Diperbaharui pada Selasa, 28 Agustus 2018 | 10:23

5 Aplikasi Asisten Keuangan Pribadi Terbaik 2018 di Android

Image via Amgoo

Jika kamu merasa uang selalu habis di tengah bulan dan merasa boros, sudah saatnya kamu untuk memiliki asisten keuangan pribadi sendiri. Tak perlu jasa orang lain, cukup gunakan aplikasi pengatur keuangan dalam smartphone saja.

Dengan begitu, kamu akan merasa memiliki asisten keuangan pribadi kapan dan dimana pun dibutuhkan karena dia sudah ada dalam genggaman. Dengan bantuan aplikasi keuangan, kamu pun akan merasakan manfaat mengelola keuangan dengan baik.

Beberapa aplikasi keuangan di smartphone Android maupun iOS iPhone, akan mengajarkan kamu fungsi dan menajemen keuangan. Manfaat penting dalam mengatur keuangan antara lain, membuat kamu bisa mengontrol uang dengan baik, melatih diri untuk hidup hemat, melatih diri untuk hidup tertib dan teratur, mengurangi stres, menghindari dari jeratan utang, lebih banyak kesempatan bersedekah, dan yang pasti memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik.

Berikut ini aplikasi keuangan pribadi di ponsel yang harus kamu download untuk hidup yang hemat.

1. Money Lover Expense Manager

Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin belajar mengatur keuangan pribadi. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mencatat pengeluaranmu, terutama bagi yang sulit menabung. Kamu pun akan lihai dalam mengatur jumlah target pengeluaranmu dalam beberapa waktu, harian, mingguan atau bulanan.

Misalkan kamu sedang menghadiri acara atau liburan khusus, aplikasi ini juga dapat mengatur pengeluaran saat acara tersebut. Aplikasi Money Lover Expense Manager dapat diunduh di Android, iOS, dan Windows Phone secara gratis.

2. Expense Manager

Tampilan antarmukanya sederhana, namun bisa mengatur segalanya. Bagi mereka yang tidak ada waktu dan sulit mengatur keuangan, serta malas memikirkan pengeluaran dan pemasukan, aplikasi ini mesti ada di ponsel kamu.

Pada tampilan mukanya hanya ada tab pemasukan dan pengeluaran. Kalau malas mencatat, bisa menggunakan voice input pada deskripsi pemasukan dan pengeluaran, serta memiliki attach receipt dengan cara mengambil foto dari bukti transaksi. Tidak mau kalah dengan saingannya yang lain, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ikon-ikon menarik. Kamu bisa unduh aplikasinya melalui Google PlayStore secara gratis.

3. Money Manager Expense & Budget

aplikasi pengatur keuangan

Aplikasi Money Manager membuat kamu mampu mengelola keuangan pribadi dengan sangat mudah. Aplikasi ini cukupmkaya akan fitur, di mana kamu bisa mencatat transaksi keuangan pribadi dan bisnis, buat laporan pengeluaran, tinjau data keuangan harian, mingguan, dan bulanan, serta mengelola aset dengan pelacak pengeluaran dan perencana anggaran dari Money Manager.

Download Money Control

4. Toshl Finance

Ciri khas aplikasi keuangan pribadi ini adalah adanya simbol monster merah yang lucu. Dialah yang akan akan menjadi asisten keuangan pribadi kamu dan setia mengingatkan segala hal pengeluaran dan pemasukan keuangan. Asyiknya, aplikasi ini bersih dari iklan dan tombo-tombol yang tidak perlu sehingga nyaman digunakan. Pengguna hape Android, iOS, dan Windows Phone dapat merasakan aplikasi keuangan pribadi ini secara gratis.

5. UangKu (Expense Tracker)

Aplikasi Uangku ini merupakan aplikasi lokal, tetapi mampu membantu kamu dalam mengatur keuangan. Kelebihan aplikasi ini adalah sudah mampu mengkategorikan pengeluaran ke dalam beberapa kategori built in.

Banyak fitur yang disediakan, mulai dari kategori voucher, di dalamnya disediakan aneka pilihan dari berbagai operator seluler di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu repot mengatur keterangan pada kategori keterangan.

Aneka kategori yang disediakan sangat membantu dalam pengaturan keuangan dan mendeskripsikan keterangannya. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan pie chart yang ditampilkan langsung dari layar utama (Home), apabila terdapat bagian berwarna hijau sudah tertutup dengan warna merah, artinya Kamu sudah harus berhenti berbelanja. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store secara gratis.

Mudah dan Praktis

Mengatur keuangan di zaman sekarang sudah semakin mudah, karena kita bisa memanfaatkan smartphone yang kita miliki untuk mengecek pengeluaran, pengingat pembayaran tagihan, dan lainnya yang dijamin sangat memudahkan hidup. Jadi, mau hidup lebih mudah dan praktis?

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts