Diperbaharui pada Senin, 24 Agustus 2020 | 17:10

Harga PlayStation 4 (PS4) dan Tips Beli PS4 Bekas di 2020

Oleh Imam Ali

Harga Sony PS4Foto: PlayStation

Sony memang sudah mengedarkan kabar keberadaan konsol game terbaru mereka yaitu  PlayStation 5. Meski demikian, di pasar lokal PlayStation 4 masih jadi game console yang menjanjikan penjualannya. Apalagi harga PS4 kini juga terus mengalami penurunan.

Nah, bagi kamu yang belum berkesempatan mencicipi kehebatan PS4 mungkin sekarang waktu yang pas untuk membeli. Tapi sebelumnya kamu juga harus tahu tipe-tipe PS4 yang ada di pasaran.

Pasalnya tiap tipe PS4 ini mempengaruhi harga PlayStation 4, ada PlayStation 4, PlayStation 4 Slim dan PlayStation 4 Pro. Dimana harga PlayStation 4 Pro memang lebih mahal dibanding dua tipe PS4 lainnya.

Dan harga PlayStation 4 menjadi yang termurah, karena menjadi varian pertama yang dirilis Sony. Untuk harga PS4 saat ini masih berada di kisaran Rp 3-4 juta.

Kemudian harga PlayStation 4 Slim sekarang bisa dibeli dengan rentang harga Rp 4-5 jutaan. Yang paling mahal harga PlayStation 4 Pro yang dibanderol pada kisaran Rp 6-7 jutaan. Tidak hanya itu, harga PS4 ini juga tersedia dengan macam-macam bundel dan aksesoris lainnya.

Tapi bila kamu masih ingin memiliki PS4 dengan harga yang lebih terjangkau, tidak ada salahnya untuk membeli PS4 bekas. Untuk harga PS4 bekas sendiri bervariasi, tergantung pada kondisi fisik dan fungsinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga PS4 yang ada dipasaran saat ini.

Harga PS4 Semua Tipe

Tipe PS4 Harga PS4
SONY PlayStation 4 500GB Rp 2-3 jutaan
SONY Playstation 4 Slim 500GB Rp 3-5 jutaan
SONY PlayStation 4 Pro 1TB Rp 5-7 jutaan
SONY Playstation 4 Party Bundle Rp 4 jutaan
SONY Playstation 4 Slim Party Bundle Rp 4-6 jutaan
SONY Playstation 4 Pro 1 TB Party Bundle Rp 6-8 jutaan
SONY PlayStation 4 FIFA 20 Bundle Rp 3-4 jutaan
SONY PS4 Slim 1 TB Mega Pack 2 Rp 4-6 jutaan
SONY PS4 Slim 1 TB Starter Pack Rp 6-7 jutaan

Tips Membeli PS4 Bekas

tips membeli ps4

Jika kamu punya dana terbatas dan ingin membeli PS4 bekas, ada baiknya kamu memperhatikan tips membeli PS4 bekas berikut ini.

Pasalnya saat ini banyak perangkat elektronik yang direkondisi bahkan lebih parah lagi palsu. Tentu kamu tidak ingin menyesal bila salah membeli. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan :

Usahakan membeli PS4 yang paling baru

Tahukah kamu bahwa PlayStation 4 memiliki banyak model. Kamu bisa menemukan model CUH-1006, CUH-1106, CUH-1206, CUH-2006 hingga paling baru CUH-7006.

Dengan membeli PS4 bekas model paling baru, kamu bisa mendapatkan perangkat gaming yang lebih sempurna dan paling mutakhir.

Beli PS4 yang dibeli resmi

Barang elektronik bekas sejatinya terbagi dalam dua jenis yakni resmi dan tidak resmi. Barang bekas resmi merupakan rekondisi yang dilakukan oleh resmi pihak Sony.

Nantinya PS4 bekas versi resmi ini akan berwarna putih dan bersegel. PS4 ini sudah melewati proses pengecekan dan perbaikan yang sama sehingga memiliki kualitas mendekati PS4 baru.

Jangan berpatokan pada ex-Jepang

Untuk menjual dengan harga tinggi, beberapa penjual nakal sering menggunakan kata-kata barang ex-Jepang atau sejenisnya. Yang perlu diperhatikan, tidak semua barang bekas asli Jepang memiliki kualitas yang baik. Jadi jangan berpatokan pada embel-embel jepang.

Belilah PS4 dengan kode wilayah SEA (Asia Tenggara)

Bila kamu membeli PS4 bekas, cek nomer SKU (Stock Keeping Unit) yang berbeda tiap wilayahnya. Untuk indonesia, masuk kodel wilayah SEA dengan akhiran 06.

Pasalnya, jika tidak sesuai dengan wilayahnya, PS4 bekas milikmu tidak akan bisa mendapatkan layanan garansi resmi dari Sony Indonesia.

Cek Garansi

PS4 yang dijual dipasaran memiliki garansi resmi selama satu tahun penuh. Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke situs Sony.

Bila kamu membeli PS4 bekas versi resmi dan memiliki garansi yang mulai habis, kamu bisa membayar perpanjangan garansi hingga selama 3 tahun. Jika tidak ada garansi resmi, selalulah minta garansi secara pribadi pada penjualnya.

Pastikan nomer seri PS4 bekas sama dengan yang di dus

Bila kamu membeli PS4 hal yang wajib diperhatikan ialah pengecekan nomer seri. Maka pastikan dus bawaan PS4 bekas memiliki nomer yang sama dengan yang ada di PS4. Hal ini sangat berguna saat mengklaim proses garansi bila perangkat gaming ini rusak.

Pastikan kondisi dus tidak rusak

Bila kamu membeli perangkat gaming bekas, kamu juga perlu mengecek kondis dus. Hal ini penting untuk mengetahui apakah konsol game dibawa dan disimpan dengan baik.

Takutnya dus yang rusak bisa disebabkan konsol game yang disimpan sembarangan atau pernah terjatuh.

Pastikan sticker segel tidak rusak

Untuk mendapatkan PS4 bekas yang berkualitas, ada baiknya kamu periksa sticker segel. Bila tidak rusak, artinya PS4 masih dalam kondisi asli atau bukan rekondisi, tidak pernah dibongkar.

Jika sticker garansi rusak, bisa jadi konsol game pernah rusak dan pernah dibongkar. Hal ini bisa menandakan konsol game sudah tidak asli lagi. Tidak hanya itu, segel garansi yang rusak tentu membuat perangkat ini tidak bisa disservice resmi.

Cek semua aksesoris

Memang aksesoris PS4 saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya kamu mengecek setiap aksesoris bawaan pada PS4 bekas.

Bila aksesoris lengkap, mulai dari joystick hingga kartu garansi, kamu wajib merasa beruntung. Pasalnya aksesoris PS4 dijual dengan harga yang tidaklah murah.

Jika sudah ada, kamu juga perlu mengecek keaslian aksesoris mulai dari kabel hingga joystick. Jangan sampai ada aksesoris yang ternyata sudah bukan bawaan.

Cek GamePad dan PS4

Bila memungkinkan, cobalah untuk mengecek semua bagian PS4 dan GamePad. Pastikan kedua komponen ini bisa bekerja dengan baik. Untuk konsol, cek bagian-bagian penting, mulai dari fisik luar, tiap port, BD Drive dan lain-lain.

Sekali lagi, pastikan semua bagian tersebut bisa bekerja dengan baik. Bila ada bagian yang rusak, sebaiknya urungkan niat untuk membeli PS4 bekas bila ada bagian yang rusak.

Pasalnya, belum tentu biaya perbaikannya murah. Untuk GamePad, pastikan komponen ini bisa tersambung dengan baik. Pastikan juga setiap tombol bekerja dengan baik.

Semoga dengan tips membeli PlayStation 4 diatas bisa membuat kamu lebih paham dalam mencari produk berkualitas.

Semoga membantu!

Like us!

Komentar