Diperbaharui pada Senin, 16 Januari 2023 | 10:27

Tips dan Panduan Memilih Prosesor Hp Android Sesuai Kebutuhan

pilih prosesor terbaik

Saat ingin membeli tablet atau smartphone baru, tentu kamu akan membaca spesifikasi perangkat tersebut terlebih dahulu, dan yang biasa menjadi salah satu bahan pertimbangan adalah prosesor apa yang digunakan perangkat tersebut.

Di sini kamu akan menemukan spesifikasi prosesor dual-core, quad-core, atau octa-core. Dual berarti dua, quad setara empat, dan octa berarti delapan.

Banyak yang beranggapan jika smartphone dengan core tertinggi lah yang paling mantap kinerjanya dan langsung menjadi pilihan. Tapi jangan salah sangka, sebab disinilah pentingnya memahami istilah-istilah pada smartphone.

Setidaknya dengan memahami arti dari istilah-istilah yang ada, kamu bisa memilih smartphone yang benar-benar cocok, baik dalam urusan fitur maupun harga

Karena memang kenyataannya angka yang lebih tinggi dalam fitur prosesor hp belum tentu selalu lebih baik.

Prosesor hp octa-core pun tidak selalu lebih baik daripada quad-core, bahkan dalam cukup banyak kasus. Mengapa demikian? Mari simak pembahasan berikut.

Apa itu Prosesor Hp?

Sebelum membahas lebih jauh terkait core, sangat baik apabila kita memulai dari pembahasan seputar prosesor hp. Jika smartphone kamu diibaratkan sebagai sebuah komputer, maka prosesor bisa dikatakan sebagai CPU-nya (Central Processing Unit).

Dengan kata lain, prosesor hp adalah perangkat yang bertugas melakukan hal apapun yang diinginkan dari smartphone kamu. Mulai dari membuat panggilan, mengirim pesan, memutar musik, hingga merekam suara semuanya dijalankan lewat prosesor.

Seiring perkembangan zaman, smartphone pun dapat melakukan tugas yang semakin banyak. Misalnya mengarahkan rute perjalanan kita dengan GPS, membuka beragam aplikasi media sosial, dan menonton video YouTube dengan kualitas HD.

Intinya prosesor adalah otak dari smartphone dan tablet kamu.

Mengenal Core Pada Prosesor Hp

Prosesor hp sesungguhnya terdiri dari beberapa bagian. Salah satu bagiannya bernama core. Perangkat yang satu ini bertugas dalam membaca instruksi yang user berikan dan sekaligus menjalankan perintah tersebut.

Contohnya apabila kamu menekan tombol kirim email pada smartphone. Maka saat itu core akan membaca perintah yang diberikan dan setelah berhasil menerjemahkan perintah tersebut, core akan melakukan pengiriman email untuk kamu.

Tingkatan Prosesor HP

Nah pada awalnya sebuah smartphone hanya memiliki single-core. Akan tetapi berkat perkembangan pesat dunia digital, dual-core akhirnya diperkenalkan ke pasaran dunia. Hal inilah yang kemudian memicu kemunculan quad-core, hexa-core, hingga yang paling baru octa-core.

Sederhananya, dual-core berarti smartphone memiliki dua buah single-core. Quad-core bisa berarti kamu memiliki 4 buah single-core atau 2 buah dual-core. Begitu seterusnya hingga core yang paling tinggi.

Nah dengan jumlah core pada prosesor hp yang lebih banyak, berarti smartphone kamu memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk menjalankan beberapa aplikasi bersamaan secara lebih baik (multi-tasking).

Semakin Banyak Core, Maka Prosesor Hp Semakin Cepat?

Dengan melihat fakta di atas tentu kamu akan langsung berpikir kalau prosesor hp octa-core lebih baik daripada dual-core untuk urusan kecepatan. Sayangnya pendapat tersebut adalah menurut kami keliru.

Faktanya smartphone yang sudah menggunakan prosesor octa-core pun sangat jarang bisa menggunakan kedelapan core-nya secara bersamaan.

Sebab pekerjaan dasar smartphone adalah untuk mengirim chat, membuka situs web, mengambil foto, bermain Instagram, dan lain-lain yang cukup membutuhkan kerja dari dua buah core saja.

Kalau seperti itu kemanakah keenam core yang lain?

Jawabannya tentu saja keenam core tersebut tidak digunakan. Hanya pada beberapa kasus tertentu keenam core pada prosesor hp lainnya akan bekerja seperti ketika menyetel video HD, memainkan game 3D, dan mengedit video berukuran besar.

Itupun tidak akan melibatkan kedelapan core prosesor hp yang ada secara sekaligus. Maka dari itu mengukur kecepatan suatu smartphone dengan hanya membandingkan core prosesornya yang merupakan suatu kesalahan.

Dengan penjelasan di atas, jelas bahwa prosesor hp octa-core pun belum tentu lebih cepat daripada quad-core. Sebab untuk melakukan pekerjaan seperti membuka WhatsApp sambil menyetel pemutar musik keduanya hanya akan menggunakan 2 core saja.

Untuk Apa Ada Quad-core, Octa-core, atau Hexa-core?

Jumlah core yang lebih banyak pada prosesor hp pada dasarnya diperuntukkan untuk membuat hp berjalan stabil ketika menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih bervariasi.

Misalnya untuk memainkan video games dengan kualitas grafik mumpuni, memainkan video beresolusi tinggi, atau melakukan video call dengan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Dengan jumlah core yang semakin banyak, aktivitas semacam ini akan dipusatkan di core tertentu sehingga tidak akan terlalu memberatkan kinerja smartphone kamu.

Hasilnya pemakaian baterai smartphone pun menjadi lebih efektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa jumlah core yang semakin tinggi pada prosesor hp hanya berkaitan dengan efisiensi kerja, bukan pada kecepatan smartphone.

Tips Memilih Prosesor Hp Sesuai Kebutuhan

Untuk memilih prosesor terbaik, akan sangat bergantung kepada cara kamu memakai smartphone nanti. Karena kebutuhan akan prosesor yang tepat, sangat berhubungan dengan penggunannya.

Jika smartphone tersebut hanya akan digunakan untuk sekadar bermain media sosial, mendengarkan musik, browsing, dan menyetel video non-HD, maka hp dengan prosesor dual-core sudah menjadi pilihan yang tepat.

Sebab kebanyakan aktivitas para pengguna hp hanya memerlukan kinerja dari dual core saja.

Akan tetapi jika kamu akan menggunakan smartphone untuk menonton video HD, melakukan video call, streaming musik/video, atau memainkan game dengan kualitas grafik di atas rata-rata, tentunya kamu membutuhkan prosesor hp quad-core atau octa-core.

Permasalahannya kini, haruskah kita memilih octa-core atau cukup dengan quad-core saja?

Kembali ke penjelasan di atas, octa-core sesungguhnya berisikan dua buah quad-core. Sehingga secara umum kemampuannya tidak akan begitu jauh berbeda dengan satu buah quad-core saja.

Lagipula aplikasi Android yang ada kini juga masih sangat jarang yang memerlukan octa-core. Bahkan sekadar menggunakan keempat core yang dimiliki prosesor hp quad-core saja masih sangat sedikit.

Namun sekali lagi, jumlah core bukan berkaitan dengan kecepatan, tapi berkaitan dengan efisiensi. Core yang lebih banyak tentu akan memakan daya baterai yang lebih banyak.

Oleh karena itu kamu bisa memilih prosesor hp octa-core dengan kapasitas baterai yang mumpuni (setidaknya 4000 mAh).

Tetapi apabila kapasitas baterai smartphone tersebut tergolong standar (di bawah 4000 mAh), tentu prosesor hp dengan fitur quad-core sudah merupakan pilihan yang bijak.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.