan tersebut di dalam mangkok kaca dan tutup bagian atasnya dengan piring tahan panas. Masukkan ke dalam microwave selama 3 menit di level high.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.