Diperbaharui pada Kamis, 4 Maret 2021 | 15:38

10 Cara Maksimalkan Performa Hp Untuk Main Game

Oleh Imam Ali

Image via Updato

Hape  Android memang jadi perangkat yang sangat memanjakan para gamers. Bukan hanya karena lebih fleksibel dan tidak perlu menggunakan perangkat konsol khusus.

Bagi para gamers yang sangat menikmati permainan pada game berbasis mobile tentu hadirnya hape Android bakal menemani keseharian mereka karena banyak fitur menarik yang mendukung grafis dari game mobile tersebut.

Terlebih, hadirnya toko aplikasi yakni Google PlayStore juga menjadi salah satu berkah tersediri bagi para gamers. Pasalnya mereka tentu akan sangat mudah menemukan berbagai jenis game.

Mulai dari game yang ringan, game dengan grafis yang menawan hingga game-game berat yang membuat semuanya kecanduan juga tersedia lengkap di toko aplikasi milik Google ini.

Memainkan game-game berat di hape Android juga saat ini bukanlah hal yang mustahil. Berkat dukungan software dan hardware yang mumpuni, hape kita dapat dipakai untuk bermain game favorit dengan keindahan grafis memukau dan suara jernih.

Tapi kendala yang sering terjadi adalah hape jadi lemot karena bermain game membutuhkan energi powerful dari segi baterai, dukungan RAM serta banyak hal lainnya.

Image via YouTube

Namun, bagi para game mobile khususnya untuk hape Android, sejatinya terdapat masalah klasik yang sering mereka alami, yakni hape tiba-tiba ngelag atau game yang dimainkan tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu kenikmatan dalam memainkan game tersebut. Nah, pernahkah Anda mengalami kejadian di mana game yang dimainkan menjadi lambat dan bahkan sempat lagging?

Tentu, semua orang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa adanya gangguan lagging yang menggangu aktivitas permainan.

Cara Memaksimalkan Performa Hp

Apalagi bagi Anda yang masuk ke dalam golongan gamers addict, hal semacam ini akan sangat merepotkan dan mengubah mood tentunya.

Namun, sejatinya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami kejadian tidak mengenakan seperti hape Anda lemot atau game yang sering lagging.

Penasaran? Tim Pricebok telah mengumpulkan beberapa tips bagi Anda untuk mengatasi masalah lagging pada hape Android agar nyaman bermain game.

1. Pastikan baterai di atas 20 persen, Ini Pengaruhnya!

Permasalahan kapasitas baterai yang kurang dari 20 persen ternyata bisa berdampak pada performa dari smartphone dalam menjalankan berbagai aplikasi termasuk game.

Pasalnya, baterai yang sudah banyak digunakan dayanya dan kondisinya di bawah 20 persen, ternyata dapat menyebabkan prosesor di perangkat Android tidak bekerja dengan baik, terlebih ketika kamu membuka aplikasi dan bermain game berat yang menyita banyak alokasi RAM untuk grafis.

Anda mungkin tidak akan merasakan lelet saat memainkan game berat sekalipun jika baterai yang tersedia di hape android Anda dicharge secara baik, dalam hal ini kondisi baterai ada di atas 20 persen.

Hal tersebut dikarenakan baterai sebagai ‘nyawa’ dari hape Anda akan mengalirkan banyak daya ke RAM, prosesor dan grafis untuk menjalankan game dengan kualitas terbaik.

Apalagi jika Anda bermain beberapa game dengan kualitas grafis yang masuk ke dalam kategori HD, seperti Mortal Kombat X, Injustice: Gods Among Us, Asphalt 8 Airborne, FIFA 2021, Marvel Future Fight serta berbagai game HD lainnya otomatis alur permainan akan melambat ketika baterai hape Anda melemah.

Setidaknya, pastikan baterai hape Android kamu berada dikondisi 50 persen untuk menunjang kondisi permainan yang normal. Sejatinya, produsen hape Android juga telah menyelipkan fitur pengingat pada hape Anda ketika baterai tinggal tersisa 25% lagi.

Hal tersebut dimaksudkan agar Anda segera mengisi daya hape tersebut agar performa dari hape Anda tetap optimal dan tidak ada aplikasi yang tertutup dengan sendirinya atau yang sering disebut force close.

2. Tutup Aplikasi Lain yang Berjalan di Background

Ketika Anda tengah membuka sebuah aplikasi game dan bersiap untuk memainkannya, pastikan Anda menutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Jangan me-minimize aplikasi yang sedang dibuka dan langsung membuka aplikasi lain, apalagi untuk bermain game.

Mengapa demikian? Pasalnya, meskipun hape Android Anda memiliki RAM yang cukup lega, namun hal ini tetap tidak bisa menjamin Anda memiliki kapasitas RAM yang cukup untuk menjalankan game tersebut pada performa yang optimal.

Tutup sebagian besar aplikasi agar Anda mendapatkan pengalaman bermain yang lancar.

3. Junk Files yang Menjengkelkan

Banyak dari pengguna hape Android yang tidak menyadari akan banyaknya junk files pada perangkat mereka. Padahal, file tidak berguna ini bisa membuat hape Anda lemot, bukan untuk bermain game, melainkan untuk aktifitas apapun di hape Anda.

Saran kami, hapuslah beberapa file yang tidak penting seperti junk files dan cache, sehingga perangkat Anda bisa bekerja secara optimal untuk memperlancar aktivitas nge-game yang tengah Anda mainkan.

Selain itu,menghapus cache juga salah satu cara yang cukup efektif dalam melegakan space RAM hape Anda untuk digunakan bermain game.

Anda bisa memakai aplikasi Clean Master untuk membersihkan junk files dan cache untuk 'membersihkan' perangkat Android tersebut. Anda juga bisa menggunakan cara manual, yakni dengan masuk ke Setting – General – Storage – Cached data – clear cached data – yes.

Smartphone bisa bekerja lebih optimal bila junk file dan cache ini dibersihkan secara rutin. Seiring dengan aktifnya smartphone, file cache akan semakin besar.

Alhasil aplikasi tidak berjalan normal karena handphone jadi lemot. Perlu diketahui, proses clear cache ini hanya akan menghapus data yang tidak diperlukan. Jadi data-data penting Anda tidak akan ikut hilang.

4. Uninstall Beberapa Aplikasi

Bersih-bersih juga bisa dilakukan dengan cara meng-uninstall aplikasi yang menurut Anda jarang atau bahkan tidak dipergunakan lagi di perangkat Android.

Karena, jika Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang dibuka dan membiarkan mereka bertengger, otomatis akan menambah beberapa junk files dan cache di perangkat.

Selain itu, aplikasi tersebut kadang bandel dan tetap berjalan di taskbar yang tentunya akan memakan RAM hape Android Anda.

5. Sekali Lagi, RAM Jadi Unsur Terpenting

Menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum bermain game tentunya akan meningkatkan RAM pada perangkat Android Anda sehingga mampu bekerja secara optimal,  hal tersebut tentunya akan sangat diperlukan ketika Anda tengah memainkan game HD yang akan berjalan lancar.

Aplikasi clean master juga bisa membuat hape Andorid Anda bekerja dengan baik. Pasalnya, Clean Master mempunyai fitur game booster yang bisa meningkatkan RAM perangkat Anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Swift Gamer untuk menambah performa smartphone Anda ketika bermain game.

6. Penting! Update Game Anda

Salah satu hal penting yang kerap kali dilupakan oleh para gamers mobile adalah mengupdate aplikasi game tersebut.

Anda tidak harus menyalahkan hape Android ketika beberapa cara telah dilakukan, namun game yang dimainkan masih terasa lambat. Cobalah cek game yang ter-install di hape android Anda, apakah sudah memiliki update terbaru atau belum.

Jika belum, coba update game yang ter-install tersebut agar bisa memperbaiki beberapa bug yang ada di versi game usang tadi.

Update game secara berkala tentunya akan memperbaiki performa kelancaran permainan yang semakin membaik. Namun, perlu diperhatikan juga kalau update game tentunya akan semakin menggerus kapasitas memori, baik internal maupun eksternal.

7. Irit Memori, Simpan Foto di Cloud

Terkadang kita lupa menghapus beberapa file dari aplikasi yang tidak begitu dibutuhkan, seperti foto dari grup whatsapp dan semacamnya.

Ada baiknya foto itu dihapus dari hape Anda agar memori bisa bernapas lega dan bermain game jadi tidak lemot. File-file ini bisa berada dimana saja. Contohnya dalam folder Bluetooth, folder download, folder album foto dan lain sebagainya.

Anda bisa mengakali folder album foto dengan mengunggahnya ke cloud storage yang bisa diakses kapan saja jadi tidak memenuhi memori internal hape Anda.

Pesan-pesan dalam Line, Whatsapp maupun SMS tampaknya sangat kecil, namun cukup memakan tempat pada memori sehingga ada baiknya dihapus bila tidak dibutuhkan.

Dengan memberikan ruang memori yang besar, maka hape Anda akan bekerja lebih optimal dan Anda akan dapat bermain game lebih lancar.

8. Jangan Lupa, Hapus Widget

Apa hubungannya widget dengan online game? Tentu saja ada, widget yang terpampang manis di layar Android Anda sejatinya memakan tempat dan RAM pada hape Anda.

Terlepas dari seberapa keren widget yang dipasang di home screen, Widget ini nyatanya juga memakan daya baterai yang cukup signifikan.

Terlebih bila Anda menggunakan live wallpaper dengan animasi-animasi yang akan semakin mempercepat habisnya baterai. Widget ini memacu smartphone Anda untuk bekerja ekstra keras.

Jadi, bila Anda bermain game, otomatis game akan berjalan lemot karena sebagian RAM sudah disisihkan untuk widget. Hindari penggunaan widget berlebih dan kalau bisa, hapus semua widget yang tidak diperlukan seperti Weather dan semacamnya.

9. Bila Perlu, Instal Game Booster Tanpa Root

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa membuat hape Anda tangguh dalam menjalankan aplikasi game HD dengan mulus, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menginstal game booster.

Game booster dapat mengatasi lag dan lemot saat bermain game. Karena aplikasi ini dapat menutup aplikasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga RAM dan prosessor menjadi lebih enteng saat bermain game.

10. Factory Reset

Image via DigitalTrends

Reset ulang akan membersihkan seluruh file dan aplikasi yang telah terinstall di handphone serta mengembalikannya dalam keadaan baru sama seperti di awal Anda membelinya.

Pilihan ini bisa menjadi alternative terakhir apabila cara di atas kurang bisa mengatasi hape lemot ketika bermain game. factory reset dapat membersihkan seluruh junk file maupun data-data Anda jadi pastikan Anda sudah mem-backup data ke laptop sebelum menghapus.

Sisanya adalah file bawaaan pabrik. Teknik ini cukup ampuh dan instan dalam membersihkan hape Anda supaya tidak lemot atau lagging.

Namun, perlu dicatat, Anda juga harus membackup beberapa file penting seperti password dan lainnya di penyimpanan cloud yang tersedia. Hal tersebut dikarenakan factory reset akan benar-benar menghapus data diri Anda dari android kesayangan.

Demikianlah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat smartphone Anda tangguh dalam menjalankan aplikasi game dengan kategori HD.

Jika tips ini masih belum bisa membantu, kami sarankan Anda untuk menabung lebih banyak lagi untuk membeli sebuah hape Android baru yang Anda tujukan khusus untuk bermain game.

Pasalnya, hal tersebut bisa membuat Anda lebih leluasa untuk memainkan game favorit tanpa perlu menginstal banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Like us!

Komentar